SOLOPOS.COM - Suasana Outlet Solo Soccer di Jl. R. M. Said No.238, Manahan, Kec. Banjarsari, Senin (31/10/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati).

Solopos.com, SOLO — Permintaan jersei Timnas (tim nasional) sepak bola masing-masing negara peserta Piala Dunia U-17 diprediksi meningkat. Khususnya di Solo yang jadi venue semifinal dan final pada 10 November hingga 2 Desember.

Pemilik Solo Soccer, Joko SS mengatakan event besar sepak bola seperti Piala Dunia selalu meningkatkan penjualan jersei. Dia mengatakan tidak hanya jersei timnas Indonesia, namun semua peserta piala dunia turut diminati.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

“Pengaruh banget. Kalau pengalaman Piala Dunia yang kemarin-kemarin itu peningkatannya banyak banget. Bisa sampai sepuluh kali lipat,” kata dia kepada Solopos.com, Selasa (31/10/2023).

Dia mengatakan dalam satu event besar sepak bola, jersei yang terjual bisa sampai ribuan. Mengingat euforia dan kegemaran masyarakat terhadap olahraga paling populer di Indonesia itu sangat tinggi. “Sekali event bisa seribu lebih, ya kurang lebih lima ribu jersei terjual lah,” kata dia.

Dia mengatakan kebanyakan jersei yang ada di tempatnya memiliki kualitas grade original yang diimpor dari Thailand. Jersei grade original memiliki kualitas yang bagus, namun harganya tetap terjangkau. Jersei di tempatnya dibanderol dengan harga Rp160.000.

“Sebenarnya itu cukup terjangkau karena barangnya bagus, tidak seperti yang di online  itu,” kata dia. Joko  mengatakan yang membeli jersei di tempatnya, khususnya ketika event besar sedang berlangsung, mencakup pelanggan dari Soloraya.

Lebih jauh, dia memperkirakan jika timnas Indonesia U-17 bermain di Stadion Manahan, kemungkinan peminat jersei timnas akan meningkat pesat. “Itu pasti langsung meledak permintaanya, pasti itu,” kata dia.

Meski begitu, dia mengakui belum berani menyediakan stok banyak lantaran kepopuleran timnas Indonesia U-17 tidak terlalu mentereng seperti timnas senior.

Berbeda ketika timnas senior berkompetisi di level Asia atau Asia Tenggara, Joko berani ambil barang banyak bahkan sebelum kompetisi dimulai.

“Bisa ribuan pcs [item]. Timnas U-23 saja di tempat saya ramai peminat, sampai kehabisan barang. Kalau penjualan jersey timnas U-23 memang bagus, malah yang senior itu kalah,” kata dia.

Penjualan di Marketplace

Potensi penjualan jersei menjelang event Piala Dunia U-17 juga diungkap oleh pemilik D’Jersey Solo, Dimas. Dimas mengatakan permintaan barang menjelang event besar selalu meningkat.

“Khusus timnas Indonesia lumayan banyak sih, bisa sampai tiga kali lipat. Termasuk yang negara-negara lain peserta Piala Dunia,” kata dia.

Dimas mengatakan selain penjualan di toko, permintaan barang di marketplace juga relatif meningkat. Dia mengatakan permintaan berpotensi terus meningkat asalkan Indonesia bisa mencapai final.

Namun jika Indonesia hanya sampai pada fase grup, dia memperkirakan peminat ikut turun.  “Perkiraan saya nanti bisa sampai lima ratus jersei timnas yang terjual selama event piala dunia berlangsung,” lanjut dia.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir optimistis dengan target yang ditetapkan FIFA sekitar 10.000 sampai 18.000 orang/pertandingan pada Piala Dunia U-17 2023.

Timnas Indonesia U-17 dipastikan berkandang di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, saat mengarungi duel-duel penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023.

Semifinal dan final/perebutan posisi ketiga World Cup U-17 dipastikan digelar semuanya di Stadion Manahan, Solo. Semifinal digelar pada, Selasa (28/11/2023). Sementara, perebutan posisi tiga besar digelar, Jumat (9/12/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya