SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi saat pelantikan Hipmi Pusat di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Senin (20/2/2023). (YouTube/Sekretariat Presiden).

Solopos.com, SOLO – Kepengurusan Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) periode 2022-2025 hasil Munas XVII di Solo resmi dilantik, di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Senin (20/2/2023).

Pelantikan tersebut dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta sejumlah Menteri.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan pentingnya sinergi antar stakeholder, termasuk organisasi pelaku usaha dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

Menurut Presiden Jokowi, pengalaman menghadapi pandemi Covid-19 lalu harus memberikan pelajaran yang bermakna untuk Indonesia. Dengan mengambil pelajaran berharga, ke depan Indonesia setelah pandemic ini bisa berbenah dan memperbaiki yang perlu diperbaiki.

“Hal yang paling penting menurut saya, bahwa kolaborasi di antara kita harus benar-benar diperkuat. Kuncinya ada di situ, kenapa pandemi dapat kita selesaikan dengan baik? Karena dulu semua bergerak, TNI, Polri, organisasi pengusaha semua bergerak, salah satunya untuk vaksinasi,” kata Presiden.

Dari kerja sama yang baik itu, menurutnya telah memberikan dampak yang baik bagi negara.

Dia juga mengapresiasi Hipmi, meski pada saat pemilihan sempat diwarnai perselisihan, namun setelah ada hasil Munas, semua dapat kembali Bersatu.

Selain itu, kepada para pengurus Hipmi yang dilantik, Jokowi juga menekankan pentingnya membangun ekosistem usaha yang semakin baik. Keberadaan UU Cipta Kerja nantinya diharapkan dapat memberikan peluang untuk menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya.

Pemerintah saat ini juga terus mewujudkan hilirisasi industri. Dalam hal ini pihaknya meminta kepada Hipmi untuk mendukungnya.

Tak hanya itu, saat ini pemerintah juga terus menggiatkan gerakan belanja produk dalam negeri.

Pada tahun kemarin, pemerintah telah menggelontorkan anggaran sekitar Rp762 triliun, baik dari APBN, APBD maupun BUMN, untuk dibelanjakan produk dalam negeri.

Menurut Presiden hal ini mestinya menjadi kesempatan dan menjadi peluang bagi pelaku usaha termasuk dari para anggota Hipmi yang memiliki produk-produk dengan kualitas yang baik.

Mengakhiri sambutannya, Presiden Jokowi berpesan agar setelah pelantikan dan seterusnya Hipmi dapat berperan aktif dalam mendukung perekonomian nasional.

“Selamat kepada yang telah dilantik saat ini, dan Hipmi harus menjadi daya ungkit bagi pengusaha muda Indonesia agar mampu merebut peluang-peluang yang ada dan bisa menjadi penggerak ekonomi bangsa,” kata dia.

Sementara itu Akbar Himawan Buchari sebagai Ketua Umum BPP Hipmi periode 2022-2025 hasil Munas XVII di Solo, menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah yang telah membawa Indonesia melewati pandemi Covid-19 dengan sangat baik.

Dia juga mengapresiasi pemerintah dengan gagasan pembangunan Ibu Kota Nasional (IKN). Hal itu, kata dia, membuktikan pemerintah tidak hanya membangun pulau Jawa namun membangun Indonesia secara berkeadilan.

“Karena itu Hipmi berkomkitmen menjadi penggerak ekonomi bangsa, mendukung keberlanjutkan pembangunan nasional,” kata dia dalam sambutan di acara yang disiarkan di Youtube HIPMI TV, Senin.

Menurutnya, program pemberdayaan UMKM, digitalisasi, hilirisasi, industrialisasi, ketahanan pangan, hingga transisi energi yang telah berhasil dijalankan pada pemerintahan saat ini, perlu dilanjutkan. Terkait hal itu dia menegaskan Hipmi siap untuk lanjutkan dan melakukan akselerasi.

Dalam acara pelantikan tersebut Akbar mengatakan Hipmi akan menjadi bagian terpenting dalam penciptaan wirausaha baru dari sistem pengkaderan. Serta mengakselerasi bisnis anggotanya untuk terus berkontribusi terhadap perekonomian bangsa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya