SOLOPOS.COM - Anteran kendaraan di pos masuk parkir mobil di Solo Square, pada Senin (17/4/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SOLO — Menjelang Lebaran kantong parkir di sejumlah mal di Kota Solo selalu penuh. Beragam cara pihak pengelola mal untuk meminimalkan antrean parkir.

Salah satunya diungkapkan oleh Public Relations Solo Grand Mall, Irenika Kusumaningrum. Ia mengungkapkan di Solo Grand Mall sendiri telah menyiapkan beberapa kantong parkir. Misalnya untuk arena VIP parking di depan lobi utama, kemudian dua lantai untuk kendaraan sepeda motor dan mobil, serta tiga lantai yang ditujukan khusus kendaraan mobil.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Menurut Irenika, sejauh ini keseluruhan kendaraan pengunjung mampu terakomodasi dengan baik dan ruang parkir masih cukup. “Bahkan kemarin untuk okupansi lantai lima kami terpenuhi sekitar hampir 100 unit mobil. Terpantau sampai sekarang belum ada kendala, petugas parkir selalu stand by, kami siap mengarahkan untuk pengunjung yang perlu arahan di area parkir,” ujar Irenika saat dihubungi Solopos.com pada Senin (17/4/2023).

Selain itu, ia menguraikan untuk mekanisme transaksi pembayaran juga bisa dilakukan secara tunai dan nontunai pada masing-masing pos keluar. Dengan begitu, menurut Irenika, hal tersebut mampu meminimalkan antrean panjang untuk keluar kendaraan di Solo Grand Mall.

Ia menjelaskan pada Sabtu-Minggu (15-16/4/2023) malam adalah puncak terpadat kunjungan di Solo Grand Mall sepanjang Ramadan 2023. “Kemarin Minggu malam puncak terpadat sejauh ini di Ramadan, pengunjung tiga kali lipat dari weekend biasa. Karena mungkin ada yang dari luar kota sudah mudik,” ujar Irenika

Public Relations The Park Mall Solo Baru Christina T.M. menguraikan pada Minggu sore, The Park Solo ramai dipadati oleh pengunjung. “Untuk saat ini manpower sudah kami lakukan penambahan, untuk beberapa slot parkir kendaraan sudah kami tambah dan seluruh peralatan parkir kami sudah lakukan pengecekan untuk menghindari trouble saat Lebaran nanti. Alhamdulillah, semoga ekonomi segera pulih,” ujar Christina.

Christina menguraikan total ada ribuan kantong parkir yang dipersiapkan. “Soalnya kan kami bisa manfaatin area sentra niaga, office park sampai area belakang mal,” tambahnya.

Di sisi lain, Head of Marcomm Department Solo Paragon Lifestyle Mall, Veronica Lahji, mengatakan antisipasi terhadap peningkatan kunjungan masyarakat menjelang Lebaran 2023 adalah dengan penataan parkir dan penambahan keamanan. Veronica mengatakan parkir Solo Paragon Lifestyle Mall selalu penuh terutama saat Lebaran 2023. Pihaknya mengaku tetap berusaha mengatur agar parkir kendaraan baik sepeda motor dan mobil bisa lebih lapang.

“Memang antusiasme pengunjung lebih bagus dari pada Lebaran tahun kemarin, terbukti dengan mengadakan midnight sale pada 15 April kemarin sampai pukul 24.00 WIB, ada event bazar fesyen juga ramai. Dampaknya memang tempat parkir membeludak kalau memang tidak menampung ya terus terang, apa ada tempat di sekitar kami yang bisa untuk parkir. Kalau kapasitas kami sebenarnya sudah lumayan, untuk 1.000 sepeda motor dan 750 mobil,” ujar  Veronica.

Selain itu, Veronica menjelaskan bahwa di Solo Paragon telah menggunakan sistem BBS untuk parkir, khususnya untuk mengetahui total slot parkir di setiap lantai yang masih tersedia di dua pintu masuk mal. Dengan begitu, ketika masuk mal pengunjung telah mengetahui ketersediaan area parkir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya