SOLOPOS.COM - Para pengunjung menikmati suasana sambil memcari jajanan di Festival Jajan Solo 2023 di Pura Mangkunegaran, Jumat (20/10/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — Pendiri Akun @Jajansolo, Hestu Nugraheni, menargetkan 30.000 pengunjung di ajang Festival Jajan Solo 2023 yang berlangsung di Pura Mangkunegaran Solo, Jumat-Minggu (20-23/10/2023).

“Targetnya itu 10% dari follower Jajan Solo, jadi targetnya itu 30.000 selama tiga hari, atau sehari itu 10.000 pengunjung. Tapi harapannya lebih,” kata dia.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Target itu cukup realistis dengan hadirnya 200 lebih tenant berisi kuliner dan 10 tenant produk fesyen. Keberagaman UMKM yang dihadirkan juga menjadi jaminan festival kuliner itu bakal ramai pengunjung. 

“Banyak yang unik dan baru, harapannya ini bukan menjadi festival es teh, festival gurita saya ya, karena di sini sangat beragam. Jadi semoga semua yang datang ke sini senang,” kata dia. 

Tidak seperti biasa, di Festival Jajan Solo terdapat jajanan beragam jajanan. Termasuk tiga di antaranya kuliner jadul, kekinian, sampai viral ada. Pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp3.000 sampai Rp45.000.

“Kita tidak ingin tenant yang ada di sini hanya jualan aja, tapi sebisa mungkin juga membranding semaksimal mungkin, supaya setelah ini bisa makin laku,” kata dia.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian (Dinkop UKM Perin) Solo, Wahyu Kristina mengatakan Festival Jajan Solo bisa jadi wadah bagi usaha kecil agar bertemu pelanggan baru. Terlebih banyak pedagang makanan dan minuman yang baru kali pertama mengikuti festival kuliner. Dia mengatakan acara yang baru kali pertama digelar ini berpotensi menjadi acara tahunan. 

Apalagi acara semacam ini bisa menarik pengunjung Soloraya. Seperti warga asal Boyolali, Fatih mengaku datang bersama teman untuk menikmati jajanan.

“Ini pertama kalinya saya ke festival jajanan, layanan antusias dan banyak juga makanan dari daerah lain. Tadi sudah sempat nyobain,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya