SOLOPOS.COM - Hotel Grand Mercure Solo Baru menggelar acara sosialisasi dan simulasi evakuasi penanggulangan  bencana gempa bumi, kebakaran dan ancaman bom. (Istimewa/Hotel Grand Mercure Solo Baru)

Solopos.com, SUKOHARJO Hotel Grand Mercure Solo Baru menggelar acara sosialisasi dan simulasi evakuasi penanggulangan  bencana gempa bumi, kebakaran dan ancaman bom. Salah satu cara memberikan informasi penyelamatan diri yang menarik yaitu melalui simulasi menggunakan teknologi virtual reality (VR).

Skenario tersebut bukan tidak mungkin terjadi di masa mendatang, namun pihak Managemen Hotel Grand Mercure Solo Baru sudah mempersiapkan segala upaya untuk memproteksi dan perlindungan bagi pengunjung dan tamu. Mengingat Hotel Grand Mercure adalah hotel bintang lima yang dekat dengan aktivitas padat kota dan sebagai tempat peristirahatan tamu dan tempat untuk melakukan berbagai aktivitas penting orang- orang pada waktu tertentu.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Hal ini merupakan ganggungan serius yang dapat mengancam kenyamanan tamu hotel dan berakibat  juga pada korban jiwa jika tidak mengetahui metode penyelamatan diri.

Pekan lalu Hotel Grand Mercure Solo Baru sudah mengelar acara sosialisasi yang berjalan dengan lancar. Pada hari ini, Kamis (20/7/2023), Hotel Grand Mercure Solo Baru menggelar acara tanggap darurat bencana ini dilaksanakan dan di ikuti oleh seluruh heartist, staf, DW, casual regular, dan OJT. Mereka mengikuti kegiatan dengan antusias di bawah komando langsung dari General Manager.

Hotel Grand Mercure sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang serta keselamatan yang canggih dan modern. Sistem itu berupa instalasi pemasangan CCTV, hydrant, tabung pemadam api, smoke detector, exthinguiser, cencor detector gate, door emergency, dan lain-lain.

Walaupun setiap lantai dilengkapi dengan sistem keamanan dan keselamatan yang canggih, banyak yang tidak mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan ketika dalam keadaan darurat di dalam suatu ruangan berlantai tinggi. Seperti halnya dalam keadaan gempa di dalam lantai gedung, banyak orang memilih tindakan yang salah dan pada akhirnya membahayakan diri sendiri.

Oleh karena itu, semua karyawan Hotel Grand Mercure Solo Baru harus diberi wawasan dan informasi bagaimana cara yang tepat menyelamatkan diri dari dalam gedung saat keadaan darurat seperti gempa dan kebakaran. Teknik simulasi adalah teknik untuk merepresentasikan atau meniru kondisi real suatu sistem nyata.

Dalam simulasi itu, diceritakan jika Hotel Grand Mercure Solo Baru mengalami keadaan gempa dan semua karyawan harus bisa mengarahkan dan menolong tamu dan pengunjung yang bingung dalam evakuasi. Diceritakan ada korban yang cidera maka semua karyawan harus bersiap siaga menolongnya dan membuat rasa tenang tamu atau pengunjung hotel.

General Manager Grand Mercure Solo Baru, Djati A. Wijaya, menyampaikan simulasi dilakukan dengan sangat serius dan penuh kesadaran akan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi. “Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Hotel Grand Mercure Solo Baru terhadap keselamatan dan keamaan para tamu dan karyawan hotel.

Hal ini membuktikan bahawa Grand Mercure Solo Baru telah siap memberikan rasa aman nyaman bagi para tamu yang menginap di Hotel dengan standar hotel bintang 5,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya