SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kapal Pelni. (Istimewa).

Solopos.com, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) akan membuka pembelian tiket kapal untuk periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) mulai Jumat (17/11/2023) besok.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni, Evan Eryanto menjelaskan, tiket kapal Pelni sudah dapat dibeli per 17 November 2023 besok untuk seluruh tujuan se-Indonesia. Evan memaparkan, penjualan tiket dibuka secara online melalui aplikasi dan website resmi maupun loket kantor cabang dan mitra penjualan tiket yang resmi bekerja sama dengan Pelni.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Dia mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk memanfaatkan pembelian melalui Pelni Mobile Apps. Hal ini agar masyarakat tidak perlu repot keluar rumah untuk memesan tiket tersebut. “Dengan pertimbangan keamanan dan kenyamanan, tiket Kapal Pelni untuk seluruh tujuan se-Indonesia sudah bisa diakses melalui Pelni Mobile Apps,” kata Evan dalam keterangan resminya, Kamis (16/11/2023).

Dia melanjutkan, calon penumpang yang berangkat dari Jakarta, Surabaya, dan Makassar hanya dapat memperoleh tiket secara online melalui Pelni Mobile Apps atau website yang sudah berlaku per 1 November kemarin. Sementara itu, masyarakat di kota lain masih dapat membeli tiket di loket kantor cabang Pelni.

Meski tidak dapat lagi membeli langsung, Evan mengatakan loket di kantor cabang Pelni di Jakarta, Surabaya dan Makassar tetap melayani pelanggan untuk kebutuhan pengembalian dana atau refund, pertanyaan seputar rute dan jadwal kapal hingga keberangkatan rombongan. Evan menyampaikan bahwa manajemen menargetkan penutupan layanan pembelian tiket melalui loket akan diperluas ke cabang lainnya di tahun 2024.

“Untuk kota selanjutnya akan ditentukan setelah evaluasi kebijakan penutupan loket di tiga kota tadi. Kami tentu berharap transisi ini dapat berjalan dengan mulus dan dapat diterima dengan bagi oleh seluruh pelanggan kami,” tambah Evan. Adapun, guna menghindari kehabisan tiket, Evan mengimbau kepada seluruh calon pelanggan kapal Pelni untuk merencanakan perjalanannya dengan baik.

Imbauan ini terutama bagi pelanggan yang berangkat dari wilayah yang diproyeksikan menjadi ruas terpadat. Pelni memperkirakan 10 ruas terpadat pada Nataru antara lain Batam-Belawan, Belawan-Batam, Bau Bau-Makassar, Makassar-Bau Bau, Makassar-Surabaya, Batam-Tanjung Priok, Surabaya-Makassar, Jayapura-Biak, Balikpapan-Pare Pare, dan Sorong-Ambon. Dia juga mengimbau kepada pelanggan yang melakukan pemesanan tiket untuk memasukan identitas diri sesuai dengan data penumpang yang akan berangkat.

Dengan transformasi bisnis dan digital yang dilakukan Pelni, proses embarkasi penumpang di pelabuhan dilakukan lebih tertib dengan memastikan kecocokan identitas penumpang. Adapun, Pelni telah mempersiapkan 26 kapal penumpang dan 42 kapal perintis dengan total kapasitas 51.296 seat. Pelni menetapkan periode Nataru dimulai pada 11 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024, dengan puncak perjalanan diprediksi terjadi pada 22 Desember 2023 dan puncak kepulangan pada 4 Januari 2024.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Catat! Pelni Jual Tiket Kapal untuk Libur Nataru Mulai Besok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya