SOLOPOS.COM - Ada beberpa perbedaan BI Fast dengan layanan perbankan realtime online. (Ilustrasi/Solopos Dok)

Solopos.com, JAKARTA — Bank Indonesia (BI) mengumumkan adanya maintenance atau perbaikan layanan dari BI Fast Payment System atau BI Fast mulai Jumat (12/1/2024) pukul 22.00 WIB.

BI menyampaikan optimalisasi ini sebagai bentuk komitmen Bank Indonesia untuk selalu memprioritaskan kenyamanan dan keamanan transaksi sistem pembayaran.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

“Bank Indonesia akan melakukan kegiatan perbaikan layanan sistem BI Fast Payment System [BI Fast] pada Jumat pukul 22.00 WIB sampai dengan 13 Januari 2024 pukul 08.05 WIB,” tulis BI dalam unggahan media sosial resmi, Jumat (12/1/2024).

Oleh karena itu, BI mengimbau masyarakat yang menggunakan layanan transfer BI Fast agar dilakukan di luar jam tersebut.

Sebagaimana diketahui, layanan BI Fast memungkinkan nasabah melakukan transfer dana yang lebih efisien, cepat (real-time), dan tersedia setiap saat.

Terlebih, jika sebelumnya biaya transfer antar bank senilai Rp6.500 per transaksi, menjadi Rp2.500 per transaksi.

Berdasarkan Buku Kajian Stabilitas Keuangan No. 41, BI mencatat volume transaksi BI Fast telah mencapai 468,4 juta transaksi dengan nominal sebesar Rp1.310,8 triliun pada kuartal II/2023.

Selain itu, jumlah kepesertaan BI Fast juga semakin meluas dengan 123 peserta (119 bank, dua nonbank) yang merepresentasikan 94% pasar ritel.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Pengumuman! Ada Perbaikan Layanan BI Fast Malam Ini (12/1), Simak Jadwalnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya