SOLOPOS.COM - Pintu Gerbang Kedatangan Domestik di Bandara Adi Soemarmo yang berada di bawah naungan Angkasa Pura I, Senin (10/4/2023).(Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Penerbangan internasional di Kota Solo masih didominasi pada penumpang saat musim haji. Hal itu terbukti dari adanya penurunan drastis penerbangan internasional di Bandara Adi Soemarmo Solo pada Agustus 2023 atau selepas musi haji.

Berdasarkan catatan Solopos,com, sebanyak 297 jemaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 99 tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Kamis (3/8/2023).

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Kloter terakhir berisi jemaah dari 23 kabupaten atau kota. Kepulangan kloter 99 itu menjadi penanda berakhirnya aktivitas ibadah haji di Kota Solo.

Setelah berakhirnya kloter haji, tercatat penerbangan internasional baik kedatangan maupun pemberangkatan mengalami penurunan yang signifikan.

Berdasarkan data BPS Solo, pada Agustus 2023 kedatangan penumpang dari Madinah sebanyak 4.150 orang, lalu dari Jeddah tidak ada.

Angka itu berbanding jauh dari Juli 2023 yakni kedatangan dari Madinah sebanyak 14.844 dan dari Jeddah berjumlah 15.785.  Sementara itu, tidak ada aktivitas penerbangan ke Jeddah dan Madinah pada Juli sampai Agustus 2023.

Kepala BPS Kota Solo, Retna Seyowati menyebut penurunan aktivitas penerbangan internasional di Bandara Adi Sucipto itu lantaran momentum ibadah haji sudah selesai.

Seperti diketahui, bandara dengan kode SOC itu menjadi salah satu lokasi keberangkatan dan kepulangan para jamaah haji dari Tanah Suci

“Ini menjadi fenomena yang ada, jadi sisa dari ibadah haji yang diberangkat, belum memberangkatkan lagi yang umrah di bulan Juli dan Agustus,” kata dia dalam jumpa pers Rilis Resmi Berita (BRS) Inflasi September di BPS Solo, Senin (2/10/2023).

Dia memperkirakan aktivitas penerbangan internasional di Bandara Adi Soemarmo kembali ramai setelah dibuka lagi untuk memberangkatkan umrah pada September 2023.

“Tadi sempat mencari info untuk bandara Adi Soemarmo pemberangkatan baru dibuka lagi yang langsung ke Madinah itu di bulan September. Jadi harapannya ada pemberangkatan di sana, nanti rilis kondisi bulan september baru kita sampaikan,” kata dia.

Retna melanjutkan, pada Agustus 2023 jumlah penumpang angkutan udara yang datang melalui bandara Adi Sumarmo sebanyak 51.790 orang.

“Jumlah ini terdiri atas 47.640 penumpang penerbangan domestik dan 4.150 penumpang dari penerbangan internasional,” kata dia.

Sedangkan jumlah keberangkatan penumpang dari bandara Adi Sumarmo pada Agustus 2023 mencapai 47.330 orang. “Semuanya penumpang penerbangan domestik,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya