SOLOPOS.COM - Pendaftaran tiket mudik motor gratis Lebaran 2023 yang digelar Kementerian Perhubungan sudah mulai dibuka.(Ilustrasi/Solopos Dok)

Solopos.com, JAKARTA — Pendaftaran tiket mudik motor gratis Lebaran 2023 yang digelar Kementerian Perhubungan sudah mulai dibuka.

Stasiun Kereta Api Jakarta Gudang, Kampung Bandan, Pademangan, Jakarta Utara, sudah mulai menerima pendaftaran peserta program mudik Motor Gratis (Motis) 2023 yang merupakan program Kemenhub.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Pemudik dapat mengangkut sepeda motor ke dalam gerbong kereta secara gratis dalam program dengan jadwal keberangkatan antara lain 11 April hingga 15 April 2023 untuk arus mudik, dan 29 April hingga 4 Mei 2023 untuk arus balik.

“Tanggal-tanggal yang disediakan diakui memang bukan tanggal keberangkatan favorit untuk calon penumpang kereta, karena biasanya, tanggal-tanggal favorit itu banyak peminatnya,” kata Penanggung Jawab program Motor Gratis 2023 Jhony Tulong kepada wartawan di Jakarta Utara, Rabu (8/3/2023) seperti dilansir Antara.

Pelaksanaan pendaftaran tiket mudik motor gratis (Motis) tahun ini sudah dibuka per 1 Maret dengan kuota angkut yang disediakan Kemenhub sebanyak 10.440 sepeda motor. Adapun per hari diperkirakan ada sekitar 300 peserta yang akan mendaftar.

“Total kuota yang disediakan adalah 10.440 sepeda motor,” kata Jhony.

Project Manager PT Lintas Nusantara Perdana itu menambahkan, ada tiga kereta yang disediakan untuk mengangkut para pemudik, satu yaitu lintas utara dari Cilegon ke Tawang (Semarang), dua yaitu lintas tengah dari Jakarta Gudang ke Stasiun Purwosari (Solo) dan yang ketiga adalah lintas selatan dari Kiara Condong (Bandung) ke Purwasari (Solo).

Melansir dari laman website dephub.go.id, Jumat (10/3/2023) Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Djarot Tri Wardhono mengatakan program ini bertujuan menekan angka kecelakaan kendaraan roda dua pada saat masa mudik.

Djarot mengatakan total pelaksanaan program Motis Lebarang 2023 itu berlanssung selama 20 hari. Pelaksanaan dibagi pada saat arus mudik pada 11-20 April 2023 dan arus balik pada 25 April-4 Mei 2023.

Program Motis pada masa mudik Lebaran 2023 siap mengangkut 10.440 motor. Sementara itu, jumlah penumpang sebanyak 46.720 orang.

“Kita akan memindahkan penggunaan sepeda motor di jalan raya dengan angkutan kereta api. Ini kita lakukan jelas untuk mengurangi tingkat kecelakaan yang ada dan tingkat kelelahan pada pengendara motor,” kata Djarot dalam acara ‘Ngobrol Santai: Pengembangan Stasiun Manggarai dan Program Motis 2023’ di kantor Kemenhub, dikutip dari laman website dephub.go.id.

Untuk  mendapatkan tiket pendaftaran program Motis Lebaran 2023 oleh Kemenhub ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Syarat untuk mendaftar program Motis Lebaran 2023 Kemenhub yaitu :

– Kartu Tanda Pendudukan (KTP)
– Kartu Keluarga (KK)
– Surat Izin Mengemudi C (SIM C)
– Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
– Besaran motor maksimal 200 cc

Adapun cara untuk mendaftar program Motis Kemenhub untuk mudik gratis lebaran 2023 dapat dilakukan melalui website resmi Mudik Gratis Dephub dengan alamat https://mudikgratis.dephub.go.id.

Berikut ini langkah-langkahnya:

Buka website https://mudikgratis.dephub.go.id . Pendaftaran resmi hanya dilakukan pada laman website terseut dan seluruh stasiun KA yang melayani tiket program Motor Gratis Lebaran 2023. Lakukan pendaftaran dengan melengkapi formulir pendaftaran sebagai berikut :

– Pilih moda transportasi
– Pilih jumlah penumpang
– Pilih kota asal dan tujuan
– Pilih tanggal keberangkatan dan tanggal kembali
– Isi verification code
– Klik “cari perjalanan”
– Kemudian akan muncul halaman formulir detai pendaftaran
– Lengkapi formulir tersebut sesuai dengan KTP,KK,SIM C,STNK dan besaran motor
– Ikuti seluruh proses dan lengkapi seluruh data pendukung
– Selanjutnya lakukan verifikasi pendaftaran di stasiun yang ditunjuk

Setelah proses pendaftaran disetujui, motor dapat diserahkan ke stasiun sesuai yang dipilih, maksimal 1 hari sebelum keberangkatan dan diambil di stasiun tujuan maksimal 1 hari setelah tiba dengan membawa bukti pendaftaran dan bukti kirim.

Itulah informasi terkait tiket mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya