SOLOPOS.COM - Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 (Ilustrasi/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Memasuki tahun baru, pendaftaran kartu prakerja 2023 mungkin sudah ditunggu-tunggu masyarakat, terutama mereka yang sedang mencari pekerjaan.

Tenang, pemerintah akan melanjutkan program Kartu Prakerja di 2023 dengan skema normal. Besaran insentif yang diberikan tahun ini naik menjadi Rp4,2 juta.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Program Kartu Prakerja akan lebih fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja sebagaimana konsep awal program
ini dicanangkan sebelum era pandemi Covid-19,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dikutip Bisnis pada Kamis (29/12/2022).

Lebih lanjut Airlangga menyampaikan, pemerintah pada tahun 2023 akan melakukan penyesuaian besaran bantuan yang
diterima peserta.

Pada 2023, besaran bantuan yang diberikan adalah sebesar Rp4,2 juta per individu dengan perincian bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pascapelatihan Rp600.000 yang akan diberikan sebanyak 1 kali, serta insentif survei sebesar Rp100.000 untuk dua kali pengisian survei.

Sebelumnya, total besaran bantuan yang diberikan sebesar Rp3,55 juta per individu. Ini terdiri atas Rp1 juta untuk biaya pelatihan, insentif pasca pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan untuk 4 bulan, dan insentif survei sebesar Rp150.000.

Selain penyesuaian besaran bantuan, program ini nantinya bisa diikuti oleh para penerima bansos dari kementerian/lembaga lainnya seperti Kementerian Sosial, Bantuan Subsidi Upah, atau Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM).

“Program Kartu Prakerja pada 2023 akan dikembalikan ke tujuan utamanya, yakni sebagai program peningkatan kompetensi kerja seiring meredanya kasus Covid-19,” ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja William Sudhana seperti dilansir Bisnis.

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja 2023

Dikutip dari prakerja.go.id, berikut syarat pendaftaran Kartu Prakerja 2023.

1. WNI berusia 18 tahun ke atas.
2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.
5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja 2023

1. Kunjungi situs www.prakerja.go.id lewat handphone maupun komputer.
2. Buat akun menggunakan email dan NIK.
Masukkan data diri dengan jujur dan ikuti petunjuk pada layar.
3. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar
4. Setelah lolos tes, klik “Gabung” pada gelombang yang sedang dibuka.

Itulah ulasan tentang Kartu Prakerja 2023 yang dikabarkan segera dibuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya