SOLOPOS.COM - Maskapai baru Surya Airways. (Instagram @bennyrustanto)

Solopos.com, JAKARTA – Pemilik dari Surya Airways merupakan Benny Rustanto yang tak lain mantan petinggi dari Citilink.

Kehadiran Surya Airways sebagai maskapai baru di Indonesia ternyata tak lepas dari adanya sosok mantan petinggi Citilink Indonesia, anak usaha dari PT Garuda Indonesia Tbk. Maskapai baru tersebut bernaung di bawah nama PT Surya Mataram Indonesia yang telah mendapatkan Sertifikat Standar Angkutan Niaga Berjadwal pada 9 Oktober 2023.

Promosi Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Hektare Lahan Kritis melalui Reboisasi

Surya Airways yang dimiliki Benny Rustanto diketahui telah mendapatkan Kode Klasifikasi Baku Lapangan Usaha untuk penerbangan rute domestik dan internasional, termasuk kargo udara. Adapun, status penanaman modal perusahaan yang berbasis di Daerah Istimewa Yogyakarta ini berasal dari dalam negeri.

“Kami sudah masuk tahap pra-aplikasi AOC [Air Operator Certificate], sehingga mulai beroperasi target pada kuartal II/2024,” kata Komisaris Utama Surya Airways Benny Rustanto, Senin (16/10/2023). Dia menambahkan pada tahap awal Surya Airways akan mengoperasikan 3 unit pesawat yang diproduksi pada 2014. Kemudian secara bertahap akan mengoperasikan 10 unit ATR 72-600S tipe terbaru karena menyesuaikan lini produksi dari produsen pesawat.

Pemilik Surya Airways Benny Rustanto merupakan sosok yang tidak asing dalam dunia industri penerbangan komersil Indonesia. Sebelumnya, dia pernah lama berkarya dan mendapatkan sejumlah penghargaan di Citilink Indonesia. Tepatnya, Benny pernah menjabat sebagai Vice President Cargo & Ancillary Revenue pada 2017-2018 dan terakhir sebagai Direktur Komersial pada 2018 hingga 2022.

Adapun, diketahui Benny juga merupakan Founder dan Komisaris dari Raindo United Services (Raindo). Maskapai tersebut berfokus di bidang kargo udara. Raindo diketahui telah melakukan penerbangan perdana dan mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada 6 September 2023. Pesawat yang digunakan adalah Boeing 737-86N registrasi PK-RFS dengan kapasitas kargo maksimal 23 ton.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Sosok Mantan Petinggi Citilink di Balik Maskapai Baru Surya Airways.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya