SOLOPOS.COM - Ilustrasi bisnis di desa. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Menjadi pegawai kantoran bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan penghasilan. Dengan membuka usaha, Anda pun bisa memiliki pemasukan rutin yang menjanjikan. Hal ini berlaku pula bagi Anda yang tinggal di desa, ada beragam peluang bisnis di desa yang menjanjikan.

Tidak hanya memanfaatkan hasil alam, Anda bisa merintis usaha lainnya yang berpotensi mendatangkan keuntungan.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Bila ditekuni dengan sungguh-sungguh, usaha tersebut bisa dijadikan sebagai sumber pemasukan baru yang hasilnya tidak kalah besar dengan bisnis yang dijalankan di kota.

Beberapa peluang bisnis yang bisa dirintis di desa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Perkebunan

Peluang bisnis pertama yang bisa dijalankan di desa dengan memanfaatkan hasil alam adalah membangun usaha di bidang perkebunan.

Pasalnya, kebutuhan masyarakat akan hasil perkebunan ini merupakan salah satu kebutuhan primer yang selalu dicari hampir setiap hari.

Untuk mendapatkan hasil kebun yang berkualitas, tentunya Anda membutuhkan lahan dengan sistem pengairan yang baik. Ini diperlukan agar tumbuhan yang ditanam bisa berkembang dan berbuah dengan manis saat panen nanti.

Contoh hasil perkebunan yang berpotensi menguntungkan adalah perkebunan sayur-mayur seperti bayam, kangkung, wortel, tomat, kentang, dan sebagainya. Hampir setiap hari masyarakat baik itu di kota maupun di desa yang menjadikan sayur mayur ini sebagai lauk setiap hari.

Baca Juga: Pengin Tajir Seperti Jeff Bezos? Simak 5 Tips Bisnis & Investasi Ini

Selain itu, Anda juga bisa membangun perkebunan yang menghasilkan bahan rempah untuk keperluan bumbu masakan. Misalnya, cabe, jahe, kunyit, bawang, lada, pala, dan bahan rempah lainnya. Bila ditekuni ini akan menjadi peluang bisnis yang menguntungkan bagi Anda yang tinggal di desa.

2. Perikanan

Peluang bisnis dengan memanfaatkan hasil alam yang kedua adalah perikanan. Tambak ikan menjadi salah satu ide bisnis yang bisa Anda pertimbangkan jika berencana untuk membangun bisnis di desa.

Beberapa jenis ikan konsumsi yang berpotensi menguntungkan diantaranya adalah ikan mas, gurame, lele, tuna, mujair, dan lain-lain. Budi daya ikan ini sebenarnya bisa dilakukan baik di kota maupun di desa.

peluang bisnis di desa
Ilustrasi bisnis perikanan. (Istimewa)

Hanya saja, potensi untuk mendapat keuntungan yang besar lebih bisa terwujud apabila bisnis perikanan dibangun di desa. Sebab, selain bibit ikan yang unggul budi daya jenis ini juga membutuhkan air yang jernih dan udara yang masih segar.

Hal ini belum tentu bisa diperoleh di kota mengingat banyaknya polusi serta kondisi air yang kurang memenuhi syarat karena tercemar limbah untuk membudidayakan ikan.

3. Peternakan

Hasil alam yang bisa dikembangkan untuk mendapatkan penghasilan yang menjanjikan berikutnya adalah di bidang peternakan. Membangun bisnis di bidang peternakan akan cukup sulit jika dilakukan di kota.

Ini dikarenakan luasnya lahan yang dibutuhkan, terutama jika hewan ternak yang dipilih ukurannya besar seperti sapi, kambing, dan kerbau.

Berbeda jika di desa, Anda bisa membangun peternakan dengan lahan yang luas karena harga tanahnya masih cukup terjangkau. Jika dikelola dengan baik, keuntungan yang diperoleh tidak akan kalah jika dibandingkan dengan berbisnis di kota.

Ini dikarenakan hasil ternak tersebut masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas baik di desa maupun di kota.

Baca Juga: 5 Hobi Seru Ini Bisa Jadi Peluang Bisnis

Hewan ternak seperti sapi, kambing, dan ayam, dagingnya bisa dimanfaatkan sebagai lauk sehari-hari. Selain itu, sapi dan kambing juga menghasilkan susu yang bisa dikonsumsi maupun diperjual belikan.

Peluang bisnis ini menjanjikan meski digarap dari desa karena ada juga olahan susu yang bisa dijadikan produk lain yang lezat seperti mentega, keju, dan yogurt. Sedangkan ayam menghasilkan telur yang juga sering dijadikan lauk utama bagi sebagian besar masyarakat.

4. Toko Sembako

Peluang usaha berikutnya yang cukup menjanjikan dan menarik untuk dirintis di desa adalah toko sembako.

Sebab, usaha yang satu ini terbilang minim persaingan karena jauhnya akses yang harus ditempuh untuk ke agen sembako atau ke supermarket. Apalagi jika memiliki distributor sembako yang lengkap dan memberikan harga yang miring.

peluang bisnis di desa
Ilustrasi sayuran. (Istimewa)

Tentunya, Anda bisa memiliki kesempatan untuk menjual sembako di desa dengan harga yang lebih murah dari toko sembako lainnya sehingga berpeluang didatangi banyak pelanggan.

Beberapa kebutuhan bahan pokok yang bisa dijual di toko sembako Anda untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa di antaranya adalah gula, beras, garam, minyak, kecap, dan bahan sembako lainnya.

5. Konter Pulsa

Tren usaha di desa yang mendatangkan keuntungan berikutnya adalah membuka konter pulsa. Kebutuhan pulsa dan Internet di masyarakat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan mengingat meningkatnya jumlah pengguna smartphone.

Kunci sukses agar bisnis konter pulsa berjalan lancar adalah pemilihan lokasi yang strategis. Misalnya, di dekat pusat perekonomian atau di persimpangan jalan kampung.

Baca Juga: Tips Bisnis: Membangun Usaha Jangan Sekadar Ikut-Ikutan Tren

Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, Anda hanya perlu menyediakan saldo deposit pulsa dan satu buah telepon genggam. Untuk mempercantik tampilan konter, bisa ditambahkan dengan etalase kaca, kartu perdana, dan voucher Internet.

Apabila bisnis pulsa sudah berkembang, Anda bisa menambahkan isi etalase dengan aksesori telepon genggam seperti antigores, charger, softcase/hardcase, headset, dan sebagainya.

Tips Menjalankan Bisnis yang Menjanjikan

Pada prinsipnya, membuka usaha di kota atau di desa adalah sama yaitu memanfaatkan semua kesempatan yang ada di depan mata.

Kuncinya adalah mempelajari keadaan di sekitar lingkungan rumah untuk mencari peluang bisnis yang bisa dijalankan. Untuk menemukan peluang bisnis yang menghasilkan, simak tips berikut ini.

1. Ikuti Passion

Agar bisnis yang dijalankan bisa bertahan lama, pilihlah yang sesuai dengan passion. Sebab, bisnis tersebut akan Anda kelola dengan baik dan penuh semangat karena Anda sangat mencintai setiap hal yang berkaitan dengan bisnis tersebut.



Bahkan saat menghadapi tantangan, Anda tetap menghadapinya dengan tenang dan fokus untuk mencari solusi yang terbaik. Jenis bisnis yang sesuai passion bisa berawal dari hal yang Anda sukai, seperti menulis, traveling, camping, dan sebagainya.

2. Go Online

Agar bisnis yang dijalankan tumbuh dengan pesat, Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi, misalnya dengan memasarkan produk secara online. Bisnis yang dipromosikan secara online akan menjangkau pasar yang lebih luas sehingga potensi keuntungan yang diperoleh juga akan semakin besar.

bisnis online
Ilustrasi bisnis online. (Istimewa)

Contohnya, menawarkan produk melalui e-commerce, media sosial, atau membangun website toko online. Ketiga platform tersebut bisa dimanfaatkan secara bersamaan dengan hasil maksimal jika ditunjang dengan cloud hosting yang berkualitas.

Salah satu rekomendasi hosting terbaik adalah Hostinger yang memberikan kemudahan akses bagi setiap pengguna serta kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Dengan semua fasilitas yang tersedia, Hostinger membuka peluang usaha di desa menjadi lebih maju dan modern.

3. Kenali Pesaing Anda

Tips ketiga agar bisnis yang ditekuni semakin meningkat adalah dengan mengenali pesaing Anda. Caranya adalah dengan melakukan riset pasar dan mencari informasi seputar pesaing.

Seperti, berapa harga produk yang ditawarkan, bagaimana cara pemasarannya, apa saja layanan yang diberikan, dan sebagainya. Dengan melakukan hal tersebut, Anda bisa membuat strategi bisnis yang mampu membuat produk Anda lebih dikenal dan memiliki “nilai lebih” di mata masyarakat.

Baca Juga: Peluang Bisnis yang Cocok untuk Anak Muda

Itulah 5 peluang bisnis yang menguntungkan dan bisa diterapkan di desa. Manfaatkan teknologi modern sebagai penunjang agar hasil yang dicapai semakin maksimal. Semoga sukses.







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya