SOLOPOS.COM - GoTo menggelar pelatihan untuk UMKM dengan tajuk Cara Juti Dongkrak Penjualan Online di Solo Technopark. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Meriahkan perayaan Hari UMKM Nasional 2023 di Solo, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) mengajak ratusan UMKM lokal untuk bergotong royong mendorong pemberdayaan UMKM  termasuk cara meningkatan penjualan online bagi UMKM.

GoTo menggelar berbagai aktivitas salah satunya pelatihan di GoTo UMKM Center Solo Technopark. Beragam pelatihan diikuti oleh puluhan pelaku UMKM lokal meliputi sosialisasi manfaat serta cara mendapatkan Nomor Izin Berusaha (NIB) dan sertifikasi halal.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Dalam UU No. 33 Tahun 2014 mengenai Jaminan Produk Halal dinyatakan bahwa pelaku UMKM wajib memiliki sertifikat halal bagi produk-produk olahannya.

Dalam proses pengolahan produk halal, pelaku UMKM tidak hanya harus menggunakan bahan yang halal, tetapi juga harus memastikan fasilitas produksi terbebas dari kotoran atau najis. Ini menjadi calah satu cara meningkatkan penjualan online bagi UMKM dengan memiliki produk sertifikat halal.

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) mewajibkan sertifikasi halal bagi tiga kelompok produk pada tahun 2024, yaitu makanan dan minuman; bahan baku, bahan tambahan pangan; dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman dan produk hasil sembelihan dan jasa penyembelihan.

Gojek dan Tokopedia, bagian dari Grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia, berkomitmen untuk terus menjadi mitra terbaik bagi pertumbuhan UMKM. Sebagai upaya mendukung pertumbuhan mitra usaha dengan memiliki sertifikasi halal.

Dengan memiliki sertifikat halal, UMKM kuliner dapat semakin meningkatkan kepercayaan pelanggan dan ini menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan online.

Chief Public Policy & Government Relations GoTo Shinto Nugroho menyampaikan GoTo merupakan ekosistem yang tumbuh bersama UMKM dan GoTo terus berkomitmen untuk mendukung bertumbuhnya usaha pelaku UMKM.

“Oleh karena itu, GoTo secara rutin bekerja sama dengan berbagai pihak, khususnya dengan Kementerian Koperasi dan UKM, untuk memberikan edukasi tentang pentingnya legalitas usaha dan sertifikasi Halal untuk naik kelas kepada pelaku UMKM di ekosistem kami,” kata dia.

GoTo memberikan solusi digitalisasi terlengkap bagi UMKM Indonesia. Solusi tersebut meliputi dukungan terhadap kegiatan operasional bisnis sehari-hari, mulai dari pemasaran, pemrosesan pesanan, pembayaran, pengiriman hingga administrasi.

Saat ini 17,7 juta pedagang telah bergabung di GoTo di mana sebagian besar merupakan pelaku UMKM. Kegiatan ini menjadi salah satu cara yang dilakukan GoTo agar para UMKM bisa meningkatan penjualan online.

Acara ini juga dihadiri Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Yulius; Asisten Deputi Perlindungan dan Kemudahan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Muhammad Firdaus; Divisi Pendampingan Proses Produk Halal Halal Center Universitas Islam Sunan Kalijaga,  Atika Yahdiyani Ikhsani.

“Pelatihan hari ini merupakan wujud nyata komitmen GoTo dalam berkolaborasi dengan pemerintah untuk mendukung pertumbuhan UMKM. Kami meyakini bahwa dengan adanya NIB dan Sertifikat Halal akan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, meningkatkan pangsa pasar, dan cara meningkatkan daya saing bisnis dan penjualan UMKM termasuk secara online sehingga mendukung pelaku UMKM untuk tumbuh dan naik kelas,” tutup Shinto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya