SOLOPOS.COM - Salah satu penjual ban, Ardi Setiawan, menunjukkan produk yang ia jual di Jl. Teuku Umar, Nomor 61, Kelurahan Keprabon, Kota Solo, pada Rabu (29/3/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO — Momentum Ramadan hingga Lebaran membawa keberkahan bagi para pedagang ban di sekitar Pura Mangkunegaran, Solo. Pada awal Ramadan ini, pelanggan mereka naik hingga 20%.

Setidaknya ada 15 penjual ban atau tukang kenteng di sepanjang Jl. Teuku Umar, Nomor 61, Kelurahan Keprabon, Kota Solo. Para pedagang rata-rata membuka toko miliknya mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.30 WIB.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Berdasarkan pantauan Solopos.com, para pedagang tersebut memasang plang bertuliskan Kenteng Velg Racing. Mereka menjual berbagai jenis ban hingga menawarkan jasa biaya ganti ban ataupun press velg.

Salah satu penjual ban, Ardi Setiawan, mengaku telah sepuluh tahun berjualan di sana. Dulu penjual ban di deretan jalan tersebut tidak sebanyak seperti saat ini, hanya lima penjual yang ia ingat.

Ardi mengaku penjualan ban di lapaknya meningkat 20% sejak awal Ramadan, penjualan ban di lapaknya mulai bergeliat lagi seusai dua tahun pandemi Covid-19 yang membuat usaha miliknya sepi. Ardi menguraikan dua pekan sebelum Lebaran merupakan momen lapaknya ramai dikunjungi pelanggan.

“Awal Ramadan mulai naik, minggu-minggu ini sudah lumayan, meningkat 20%. Sehari biasanya jual delapan hingga sembilan ban, ini sudah lumayan. Biasanya hanya lima hingga enam ban terjual,” ujar Ardi ditemui Solopos.com di lapaknya pada Rabu (29/3/2023).

Ketika mendekati momen Lebaran, ia mampu menjual 15 hingga 20 ban per hari. Menurut Ardi, banyaknya pelanggan saat momen Ramdan hingga Lebaran ini bukan karena banyaknya pemudik sepeda motor, namun para pelanggan rata-rata menunggu tunjangan hari raya (THR) yang cair.

Ia sendiri menjual ban dari harga Rp125.000 hingga Rp500.000-an tergantung jenis dan mereknya. Senada, penjual ban lainnya, Sunarmo, mengatakan ia mampu menjual setidaknya sepuluh ban saat momen Ramadan, apalagi ketika mendekati momen Lebaran. Ia mengaku juga menambah stok ban di lapaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya