SOLOPOS.COM - Salah satu gerai Indomaret. (Indomaret.co.id)

Solopos.com, SOLO — Perusahaan retail Indomaret atau PT Indomarco Prismatama fokus mengembangkan toko online menyajikan produk-produk fresh dengan harga kompetitif pada 2023 ini.

Klik Indomaret merupakan program marketplace yang mereka kembangkan sejak 2016 untuk mengejar pasar online yang semakin berkembang. Development Manager PT Indomarco Prismatama Cabang Klaten, Anfusa Gandri Herucakra atau yang akrab disapa Aga, mengatakan target Indomaret adalah menyediakan produk-produk segar yang terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat. Aga mengatakan prospek Indomaret sebagai salah satu pemain usaha retail juga kian menjanjikan di tahun 2023 karena dibandingkan saat Covid-19 kondisi mereka sudah hampir pulih lagi.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Saat ini transaksi bulanan Klik Indomaret untuk seluruh Indonesia sudah mencapai 500 ribu transaksi, papar Aga. Lewat Klik Indomaret, perusahaan retail itu juga akan membuka pasar produk siap saji brand Indomaret yang bisa dipesan secara online.

Beberapa produk siap saji yang dijual Indomaret lewat marketplace mereka antara lain Point Coffee, Say Bread, Yummy Choice, dan Yummy Pizza.

“Tahun 2016-2017 itu kami mulai fokus dengan Klik Indomaret, dan sejak tahun 2020 kami fokus menambahkan gerai Indomaret untuk ikut terdaftar dalam program ini menjadi moderstore,” ujar Supervisor Project Development PT Indomarco Prismatama Cabang Klaten, Sindita Gumilang Prastawa saat ditemui Solopos.com di kantornya Jumat (17/2/2023).

Sindita menjelaskan saat ini sudah ada 84 moderstore di Klaten yang terdaftar dalam Klik Indomaret. Pelanggan yang sudah menginstall aplikasinya dapat langsung membeli produk-produk dari moderstore terdekat mereka untuk kemudian diantar oleh tim kurir Indomaret.

Disebutkan juga oleh Sindita harga yang ditampilkan di Klik Indomaret lebih murah dibandingkan harga di gerai fisiknya. Pengiriman dengan program ini bisa memilih jenis reguler dan express.

“Pengiriman reguler harganya Rp5.000, pelanggan bisa milih slot pengiriman mau pagi apa sore, kalau express Rp7.000 dan datang 1 jam dari saat pemesanan,” tambah Sindita. Kurir pengiriman berasal dari Indomaret sendiri bernama Deliman Indomaret.

Sindita mengatakan tantangan mengembangkan marketplace berbasis keberadaan toko fisik adalah kode pos yang berbeda-beda berpengaruh pada pengiriman. Namun tim perusahaan retail tersebut bisa mengatur harga agar tetap kompetitif dan margin keuntungan didapat mereka.

Keberadaan Klik Indomaret menambah pemain marketplace di Indonesia yang bersaing dengan Shopee, Tokopedia, Gojek, Grab, dan platform pembelajaan digital lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya