SOLOPOS.COM - Petugas Terminal Tirtonadi membersihkan lantai koridor timur terminal. Langkah ini merupakan persiapan jelang arus mudik Lebaran 2023, Selasa (14/3/2023). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama).

Solopos.com, SOLO — Mudik gratis di masa Lebaran 2o23 baik jumlah yang berangkat ataupun menuju Terminal Tirtonadi diperkirakan meningkat dibandingkan tahun lalu.

Penambahan jumlah penyelenggara mudik gratis diprediksi akan berasal dari Partai Politik (Parpol) dan beberapa perusahaan.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Kepala Urusan (Kaur) Lalu Lintas Terminal Tipe A Tirtonadi Solo Sunardi kepada Solopos.com, Rabu (15/3/2023), memprediksi ada peningkatan penyelenggara mudik gratis.

Meskipun sampai saat ini belum bisa menyebutkan secara pasti jumlah penyelenggara mudik gratis di Terminal Tirtonadi. 

“Yang jelas tentu akan bertambah penyelenggaranya dibandingkan tahun lalu. Sejauh ini beberapa perusahaan seperti Jasa Marga sudah ada pembahasan dengan kami, tahun ini akan bertambah penyelenggaranya terutama dari Parpol dan perusahaan-perusahaan yang menyelenggarakan mudik gratis, apalagi sudah enggak ada pembatasan perjalanan,” jelas Sunardi.

Menurut Sunardi, Parpol biasanya menggelar mudik gratis, apalai mendekati Pemilu yang digelar tahun depan. Untuk Parpol mana yang menggelar mudik gratis, ia belum bisa memastikan.

“Menjelang Pemilu biasanya banyak Parpol yang menggelar mudik gratis, ini sudah kami siapkan juga karena berarti makin banyak yang akan ke Terminal Tirtonadi. Parpolnya untuk tahun ini masih belum ada yang membahas dengan kami, biasanya mendekati puasa baru ada,” tegasnya.

Sunardi juga menyebut Terminal Tirtonadi sedang menyiapkan sirkulasi dan operasional untuk menyambut mudik gratis tersebut. Tujuannya agar penumpang Terminal Tirtonadi tidak terganggu dan bus yang mengangkut pemudik lebih cepat dalam menurunkan penumpang.

“Sirkulasinya akan kami atur, kalau mudik gratis yang mengangkut motor akan kami siapkan untuk berangkat dua hari lebih cepat dibanding yang mengangkut penumpang. Nanti motor akan kami letakkan di atas dekat hall, kalau penumpang akan kami turunkan di pintu utama. Akan kami atur supaya bus juga bisa lebih cepat sirkulasi masuk dan keluarnya,” jelasnya.

Dari data Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang diterima Solopos.com, Terminal Tirtonadi akan kedatangan 575.123 penumpang dan memberangkatkan 325.149 penumpang saat arus mudik 2023.

Secara Nasional, puncak arus mudik pengguna bus diperkirakan jatuh pada H-7 dan H-1. Jawa Tengah menjadi tujuan utama pemudik dengan lebih dari tujuh juta penumpang akan memadati terminal yang ada di Jawa Tengah, termasuk Terminal Tirtonadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya