SOLOPOS.COM - Jadwal rekrutmen bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 2023. (Ilustrasi/Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Para pencari kerja mungkin sedang mencari informasi tentang jadwal rekrutmen bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 2023.

Kementerian BUMN kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN. Informasi ini diumumkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir via akun Instagram resmi pada Rabu (12/4/2023).

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

“Kabar baik untuk kalian semua, milenial dan gen-z yang ingin bergabung menjadi keluarga besar BUMN,”demikian keterangan dalam unggahan tersebut.

“Catat tanggalnya, persiapkan diri, dan jangan lupa minta restu orang tua. Good luck!.”

Dalam unggahan Instagram tersebut juga memberi keterangan tahapan dan jadwal pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Disebutkan, registrasi rekrutmen bersama BUMN yang meliputi proses pendaftaran dan seleksi administrasi oleh PIC BUMN yang dimulai pada 5-20 Mei 2023. Hasil seleksi tersebut akan dimumkan pada 1 Juni 2023 mendatang.

Tahapan selanjutnya adalah tes kemampuan dasar (TKD) dan akhlak dengan bobot penilaian masing-masing 40 persen dan 60 persen. Tes tersebut akan digelar pada 10-19 Juni 2023 dan akan diumumkan hasilnya pada 28 Juni 2023.

“Kemudian akan dilanjutkan dengan tes bahasa ingrris dengan threshold di atas 450 dan ranking sesuai ratio. Tes ini dilakukan pada 8-12 Juli 2023 dan akan diumumkan hasilnya pada 19 Juli 2023,” tertulis dalam unggahan itu.

Selanjutnya, jadwal rekrutmen bersama BUMN adalah tahapan tes oleh Kementerian BUMN yang meliputi tes kompetensi bidang (TKB), user interview, socmed analytic dan digital, mindset, serta medical check up.

Tes tersebut akan dilaksanakan pada 22 Juli-9 Agustus 2023. Kemudian pengumuman final dilakukan pada 16 Agustus 2023, berdasarkan hasil kelulusan tes oleh BUMN yang diinput melalui sistem.

“Adapun untuk pengumuman kelulusan dan jadwal Inaugurasi akan kami informasikan kemudian. Stay tuned di akun instagram @kementerianbumn dan @fhci.bumn ya,” tulis Kementerian BUMN.

Di sisi lain Kementerian BUMN juga memperingatkan masyarakat agar waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan lowongan tersebut.

“Buat kamu peserta Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2, waspada ya terhadap penipuan yang mengatasnamakan Kementerian BUMN, FHCI (Forum Humas Capital Indonesia), dan BUMN,” tulis Kementerian BUMN melalui akun Instagram @kementerianbumn dikutip pada Kamis (13/4/2023).

Dalam unggahannya, kementerian yang dipimpin Erick Thohir itu menampilkan gambar surat dengan kop PT Aneka Tambang (Antam) dengan logo Kementerian BUMN dan FHCI.

Surat itu bertanggal 21 Januari 2023 yang dibuat di Jakarta. Pada gambar yang diunggah, surat itu distempel “HOAX”.

Surat tersebut merupakan surat undangan palsu yang ditujukan kepada calon karyawan Antam dan mengatasnamakan Kementerian BUMN dan FHCI. “Waspada penipuan yang mengatasnamakan program rekurtmen bersama BUMN,” tertulis pada gambar yang diunggah.

Pada gambar ketiga yang diunggah, Kementerian BUMN menegaskan bahwa seluruh tahapan rekrutmen bersama BUMN bebas biaya.

Kementerian BUMN mengingatkan agar masyarakat berhati-hati terhadap informasi dan modus penipuan yang mengatasnamakan prgram rekrutmen bersama BUMN, semisal permintaan pembayaran biaya akomodasi dan transportasi untuk mengikuti tes.

“Kementerian BUMN, FHCI, dan BUMN tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang ditimbulkan akibat penipuan tersebut,” kata Kementerian BUMN.

Itulah ulasan tentang rekrutmen bersama BUMN beserta tahapan dan jadwalnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya