SOLOPOS.COM - Peralatan PLN untuk mengamankan pasokan listrik selama kunjungan Presiden Joko Widodo di Jogja. (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana merayakan Iduladha di Yogyakarta, sekaligus menyapa warga setelah menunaikan Salat Iduladha di Istana Presiden Gedung Agung Yogyakarta. Dalam momentum spesial tersebut, PT PLN (Persero) mempersembahkan pasokan listrik tanpa kedip dengan peralatan tercanggih.

PLN mempersembahkan pasokan listrik andal, aman dan tanpa kedip selama kegiatan. Seluruh rangkaian acara berlangsung lancar. Presiden beserta Ibu Negara sukses menyapa langsung warga Yogyakarta yang turut melaksanakan Salat Iduladha di Lapangan Kompleks Istana Gedung Agung Yogyakarta.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Dalam kesempatan tersebut PLN menerjunkan personel khusus dengan peralatan canggih dengan backup supply listrik 3 lapis yaitu pasokan listrik Jaringan Tegangan Menengah (JTM), uninterruptible power supply (UPS) 2 x 80 kVA untuk Gedung Utama Istana Gedung Agung, 60 kVA untuk lapangan tempat dilaksanakannya Salat Id, dan 3 x 6 kVA yang ditempatkan di Masjid Istana Kepresidenan.

Selain itu, PLN juga menyiagakan genset mobile untuk backup kelistrikan sebesar 1x 500 kVA di Gedung Agung, dan 1 x 1.500 kVA di Bandara lokasi kedatangan.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta, Adi Dwi Laksono menyampaikan sesuai standard operational prosedure (SOP) pelayanan VVIP, kelistrikan di-backup sebanyak 3 lapis.

“Dengan backup berlapis tersebut diharapkan supply listrik yang kami berikan akan sangat lancar dan bahkan tanpa kedip. Hal ini tidak hanya kami lakukan untuk VVIP/VIP tingkat nasional namun juga dalam penyambutan tamu negara dan acara lain yang membutuhkan keandalan pasokan listrik yang prima,” terang Adi.

Beberapa acara lain yang mendapatkan pelayanan VVIP ini seperti kunjungan Kaisar Jepang Naruhito beberapa waktu lalu, rangkaian acara G20 Summit 2022, ASEAN Paragames 2022, dan bahkan konser umum seperti Dream Theatre dan Deep Purple di Solo beberapa waktu lalu.

“Selain kunjungan Presiden dan pejabat negara lain, SOP ini juga kami berlakukan saat acara-acara kunjungan tamu negara, bahkan konser hingga pertandingan Piala Dunia FIFA U-17 nanti. Untuk kelancaran acara, listrik andal merupakan harga mati,” imbuhnya.

Kepala Istana Kepresidenan Yogyakarta, Deni Mulyana, menyampaikan apresiasinya kepada PLN atas effort maksimalnya menjaga pasokan listrik sehingga acara kunjungan kali ini berjalan lancar.

“Listrik merupakan kebutuhan primer yang tidak mungkin boleh disepelekan. Terima kasih PLN karena telah memberikan support maksimal dalam acara kunjungan kali ini, mulai dari penjagaan keandalan, hingga persiapan matang dalam bentuk assessment jaringan kelistrikan sebelum acara,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya