SOLOPOS.COM - Petugas melakukan pengecekan bus di Terminal Tirtonadi Solo, Rabu (20/12/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLO — Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Solo menilai Terminal Tirtonadi siap menyambut pemudik pada arus mudik Lebaran 2024.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Organda Solo Sri Baskoro menguraikan Solo sebagai salah satu destinasi pemudik, sudah melakukan beragam persiapan. Baskoro menyebut berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diprediksi sebanyak 193 juta orang Indonesia akan mudik pada Lebaran tahun ini. Baskoro juga menjelaskan adanya tren pergerakan masyarakat diperkirakan naik 71,7% dibandingkan tahun sebelumnya.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Terminal Tirtonadi juga menjadi tempat tujuan untuk arus mudik ataupun tempat asal pemberangkatan,” terang Baskoro saat ditemui Solopos.com, di kantornya pada Kamis (19/3/2024).

Lebih lanjut dia menjelaskan persiapan di Terminal Tirtonadi meliputi, ramp check kendaraan untuk memastikan armada laik jalan.

Selain itu, juga disediakan fasilitas lost and found di terminal agar memudahkan masyarakat untuk menemukan barangnya yang hilang. Sebagai langkah preventif, Baskoro menyebut juga perlu ada petugas untuk mengimbau warga tidak meninggalkan barang sembarangan.

Baskoro menguraikan Terminal Tirtonadi juga dilengkapi dengan posko angkutan Lebaran untuk membantu masyarakat apabila membutuhkan informasi.

Secara keseluruhan, Baskoro menilai Terminal Tirtonadi siap menyambut pemudik. Apalagi dengan adanya peningkatan fasilitas seperti pojok baca digital dan taman edukasi lalu lintas portable.

Ihwal kenaikan tarif tiket bus, menurut Baskoro hal ini masih dalam koridor kebijakan tarif batas atas dan tarif batas bawah yang diatur oleh pemerintah. Bagi agen yang mematok tarif di atas aturan tersebut, maka akan diberikan sanksi administratif.

Sebelumnya, Pengawas Satuan Pelayanan (Wassatpel) Terminal Tirtonadi Solo, Bandiyonou mengaku mulai mempersiapkan sarana dan prasarana untuk para pemudik. Pihaknya juga siap menyambut penumpang dari program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar), dan Pemprov DKI Jakarta.

Pihaknya memprediksi puncak arus mudik bakal terjadi mulai 6 April 2024 dan puncak arus balik diprediksi pada 14 April 2024. Tahun sebelumnya, Bandiyono mencatat sirkulasi penumpang di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo sebanyak 12.000 dalam sehari.

Pihaknya juga bekerja sama Dinas Kesehatan setempat melaksanakan cek makanan kadaluwarsa di sejumlah kantin dan kios terminal pada Kamis (21/3/2024). Langkah ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan para penumpang bus menjelang arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya