SOLOPOS.COM - Layanan Lion Parcel Layanan Liona. (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Tingginya minat masyarakat dalam melakukan jual beli online tak lepas dari beberapa  program menarik yang mereka tawarkan, termasuk pada divisi kurir atau ekspedisi.

Tokopedia memiliki program Bebas Ongkir (Ongkos Kirim) untuk para penjual, termasuk usaha, menengah, kecil, dan mikro (UMKM) agar meningkatkan produktivitas penjualan dengan menawarkan promosi berupa potongan biaya pengiriman kepada pembeli.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Terkait hal ini, Tokopedia melakukan penyesuaian berdasarkan kebijakan dan biaya yang ditetapkan oleh masing-masing mitra logistik.

Peluang usaha ekspedisi pun ditangkap sejumlah pihak. Termasuk Lion Parcel yang kini membuka program virtual assistant Liona.

Lion Parcel merupakan jasa pengiriman barang cepat dengan ongkir murah, serta banyak lokasi pengiriman terdekat, didukung transportasi pesawat Lion Air.

Tonase pengiriman Lion Parcel meningkat lebih dari 70% secara year-on-year pada tahun 2022

Chief Experience Officer Lion Parcel Budi Santoso mengatakan Liona menjadi titik temu pertama bagi pelanggan dan mitra untuk mendapatkan informasi dan solusi seputar layanan Lion Parcel.

“Di era digital seperti saat ini, virtual assistant Liona dapat membantu untuk melayani pelanggan dan mitra lebih cepat, karena dapat diakses melalui berbagai platform, yaitu website lionparcel.com, WhatsApp +62811-1960-0999, telepon +6221 80820072, e-mail help@thelionparcel.com, hingga media sosial Lion Parcel Instagram, Facebook, dan Twitter,” papar Budi dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com Sabtu (28/1/2023) pagi.

Budi menjelaskan Liona juga telah dibekali dengan beberapa jawaban untuk pertanyaan dan permintaan umum lewat bagian FAQ.

Untuk menindaklanjuti permintaan dan keluhan apabila pelanggan dan mitra ingin berbicara langsung dengan tim Lion Parcel, mereka akan diarahkan langsung kepada customer service.

“Dengan demikian, Liona diharapkan dapat terus meningkatkan performa tim Customer Service Lion Parcel yang telah mengalami 35% peningkatan kecepatan waktu memberikan respons kepada pelanggan Lion Parcel sepanjang tahun 2022,” imbuh Budi.

Perbedaan program ini dengan customer service dijelaskan Budi bahwa virtual assistant bisa lebih siaga di berbagai platform dan dengan cepat mendeteksi maksud pelanggan dan mitra yang menghubungi Lion Parcel. Harapannya adalah menjadi first contact resolution.

Rasionalisasinya adalah virtual assistant dapat merespon permintaan, pernyataan, dan keluhan pelanggan serta mitra lebih cepat.

Selanjutnya bisa mempercepat proses identifikasi dan eskalasi masalah, sehingga dapat meningkatkan kualitas customer experience dan membangun loyalitas pelanggan. Seluruh peningkatan diharapkan bisa terus berkontribusi pada peningkatan angka Net Promoter Score (NPS) Lion Parcel yang sudah naik sampai 10% di tahun 2022.

Customer service akan tetap bersedia dan siap siaga melayani pelanggan dan mitra yang membutuhkan bantuan tambahan, yaitu hal-hal yang belum bisa diselesaikan virtual assistant,” papar Budi.

Liona, seperti kata Budi, akan tetap mendapatkan human touch yang bertugas mengarahkan setiap komunikasi yang terjadi antara Lion Parcel dan pelanggan, harapannya agar diskusi yang terjadi tetap dua arah dan personal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya