SOLOPOS.COM - Ilustrasi kurir Lion Parcel mengantarkan paket. (JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, SOLO — Sebagian pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mempertimbangkan beralih dari Lion Parcel ke perusahaan logistik lainnya seperti Wahana, JNT, dan Pos Indonesia.

Menyusul adanya kenaikan ongkos kirim Lion Parcel.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Seorang pemilik UMKM bidang fesyen di Sukoharjo, Diaz Sang, mengatakan pengiriman Lion Parcel ke luar Jawa memang tepat waktu dibandingkan logistik lainnya, tapi ongkos pengiriman mulai dirasa mahal.

“Tahun lalu kirim ke Balikpapan Rp28.000/kg, sekarang jadi Rp36.000/kg, naik Rp8.000,” papar Diaz Sabtu (11/2/2023) saat dihubungi Solopos.com lewat sambungan telepon. Pengiriman ke Jawa juga meningkat Rp3.000 sehingga dianggap lumayan memberatkan.

Diaz mengirim produknya ke beberapa tujuan antara lain ke Balikpapan, Malang, Lampung, dan Serang. Selama menggunakan Lion Parcel, Diaz sering memanfaatkan layanan Reguler (Regpack), sesekali dia menggunakan layanan Jago (Jagopack).

Perusahaan logistik Wahana dan Pos Indonesia dipilih Diaz sebagai opsi mengirim area Jawa, sedangkan JNT digunakannya untuk mengirim ke luar Jawa.

Pengiriman Lion Parcel ke luar kota yang terbilang lebih mahal juga diakui pelaku usaha fashion lainnya, Ariq Maulana. Pria itu biasa mengirimkan pakaian lewat layanan Reguler Lion Parcel ke Kalimantan Timur dan Sulawesi Tenggara.

“Wahana sering saya pakai kalau tidak menggunakan Lion Parcel,” papar Ariq. Ariq mengaku Lion Parcel unggul karena lebih cepat, tapi memang biaya pengiriman lebih mahal. Namun, ongkos pengiriman Lion Parcel tidak memberatkan modal usahanya.

Lion Parcel memang jasa pengiriman yang cukup diminati di Solo. Kerjasama antara Lion Parcel dan Solo Great Sale (SGS) tahun 2022 lalu menjadi bentuk dukungan perusahaan logistik tersebut untuk para pelaku UMKM lokal, papar Chief Marketing Officer Lion Parcel, Kenny Kwanto saat dihubungi Solopos.com, Rabu (8/2/2023).

Kenny juga mengakui Soloraya adalah penyumbang pasar UMKM besar di Indonesia yang dilihat dari pertumbuhan pengirim yang tercatat oleh mereka.

Kenny mengklaim jaminan harga yang kompetitif yaitu pemberian promo gratis ongkos kirim ataupun diskon seperti cashback 20% adalah fokus Lion Parcel tahun 2023 ini.

Namun, kecepatan pengiriman adalah hal yang diutamakan Lion Parcel, dengan waktu pick up lebih cepat dan pengantaran paket real time juga menjadi fokus tahun 2023 bersama dengan ekspansi jaringan pengiriman didukung armada dan infrastruktur yang didukung Lion Air Group.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya