SOLOPOS.COM - Ilustrasi bioskop (JIBI/dok)

Solopos.com, SOLO — Para penikmat film bioskop kini lebih memilih pemesanan tiket melalui aplikasi daripada membeli langsung di bioskop. Mereka menilai pembelian tiket melalui aplikasi lebih efektif dan banyak promo.

Salah satunya Jahabidz Marha, 24, warga Gonilan Kelurahan Pabelan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Jahabidz sejak dua tahun terakhir mulai beralih menggunakan aplikasi pemesanan tiket bioskop online. Bahkan ia sudah menjajal setidaknya tiga aplikasi pemesanan tiket bioskop online. Di antaranya, M-Tix, CGV, dan Tix Id.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

“Seingatku 2021 aku mulai pakai aplikasi. Pertama m-tix, tahun 2022 ini aku coba CGV dan Tix Id,” kata dia saat diwawancara Solopos, Kamis (1/8/2022).

Ada beberapa keunggulan yang ia dapat seusai beralih menggunakan aplikasi pemesanan tiket bioskop online. Pertama, banyak promo. Jahabidz mengatakan, promo tak hanya diobral oleh aplikasi jasa pemesanan tiket bioskop, namun juga e-wallet yang telah terintegrasi. Ia sendiri bahkan rajin untuk mengecek promo yang ada di aplikasi dan media sosial.

“Beberapa promo emang sering dapatnya di aplikasi. Kalau beli langsung beli satu dua kayak rugi. Padahal misalnya rajin cek di aplikasi ada buy one get one, beli dua gratis satu. Di aplikasi enaknya nyangkut ke e-wallet jadi kadang dia [e-wallet] juga nyediain promo jadi enak,” kata dia.

Baca Juga: Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (1/9/2022): Ada Film Horor Baru Lagi yang Tayang

Kedua, ia bisa lebih dulu membeli tiket sebelum datang ke bioskop. Sementara bila membeli tiket secara langsung, otomatis akan mewajibkan dia untuk datang ke bioskop lebih dulu.

Ketiga, ia merasa lebih diuntungkan sebab tak perlu antre memesan tiket. Selain itu, cetak tiket dari hasil pembelian online pun dinilai cukup mudah. Bahkan beberapa kali dia menjumpai ada petugas yang membantu penonton saat mencetak tiket.

“Bisa beli tiket lebih dulu ya. Terus tanpa ribet antre, cetak tiket juga enggak ribet. Sekarang ada alat scan, tinggal scan, keluar tiketnya. Enggak perlu khawatir,” kata dia.

Penggunaan aplikasi pemesanan tiket bioskop online nyatanya cukup membantu Jahabidz. Pasalnya ia menyebut dapat mengecek animo penonton dari tingkat ketersediaan kursi melalui aplikasi. Saat kursi-kursi bioskop itu cepat terisi, baru lah Jahabidz membeli tiket.

Meski sebagian besar transaksi pembelian tiket yang ia lakukan secara online, Jahabidz juga tak menutup kemungkinan membeli tiket secara langsung. Misalnya saat film-film yang akan ia tonton cukup sepi, maka ia berani dan memilih untuk membeli langsung.

Baca Juga: Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (31/8/2022): Ada Satu Film Baru, Seru Hlo!

“Soalnya jadi kita bisa keep kursi selagi kosong dan tetap ada batas waktu memilih kursi. Kalau ramai langsung beli online, kalau sekiranya sepi ya kadang bisa juga beli langsung,” kata dia.

Sama halnya dengan Chintami, 24, salah satu penikmat bioskop yang berdomisili di Ngasinan, Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres. Tami, panggilannya, juga mulai beralih menggunakan aplikasi pemesanan tiket bioskop online sejak 2021. Adanya promo aplikasi menjadi alasan pertama Tami membeli tiket secara online.

“Aku membeli online karena banyak promo ya. Di Tix Id, M-Tix banyak promo,” kata dia.

Selain itu, efektivitas waktu menjadi alasan kedua. Jika ia sudah mengantongi tiket bioskop online, ia tak harus terburu-buru datang ke studio bioskop. Sementara bila membeli langsung di bioskop, ia harus berangkat lebih awal. Belum lagi bila antrean pembelian tiket di bioskop cukup panjang.

“Kadang malas harus antre. Jadi kalau sudah beli [online] berangkat ke bioskop bisa berangkat mepet ya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya