SOLOPOS.COM - Garibaldi "Boy" Thohir. (Bisnis.com)

Solopos.com, SOLO – Mungkin banyak yang penasaran berapa kekayaan Garibaldi Thohir alias Boy Thohir yang baru saja mengungkapkan dukungannya kepada capres Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.

Sebelumnya, Boy Thohir menyebut sepertiga perekonomian Indonesia siap memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sekali putaran.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Seperti dilansir Antaranews, pernyataan Boy Thohir tersebut diungkapkan dalam acara relawan Erick Thohir Alumni Amerika Serikat (Etas) yang berlangsung di Kawasan Senayan, Jakarta, pada Senin (22/1/2024) kemarin.

“Walaupun kami jumlahnya sedikit, tetapi ya di ruangan ini mungkin sepertiga perekonomian Indonesia ada di sini. Jadi kalau mereka-mereka mulai dari Djarum Grup, Sampoerna Grup, Adaro Grup,” kata Boy Thohir dilansir dari Antara, Selasa (23/1/2024).

Boy Thohir merupakan kakak dari Erick Thohir, yang saat ini aktif menjabat sebagai menteri BUMN. Erick Thohir sempat digadang-gadang akan mendampingi Prabowo Subianto sebagai cawapres. Namun laju Erick terhenti, karena koalisi partai pendukung Prabowo lebih memilih putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka.

Lantas berapa kekayaan Boy Thohir?

Melansir dari Forbes, Garibaldi Thohir dan keluarganya memiliki kekayaan fantastis yakni sebesar US$3,3 miliar atau sekitar Rp51,1 triliun. Dia merupakan CEO dan pemegang saham penting di Adaro Energy, salah satu eksportir batu bara terkemuka di dunia.

Ia kali pertama memperoleh saham di Allied Indocoal dalam sebuah kemitraan dengan perusahaan Australia, kemudian bersama mitra, dia membeli Adaro pada 2005.

Pada 1997, ia mendirikan perusahaan pembiayaan sepeda motor, Wahana Ottomitra Multiartha (WOM Finance).

Boy Thohir juga memiliki saham di perusahaan bahan baterai kendaraan listrik, Merdeka Battery Materials, yang melantai di bursa pada April 2023 melalui IPO senilai $620 juta.

Kekayaan Boy Thohir dan keluarganya disebut juga berasal dari bisnis restoran dan saham bersama di hotel-hotel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya