SOLOPOS.COM - Bus jurusan Solo-Semarang menunggu penumpang di Terminal Tirtonadi, Solo pada Jumat (3/1/2023), (Solopos.com/Gigih Windar Pratama).

Solopos.com, SOLO — Pengguna travel dan bus antarkota dalamprovinsi (AKDP) mengaku lebih memilih menggunakan moda transportasi travel dan bus karena harga yang lebih murah.

Mengingat, penumpang bisa memilih bus dan travel yang sesuai dengan budget mereka.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Selain itu, kenyamanan juga menjadi salah satu faktor mereka untuk memilih menggunakan bus atau travel dibandingkan kereta api. Bagi beberapa pengguna bus dan travel, jarak tempuh yang dilalui tidak jauh berbeda dengan kereta api.

Salah satu penumpang yang memilih bus dan travel yakni, Suci. Saat ditemui Solopos.com, Jumat, ia akan berangkat menuju Surabaya melalui pintu barat Terminal Tirtonadi.

Ia mengaku biasanya lebih sering menggunakan kereta api, tetapi karena harga yang mahal, membuatnya beralih menggunakan bus.

“Jelas lebih hemat dan enak naik bus, bayarnya hanya Rp120.000 sudah sampai Surabaya, apalagi sekarang ada beberapa yang lewat tol. Jadwalnya juga lebih pas dibandingkan kereta api, bus tujuan Surabaya itu setiap 15 menit ada, kalau kereta api bisa tiga jam sekali baru ada,” ulas Suci kepada Solopos.com, pada Jumat (3/2/2023).

Kenyamanan di bus menurut Suci juga lebih baik dibandingkan kereta api. Perbandingan yang ia gunakan adalah kereta api dengan kelas bisnis yang menurutnya tidak begitu nyaman.

“Naik kereta api kelas bisnis itu sekitar Rp350.000 sampai Rp450.000, itu kursinya tegak banget dan enggak empuk. Kalau bus, tergantung busnya yang apa, biasanya saya naiknya yang Sugeng Rahayu karena lebih nyaman,” jelasnya.

Selain itu, terminal dan lokasi tempatnya turun juga menjadi pertimbangan baginya untuk memilih bus dibandingkan kereta api. “Kalau di Surabaya turun Bungurasih lebih dekat ke rumah yang di Sidoarjo dibandingkan harus turun di Terminal Pasar Turi,” ucapnya.

Membandingkan antara bus dengan kereta api juga dilakukan Muhammad Iqbal yang baru saja turun dari perjalanan Jakarta menuju Solo. Menurutnya, tarif bus Jakarta Solo lebih masuk akal dibandingkan naik kereta api.

“Saya naik dari Bantargebang dengan waktu tempuh sekitar 9 jam, dibandingkan kereta api, sekarang lebih nyaman naik bus. Kalau naik kereta api bisa sampai jutaan dan waktunya juga bisanya malam, kalau kenyamanan sekarang enak naik bus, kursinya lebih empuk dan space kursinya lebih luas,” ulasnya.

Sedangkan bagi pengguna travel, seperti yang diungkapkan Khrisna Wahyu menyebut, perjalanan menggunakan travel lebih murah. Ia yang menempuh perjalanan dari Semarang menuju Solo ini mengaku, hanya perlu dua jam perjalanan melalui jalan tol.

“Lebih enak kalau naik travel, dulu sempat ada kereta dari Semarang ke Solo, cuman waktu itu terbatas cuman pukul 05.30 WIB, sedangkan kalau naik bus Semarang-Solo sekitar Rp60.000 nambah naik travel, Rp85.000 sudah enak, lebih nyaman dan lebih cepat karena lewat jalan tol,” ulas Khrisna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya