SOLOPOS.COM - Beragam menu makanan yang biasa disajikan warung makanan di Alun-alun Utara Solo.(Ilustrasi/Adhelia Kusumawardhani)

Solopos.com, SOLO – Kawasan kompleks Alun-alun Utara Solo dikenal sebagai salah satu lokasi wisata kuliner malam yang murah dan enak.

Berbagai gerai kuliner berjajar rapi di sepanjang jalan sekitar Alun-alun Utara pada sisi kiri, mulai dari makanan ringan hingga nasi plus lauk pauknya.

Promosi Jelang HUT ke-59, Telkom Gelar Customer Gathering hingga Beri Bantuan ke UMKM

Berdasarkan pantauan Solopos.com belum lama ini, sepanjang jalan sisi kiri Alun-alun Utara Kota Solo tampak ramai pengunjung. Berikut pilihan kuliner malam di Alun-alun Utara Solo yang bisa jadi pilihan seperti dirangkum Solopos.com beberapa waktu lalu:

1. Gultik dan Gongso 45

Gulai adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang dimasak dengan irisan daging, kuah santan kental, dan berbumbu rempah-rempah.

Gultik atau gulai tikungan menjadi kuliner legendari khas Jakarta. Seperti gulai pada umumnya, hanya saja gultik disajikan pada porsi yang sedikit dan ramah dikantong.

Menu yang disajikan di Gultik dan Gongso 45 ada beragam seperti gulai, gongso, dan nasi goreng yang dibanderol Rp10.000-Rp25.000. Outlet yang berada paling utara dekat persimpangan ini buka pada pukul 18.30 WIB-02.00 WIB.

2. Penyetan 45

Sajian makanan dari ayam, daging, dan tempe/tahu goreng dengan cabai dan sayuran mentah banyak diminati pengunjung. Berdasarkan pantauan Solopos.com, Penyetan 45 yang berada di Alun-alun Utara Solo yang dikenal dengan harga yang murah tidak pernah sepi pengunjung.

Menu yang disajikan seperti ayam potong, ayam kampung, puyuh, bebek, jeroan sapi, ikan, dan menu pendamping tahu, tempe, hingga kol goreng. Pilihan sambalnya antara lain sambal terasi, bawang, lombok ijo, dan sambal lamongan tentunya free refil. Harga dibanderol mulai dari Rp2.000-Rp25.000.

Posisi outlet paling selatan dekat Polsek Pasar Kliwon ini buka mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

3. Hiro Katsu Japanese Food

Makanan khas Jepang juga hadir di Alun-alun Utara Solo di Hiro Katsu Japanese Food yang menawarkan sajian katsu ayam dengan saus kari ala jepang.

Menu yang disajikan di outlet ini seperti chicken curry katsu, chicken teriyaki, chicken cheese katsu, dan chicken original katsu. Menu tersebut dibanderol mulai Rp19.000-Rp23.000.

Hiro Katsu terletak di sebelah Penyetan 45 dan buka mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

4. Nasi Liwet dan Jenang Lemu Mbak Retno

Nasi liwet menjadi hidangan khas Kota Solo berupa nasi gurih yang diolah menggunakan santan kelapa. Menu yang disajikan di Nasi Liwet dan Jenang Lemu Mbak Retno seperti nasi liwet solo, nasi gudeng, bubur lemu krecek, lontong sayur/opor, nasi timlo solo, dan selat segar solo. Harga dibanderol mulai Rp8.000.

Terletak di sepanjang jalan kiri Jl. Alum-alun Utara Solo, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Solo ini buka pada pukul 17.00 WIB-23.00 WIB.

5. Sego Sambel Pak Sukidi

Sego Sambel Pak Sukidi bisa menjadi pilihan makan malam, dengan sajian nasi, lauk, dan sambal yang mengenyangkan.
Menu yang disajikan seperti sego sambel uritan, sego sambel kepala kampung, sego kerrang, puyuh, lele goreng, dan masih banyak lagi. Harga mulai dari Rp3.000-Rp25.000.

Terletak di deretan outlet sepanjang jalan Alun-alun Utara Solo warung ini buka pada pukul 17.00 WIB-23.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya