SOLOPOS.COM - Jadwal KA Bandara Solo. (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Calon penumpang pesawat dari Klaten ataupun Solo lebih dimudahkan menuju kawasan Bandara Adi Soemarmo (KA BIAS) dengan cepat menggunakan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo (KA BIAS)  atau KA Bandara Solo.

KA Bandara Solo menggunakan rute Bandara Adi Soemarmo – Stasiun Solo Balapan.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Operasional KA BIAS berada di bawah kewenangan PT KAI Daerah Operasional (Daops) VI Yogyakarta. Sehingga calon penumpang dari Yogyakarta ke Bandara Adi Soemarmo Solo bisa terhubungan dengan transportasi kereta api.

Perjalanan KA Bandara Solo dari Stasiun Solo Balapan hingga Stasiun Bandara Solo membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Keberangkatan KA BIAS dimulai pagi hingga sore hari.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com  dari aplikasi KAI Access, berikut ini jadwal KA Bandara Solo:

Solo Balapan – Adi Soemarmo

Pukul 14.08 WIB – Pukul 14.27 WIB

Pukul 16:32 WIB – Pukul 16.54 WIB

Adi Soemarmo – Solo Balapan

Pukul 14.35 WIB – Pukul 14.54 WIB

Pukul 17.21 WIB – Pukul 17.41 WIB

Harga tiket KA Bandara Solo dari Bandara Adi Soemarmo menuju Stasiun Solo Balapan dan sebaliknya cukup murah, yakni Rp7.000 per orang.

KAI juga melayani penumpang KA Bandara Solo hingga Stasiun Klaten. Penumpang dari Klaten dikenakan tarif lebih mahal, yakni

Rp15.000 per orang. Berikut jadwal KA Bandara Adi Soemarmo Solo dari dan ke Stasiun Klaten hari ini, Senin (13/2/2023).

Klaten – Adi Soemarmo



Pukul 13.26 WIB – Pukul 14.27 WIB

Pukul 15.56 WIB – Pukul 16.54 WIB

Adi Soemarmo – Klaten

Pukul 14.35 WIB – Pukul 15.31 WIB

Sementara, untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan mendapatkan tiket KA Bandara Solo, masyarakat bisa membelinya secara online di aplikasi KAI Access. Aplikasi KAI Acscess bisa diunduh di Google Play Strore maupun App Store.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Warung Pecel Legendaris Mbah Nardi Wonogiri, Rasanya Tetap Khas sejak 1970-an

Warung Pecel Legendaris Mbah Nardi Wonogiri, Rasanya Tetap Khas sejak 1970-an
author
Suharsih Minggu, 28 April 2024 - 19:50 WIB
share
SOLOPOS.COM - Pengelola Warung Pecel Mbah Nardi menyiapkan pesanan pelanggan di warung yang sudah ada sejak 1970-an di Wuryorejo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Minggu (28/4/2024). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Sekilas tidak ada yang berbeda dari Warung Pecel Mbah Nardi di Jl Jenderal Sudirman, Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, dibanding warung pecel lainnya. Namun, warung ini termasuk legendaris karena sudah bertahan puluhan tahun, tepatnya sejak 1970-an.

Tidak ada hal lain yang membuat warung ini bertahan lama kecuali kelezatan sambal pecelnya. Sulit mendapatkan meja kosong untuk makan di warung ini. Para pengunjung datang silih berganti. Warga Wonogiri menyebut warung di pinggir jalan protokol ini sebagai warung pecel legendaris.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Dilihat dari penyajiannya, pecel di warung ini sebenarnya tidak ada yang spesial. Hanya, sambal pecelnya cukup kental. Rasa kacang bercampur pedas cabai mendominasi. Asam dari jeruk yang dicampurkan ke sambel pecel ini membuatnya terasa lebih segar. Ditambah telur ayam dadar gurih makin menambahkan kelezatan pecel Mbah Nardi.

Joko Widiyarno, 56, pemilik Warung Pecel Mbah Nardi, mengatakan warung pecelnya itu sudah ada sejak dia masih anak-anak. Warung itu didirikan oleh ibunya, yang namanya menjadi nama warung pecel tersebut, Mbah Nardi. Kini warung legendaris itu sudah dijalankan dia sebagai generasi kedua.

Koran Solopos

Joko mengatakan kunci warung pecel itu bertahan lama yakni dengan mempertahankan kualitas dan cita rasa. Konsistensi rasa sejak dulu sampai sekarang disebut tidak berubah. Dia menyebut ibunya memiliki resep rahasia agar sambel pecelnya terasa lebih enak.

“Tapi resep rahasia itu tidak dipakai setiap hari karena bahan atau bumbunya mahal. Biasanya resep itu baru saya pakai kalau jumlah pembeli turun. Soalnya kalau pakai setiap hari, biayanya mahal. Meski begitu, pecel saya tetap banyak yang suka,” kata Joko saat berbincang dengan Solopos.com di warungnya, Minggu.

Menurut Joko, para pelanggan Warung Pecel Mbah Nardi Wonogiri yang legendaris itu dari berbagai kalangan, mulai dari para sopir bus dan angkuta, warga biasa, pejabat, hingga petinggi daerah. Tidak jarang para pembeli itu berasal dari Solo, Yogyakarta, Salatiga, dan lainnya.

Emagazine Solopos
warung pecel wonogiri

Sajian pecel di Warung Pecel Mbah Nardi yang sudah berahan puluhan tahun sejak 1970-an di Wuryorejo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Minggu (28/4/2024). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Dalam sehari, minimal 20 kg beras dan 8 kg sambal pecel habis terjual di warung pecel legendaris ini. Jumlah pembeli dipastikan lebih dari 100 orang per hari. Selain rasa, kata dia, salah satu yang membuat warung pecel ini ramai dan bertahan lama yaitu karena murah.

Tidak Punya Cabang

Satu porsi pecel hanya dibanderol Rp9.000/porsi. Pembeli bisa menambah telur dadar hanya dengan merogoh kocek Rp3.000. Jika ditambah satu gelas es teh atau teh hangat, pelanggan cukup mengeluarkan uang Rp15.000 untuk sepaket.

Interaktif Solopos

“Pegawai-pegawai Pemkab Wonogiri banyak yang ke sini, pegawai bank dan karyawan lainnya sering banget datang,” ujar dia.

Joko menyampaikan meski laris manis, Warung Pecel Mbah Nardi tidak ada di tempat lain alias tidak membuka cabang. Padahal banyak pelanggan di warung itu, khususnya yang dari Solo, meminta Joko agar membuka cabang di sana.

“Dari sejak berdiri sampai sekarang, warung ini tidak pernah pindah. Ya di sini ini,” ungkapnya.



Warung Pecel Mbah Nardi Wonogiri ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB-14.00 WIB. Menurut Joko, sebenarnya dia bisa saja membuka lebih lama sampai sore.

Tetapi dia tidak ingin enam karyawannya bekerja terlalu capai. Warung yang berada di sebelah kiri jalan dari arah Solo ini bisa mengantongi omzet sekitar Rp4 juta-Rp5 juta per hari.

Saat akhir pekan, omzetnya bisa tambah menjadi Rp7 juta-Rp8 juta karena pengunjung bertambah ramai saat Sabtu dan Minggu. “Keuntungan bersih, bisa lebih dari 50% dari omzet. Warung ini tutup hanya saat [Bulan] Puasa dan Lebaran,” ungkapnya.

Salah satu pembeli, Dyah, mengaku baru kali pertama ini menjajal Pecel Mbah Nardi. Perempuan yang datang bersama suami dari Solo itu mengatakan rasa pecel Mbah Nardi tidak mengecewakan, walaupun dia agak kepedasan.

“Patut dicoba kembali. Rasanya enak, tapi untuk ukuran saya, ini sambelnya agak pedas,” ucap Dyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Prabowo Ngaku Didukung Jokowi Sejak Awal Ikut Pilpres 2024

Prabowo Ngaku Didukung Jokowi Sejak Awal Ikut Pilpres 2024
author
Chelin Indra Sushmita Minggu, 28 April 2024 - 19:47 WIB
share
SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo Subianto saat mengunjungi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Senin (24/7/2023). (Youtube Sekretariat Kepresidenan)

Solopos.com, SOLO — Prabowo Subianto mengaku sudah didukung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak awal ketika ingin maju sebagai bakal calon presiden di Pilpres 2024.

Prabowo mengatakan, sebelum mendeklarasikan diri maju sebagai bakal calon presiden lagi pada Agustus 2022, dirinya sempat berkonsultasi dengan Jokowi. Kala itu dia ingin meminta dukungan Jokowi.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

“Waktu saya ditanya waktu saya mau maju atau tidak [jadi calon presiden], saya terang-terangan mau maju apabila direstui oleh Pak Joko Widodo,” ujar Prabowo dalam acara Halalbihalal PBNU di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Minggu (28/4/2024).

Menteri pertahanan ini mengatakan percaya kepada Jokowi karena melihat sendiri pembahasan dan keputusan yang dibuat oleh orang nomor satu di Indonesia itu sejak diajak bergabung ke pemerintahan pada 2019.

Koran Solopos

Prabowo menilai Jokowi merupakan pemimpin yang sangat teliti. Dia pun berkelakar, tidak heran bisa kalah dari Jokowi pada Pilpres 2014 dan 2019.

“Beliau [Jokowi] sangat teliti, sangat teliti, mungkin karena itu saya kalah dua kali,” ujarnya.

Oleh sebab itu, ketua umum Partai Gerindra ini memilih belajar dari Jokowi daripada menjadi lawannya. Prabowo pun ikuti saran Jokowi.

Emagazine Solopos

Prabowo menambahkan, kini setelah ditetapkan menjadi presiden terpilih periode 2024-2029, Jokowi mengarahkannya untuk terbang ke China, Jepang, dan Timur Tengah. Dia pun menyatakan akan banyak belajar dan rumuskan berbagai masalah untuk segera dikerjakan usai dilantik menjadi presiden.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Prabowo Ungkap Dirinya Didukung Jokowi Sejak Maju Capres”

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Usai Gempa, Warga Garut Diimbau Waspadai Potensi Longsor dan Banjir

Usai Gempa, Warga Garut Diimbau Waspadai Potensi Longsor dan Banjir
author
Newswire , 
Chelin Indra Sushmita Minggu, 28 April 2024 - 19:33 WIB
share
SOLOPOS.COM - Gempa bumi M 6,5 mengguncang Garut, Sabtu (27/4/2024) sekitar pukul 23.29 WIB. (Istimewa/Tangkapan Layar)

Solopos.com, GARUT — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di wilayah Sukabumi, Tasikmalaya, Bandung, Garut, dan sekitarnya untuk mewaspadai potensi sejumlah bencana, seperti longsor dan banjir bandang seusai gempa bumi yang berpusat di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Dalam rilis yang disiarkan oleh BMKG di Jakarta pada Minggu (28/4/2024), Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengatakan, getaran yang terjadi akibat gempa sangat mungkin mengakibatkan lereng-lereng itu menjadi retak-retak atau rapuh.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Kondisi tersebut menjadi berbahaya bila terjadi hujan. Sebab air hujan yang meresap dikhawatirkan akan mendorong massa tanah dan atau batuan menjadi longsor.

“Kepada masyarakat kami mengimbau untuk tenang, namun tetap waspada apabila turun hujan baik dengan intensitas sedang hingga lebat. Secara khusus, masyarakat yang bertempat tinggal di lereng-lereng bukit, perbukitan, gunung, ataupun pegunungan dan daerah aliran sungai karena berpotensi terjadi longsor dan banjir bandang,” kata Kepala BMKG Dwikorita seperti dikutip dari Antara.

Koran Solopos

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa.

Ia meminta masyarakat yang rumahnya mengalami kerusakan, rusak sebagian, atau miring akibat terdampak gempa agar tidak menempatinya untuk sementara waktu, dan memilih untuk tinggal di tempat yang lebih aman (kokoh dan stabil).

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal apakah cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan yang dapat membahayakan kestabilan bangunan, sebelum kembali ke dalam rumah,” katanya.

Emagazine Solopos

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Gempa Nasional, Daryono menyatakan, gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 6.2 yang mengguncang Kabupaten Garut dan sekitarnya adalah gempa utama.

Hasil analisis BMKG menyimpulkan gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat, atau yang populer disebut sebagai gempa dalam lempeng (intraslab earthquake).

“Gempa semalam adalah langsung gempa utama (mainshock), kemudian amblas dan energi habis atau lepas total. Tidak ada gempa pembuka dan miskin susulan. Hingga pukul 23.55 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo 3.1,” kata Daryono.

Interaktif Solopos

Sementara itu, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Adapun episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,39° LS ; 107,11° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 156 Km arah Barat Daya Kabupaten Garut Jawa Barat pada kedalaman 70 km.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories