SOLOPOS.COM - Alfamart dan Alfamidi sama tapi beda di beberapa hal. (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Berada di bawah manajemen yang sama, minimarket Alfamart dan Alfamidi memiliki beberapa perbedaan atau detail sejarah yang beda dan kentara.

Beberapa detail sejarah yang beda tersebut membuat sejumlah masyarakat menilai Alfamart dan Alfamidi serupa tapi tak sama.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Meskipun beda, dilansir dari situs resmi alfamart.co.id, Alfamart dan Alfamidi merupakan dua waralaba yang dikelola oleh satu manajemen yang juga pemegang saham yakni PT Sumber Alfaria Trijaya.

Maka dari itu, karena sama-sama masih berada di bawah brand Alfa, keduanya juga memakai logo yang mirip dengan didominasi warna merah.

Di beberapa kota, gerai Alfamart dan Alfamidi bahkan berada di lokasi yang saling berdekatan. Jarak minimarket yang berdekatan itu disengaja demi kesimbangan bisnis mereka agar tak saling jegal.

Dilansir alfamart.co.id, berikut sejumlah hal yang beda dari Alfamart dan Alfamidi di Indonesia:

  1. Sejarah

Pertama yakni dimulai dari beda dalam hal sejarah antara Alfamart dan Alfamidi.  Alfamart mulai berdiri pada 27 Juni 1999.

Pada saat itu, PT Alfa Retailindo, Tbk. bekerja sama dengan PT Lancar Distrindo menciptakan sebuah model usaha baru, yakni sejenis swalayan dengan bentuk yang lebih kecil.

Namun, karena kedua perusahaan ini tidak mungkin digabungkan, di akhir bulan Juni 1999 didirikan perusahaan baru dengan diberi nama PT Alfa Mitramart Utama.

Sementara, sejarah Alfamidi bermula saat pertama kali didirikan pada 28 Juni 2007. Tepat pada tanggal tersebut, seorang pebisnis Indonesia yang sukses dan ternama, Djoko Susanto, mendirikan sebuah perusahaan dengan diberi nama PT Midimart Utama atau disebut MIDI.

Djoko juga sekaligus merupakan pendiri dan CEO PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. dan memegang saham paling besar dari minimarket waralaba Alfamart.

MIDI didirikan dengan konsep yang hampir sama seperti Alfamart yakni one stop shopping. Harapannya yakni, MIDI menjadi penyedia pelayanan tempat untuk belanja murah sekaligus dekat dari tempat tinggal semua orang.

         2. Slogan

Beda kedua antara Alfamidi dan Alfamart yakni pada slogan. Brand image Alfamidi merupakan kualitas produk, pelayanan prima, serta harga terjangkau.

Hal ini juga terlihat dari slogannya saat memasuki Alfamidi pertama kali,yakni Belanja puas, harga hemat.

Alfamidi menggunakan tiga hal dalam brand image tadi sebagai pedoman dalam menarik para calon konsumen. Selain itu, konsep tersebut juga diterapkan untuk mengelola seluruh konsumen yang loyal.

Sementara, Alfamart memiliki slogan yang sedikit berbeda yakni Belanja Puas Harga Pas. Slogan Alfamart ini menjadi jaminan konsumen untuk dapat berbelanja sepuas-puasnya di Alfamart dengan harga yang terjangkau.

    3. Ukuran dan Kelengkapan

Selanjutnya, Alfamidi dan Alfamart beda soal ukuran minimarket serta kelengkapan produk yang dijual. Ukuran Alfamart lebih kecil daripada Alfamidi. Hal tersebut karena produk yang dijual juga lebih difokuskan kepada barang kebutuhan pribadi, dengan jumlah yang juga terbatas.

Sementara, ukuran Alfamidi lebih besar daripada Alfamart maupun minimarket standar di pasaran. Jadi, bisa dibilang kalau ukuran Alfamidi lebih besar dari minimarket sekaligus lebih kecil dari supermarket.

Di sisi lain, soal produk yang dijual di Alfamidi, kebanyakan hampir sama seperti yang tersedia di Alfamart. Namun, di Alfamidi ditambah dengan buah, sayur, dan makanan beku atau frozen food.

      4. Logo

Beda Alfamart dan Alfamidi selanjutnya yakni pada logo minimarket.  Logo kedua minimarket ini sama, yakni beraksen merah.

Namun, ada beberapa hal yang beda dari logo Alfamart dan Alfamidi. Logo Alfamart hanya terdiri atas satu kata yang dibuat sebaris. Satu kata itu dikombinasikan antara biru dan merah.

Suku kata Alfa menggunakan warna biru, sementara suku kata mart menggunakan warna merah.

Sementara, logo Alfamidi hampir mirip yakni menggunakan satu suku kata dengan kombinasi warna biru dan merah. Namun, ditambahi dengan hurf A besar warna putih yang dibuat dalam kotakan merah.

Beda logo Alfamart dan Alfamidi ini terlihat menyolok dari jauh, sehingga cukup mudah dikenali.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya