SOLOPOS.COM - Ilustrasi gaji dan tunjangan pegawai. (Istimewa/Freepik).

Solopos.com, SOLO — Country Marketing Manager – Indonesia, JobStreet by SEEK, Sawitri, mengirimkan laporan eksklusif Panduan Gaji 2023 dari JobStreet by SEEK melalui rilis kepada Solopos.com, Jumat (6/10/2023).

Laporan ini menganalisis dan melihat tren gaji untuk membantu perusahaan menyusun strategi agar dapat menawarkan gaji yang kompetitif.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Dalam laporan tersebut dituliskan, meskipun terdapat variasi gaji, posisi manajer dalam bidang teknik tetap memiliki gaji tertinggi sebesar Rp13,8 juta.

Sementara itu, jabatan manajer senior dalam bidang akuntansi atau keuangan mencatatkan kenaikan gaji tertinggi, yaitu Rp20 juta (50,0%).

Sawitri menjelaskan posisi manager dalam bidang komputer atau TI memiliki gaji tertinggi sebesar Rp16,5juta. Sementara itu, supervisor dengan spesialisasi teknik mengalami kenaikan tertinggi sebesar Rp250.000 (3,7%).

Dia menjelaskan kenaikan gaji yang signifikan terjadi dalam bidang Manufaktur (7,7%) dengan jabatan sebagai supervisor dan dalam bidang Teknik (4,4%) sebagai manajer.

Di sisi lain, manajer dalam bidang hotel atau restoran mengalami penurunan gaji sebesar Rp500.000 (6,3%). Tidak jauh berbeda, junior eksekutif dalam bidang jasa juga mengalami penurunan yang tinggi, yaitu sebesar Rp1,08 juta (17,2%).

Selain itu, jabatan supervisor dalam spesialisasi komputer atau TI memiliki gaji tertinggi sebesar Rp9,6 juta.

Gaji Luar Pulau jawa

Di sisi lain, untuk wilayah di luar pulau Jawa, Sulawesi tercatat mengalami peningkatan gaji median sebesar 25,0%, terutama dalam bidang sains dengan gaji mencapai Rp10,5 juta pada 2023 dari Rp 8,4 juta pada 2022.

Sektor perhotelan di wilayah Bali dan Nusa Tenggara juga mengalami kenaikan gaji sebesar 23,7%, mencapai Rp11,750,000 dari Rp9,5 juta.

Perlu diperhatikan, tercatat bahwa Kepulauan Maluku memiliki gaji tertinggi sebesar Rp8,4 juta. Hal tersebut menekankan adanya pertumbuhan yang signifikan di sektor yang beragam bagi wilayah tertentu di Indonesia.

Lebih lanjut Sawitri menjelaskan gaji bukan satu-satunya faktor utama bagi pencari kerja Indonesia. Faktor cuti berbayar, asuransi, tunjangan, dan manfaat lainnya turut menjadi faktor yang dipertimbangkan.

Sawitri menjelaskan perusahaan perlu mempersiapkan strategi rekrutmen yang tepat guna menarik talenta terbaik bagi usahanya, termasuk penawaran gaji yang transparan.

“Serta kesesuaian dengan standar masing-masing industri dan spesialisasi. Kami harap dengan studi mengenai tren gaji di berbagai industri, peran, dan posisi, perusahaan akan lebih siap dalam menyusun strategi rekrutmen, memungkinkan perusahaan untuk menarik serta mempertahankan kandidat yang tepat,” tutup Sawitri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya