SOLOPOS.COM - Foto udara sejumlah Kereta LRT (Light Rail Transit) parkir di depo Jati Mulya, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (21/7/2023). (Antara/ Fakhri Hermansyah)

Solopos.com, JAKARTA – Tarif maksimal LRT Jabodebek sebesar Rp20.000 resmi berlaku terhitung mulai hari ini, Minggu (1/10/2023).

Manajer Humas KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo menjelaskan, tarif yang diberlakukan bagi pengguna jasa saat ini adalah minimal Rp3.000 dan tarif maksimal Rp20.000.

Promosi Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Hektare Lahan Kritis melalui Reboisasi

“Skema tarif promo ini akan berlaku hingga akhir Februari 2024 mendatang. Terhitung mulai 1 Oktober 2023 hingga akhir Februari 2024 tarif LRT Jabodebek menjadi maksimal Rp20.000,” jelas Kuswardojo dalam keterangan resminya, Minggu (1/10/2023) seperti dilansir Bisnis.

Adapun, tarif promo yang sebelumnya berlaku adalah sebesar Rp5.000 ke semua relasi LRT Jabodebek. Kuswardojo mengatakan, selama masa promo tarif flat Rp5.000, LRT Jabodebek mengangkut sebanyak 1,5 juta masyarakat pengguna jasa.

Dia mengatakan, keberadaan LRT Jabodebek selama sekitar 1 bulan sejak diresmikan Presiden RI Joko Widodo mendapat sambutan dan antusiasme yang besar dari masyarakat di kawasan Jabodebek. Saat ini, LRT Jabodebek baru mengoperasikan 16 trainset dengan 234 perjalanan setiap harinya.

Kehadiran LRT Jabodebek mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bertransportasi di kawasan padat di sekitar Jabodebek.

Tercatat lima stasiun LRT Jabodebek dengan pengguna jasa terbanyak meliputi Stasiun Dukuh Atas, Harjamukti, Bekasi Barat, Jati Mulya, dan Kuningan. Stasiun Dukuh Atas menjadi stasiun terpadat yang melayani pengguna jasa LRT Jabodebek, dengan didominasi oleh para pekerja sebagai pengguna jasanya.

“Kami yakin bagi masyarakat yang setiap hari menggunakan LRT Jabodebek, akan tetap memilih LRT Jabodebek untuk bertransportasi dari Jati Mulya di Bekasi timur dan Harjamukti di Cibubur menuju Dukuh Atas ataupun sebaliknya karena bebas macet dan jauh lebih nyaman,” pungkas Kuswardojo.

Angkut 1,2 Juta Penumpang

Sebelumnya PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat jumlah penumpang LRT Jabodebek telah mencapai lebih dari 1,2 juta orang sejak mulai beroperasi pada 28 Agustus 2023.

Manajer Humas KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo menjelaskan, antusiasme masyarakat terhadap LRT Jabodebek terbilang cukup tinggi. Hal tersebut terindikasi dari jumlah penumpang moda transportasi ini yang menunjukkan tren pertumbuhan setiap pekannya.

Berdasarkan data dari KAI, jumlah penumpang LRT pada periode 28 Agustus-24 September 2023 adalah 1.211.160 orang. Tren kenaikan pengguna umumnya terjadi pada akhir pekan dengan jumlah penumpang kisaran 50.000-60.000 orang.

“Jumlah penumpang tertinggi sejauh ini terjadi pada 24 September 2023 dengan jumlah 69.660 orang,” jelas Kuswardojo saat dihubungi, Senin (25/9/2023).

Seiring dengan kenaikan jumlah penumpang, dia mengatakan frekuensi perjalanan dan jumlah rangkaian kereta (trainset) yang beroperasi pun akan ditambah. Kuswardojo menuturkan, penambahan ini akan dilakukan secara bertahap hingga nantinya total rangkaian kereta (trainset) yang beroperasi setiap harinya adalah 27 unit.

Dia menuturkan, jumlah perjalanan dan trainset yang beroperasi akan ditambah sesuai dengan kondisi di lapangan dan minat dari masyarakat. Meski demikian, Kuswardojo belum dapat memastikan kapan penambahan frekuensi perjalanan dan trainset tahap selanjutnya akan dilakukan.

Adapun, saat ini LRT Jabodebek beroperasi dengan 16 trainset dan 230 perjalanan per harinya.

“Kami melihat dulu kebutuhan dan permintaan masyarakat di lapangan. Itu akan menjadi usulan kami ke Kementerian Perhubungan selaku regulator,” kata Kuswardojo.

Dia melanjutkan, pihaknya optimistis angka keterangkutan LRT Jabodebek akan terus meningkat ke depannya. Dia menuturkan, LRT Jabodebek akan menjadi salah satu kebutuhan transportasi untuk masyarakat di tengah kondisi Jabodebek yang semakin padat.

“Kami terus melakukan sosialisasi keberadaan LRT Jabodebek dan berupaya menghadirkan pelayanan yang semakin baik dari hari ke hari,”ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya