SOLOPOS.COM - Suasana proses pembangunan rel layang Joglo, Banjarsari, Solo, beberapa waktu lalu. (Solopos.com/Putut Hartanto).

Solopos.com, SOLO —  PT KAI Daop 6 Yogyakarta menghentikan sementara proyek pengerjaan rel ganda yang ada di Solo selama masa Angkutan Lebaran 2023. Proyek pengerjaan yang dihentikan termasuk Rel Layang Simpang Joglo dan Viaduk Gilingan.

PT KAI Daop 6 menerapkan masa angkutan Lebaran selama 19 hari mulai 14 April hingga 2 Mei 2023.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Executive Vice President (EVP) PT. KAI Daop 6 Yogyakarta, Agus Dwinanto Budiadji, menjelaskan dalam jumpa pers Rencana Operasi Angkutan Lebaran, Rabu (12/4/2023) di Stasiun Balapan, penghentian pengerjaan rel ganda sudah dihentikan sementara mulai Rabu (13/4/2023).

“Kami hari ini mengecek proyek jalur ganda Solo-Semarang yang kami akan hentikan dulu. Kami menginstruksikan semua pengerjaan yang ada kaitannya dengan jalur Kereta Api (KA) dihentikan sampai masa Angkutan Lebaran,” jelasnya.

Agus menyebut, tujuan penghentian ini untuk memudahkan operasional Angkutan Lebaran dari PT KAI. Ia juga menyebut juga sudah melakukan pengecekan lapangan jalur KA yang ada di Solo, terutama yang terdapat proyek pengerjaan.

“Kami sudah cek semuanya, mulai dari Stasiun Balapan, Underpass Islamic Center atau Viaduk Gilingan sampai Rel Layang di Simpang Joglo. Ada beberapa galian persiapan untuk double track, kami cek enggak ada pergerakan dan tentu memang kami tidak izinkan untuk bergerak,” tambah Agus.

Sedangkan dari data yang dirilis Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Simpang Joglo dan Viaduk Gilingan masuk dalam lokasi yang rawan kemacetan saat Lebaran 2023.

Ada pun lokasi rawan macet saat Lebaran di Kota Solo yang terjadi di simpang-simpang meliputi Bundaran Tugu Pamandengan dan Bundaran Pasar Gede, Simpang Farokah, Simpang Kerten, Simpang Gilingan, Simpang Coyudan.

Selanjutnya Simpang Dawung, Bundaran Gladak, Simpang Sangkrah, Simpang Ketandan, Simpang Loji Wetan, Simpang Pasar Kliwon.

Lokasi rawan macet di simpang lainnya meliputi Simpang Klodran, Simpang ABC, Simpang Gendengan, Simpang Nonongan, Simpang Ngemplak, Simpang Tugu Wisnu. Kemacetan juga rawan terjadi di Simpang Girimulyo dan Simpang Mojosongo.

Kemacetan juga rawan terjadi di empat perlintasan sebidang. Lokasi perlintasan sebidang yang rawan macet tersebut meliputi Jalan S Parman, Pasar Nongko,Urip Sumoharjo, dan Palang Joglo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya