SOLOPOS.COM - Sebuah mobil melintas di jalan tol Solo-Ngawi wilayah Kabupaten Boyolali, beberapa waktu lalu. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto).

Solopos.com, SOLO — Warga Solo yang akan mudik Lebaran 2023 menggunakan mobil sudah mulai mempersiapkan e-money untuk membayar tarif jalan tol.

Mereka mengisi ulang saldo e-money sebesar Rp500.000 hingga Rp2 juta.  Nantinya, e-money tersebut digunakan saat masuk jalan tol atau membayar biaya parkir di mal-mal yang didatangi.

Promosi Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Hektare Lahan Kritis melalui Reboisasi

Salah satu yang sudah menyiapkan saldo e-money untuk mudik adalah Eko. Ia bercerita kepada Solopos.com pada Rabu (5/4/2023), akan mudik sejak H-7 untuk menghindari kemacetan.

Eko menyebut sudah memiliki saldo e-money sebesar Rp1 juta untuk perjalanan mudik ke Surabaya.

“Saya rencana mudik H-7 ke Surabaya lewat tol, supaya enggak macet dan kalau bisa mau ziarah ke buyut yang ada di Jombang. Kalau tahun kemarin, dari Solo ke Surabaya lewat tol itu sekitar Rp280.000 atau Rp300.000, jadi antisipasi biar enggak isi ulang terus saya kemarin baru isi saldo e-money Rp1 juta,” kisah Eko.

Eko juga bercerita, belajar dari pengalaman mudik tahun lalu, mengisi ulang saldo e-money saat arus mudik bukan hal yang mudah.

Ia bercerita, pernah harus mencari di tiga rest area, untuk bisa mengisi ulang saldo e-money miliknya.

“Tahun lalu karena mudik sudah mulai ramai, saldo e-money saya cuman Rp75.000 dan lupa isi ulang. Ketika di rest area ternyata enggak semua mesin Electronic Data Capture (EDC) yang ada bisa melakukan isi ulang e-money dan antrenya panjang sekali. Akhirnya saya baru bisa mengisi ulang saldonya di pintu gerbang arah keluar Tol Mojokerto,” ulas Eko.

Pengalaman serupa dirasakan warga Solo yang sedang bersiap untuk mudik Lebaran 2023 ke Semarang, Fachrurrozi. Ia mengaku sempat kesulitan mengisi e-money saat arus mudik, karena rest area di jalan tol yang penuh.

“Waktu Lebaran kemarin saya pulang H-2 dan ketika masuk jalan tol saldo saya kurang Rp10.000. Waktu mau mengisi saldo di rest area, antrenya satu jam, mau enggak mau jadinya menunggu,” kisah Fachrurrozi.

Berdasarkan pengalam tersebut, ia akhirnya memilih untuk membeli kartu e-money baru khusus digunakan saat mudik tahun ini.

Fachrurrozi juga menyiapkan saldo e-money sebesar Rp500.000 untuk persiapan mudik Lebaran 2023 ke Semarang.

“Akhirnya supaya enggak kehabisan dan jaga-jaga kalau tarif tolnya naik saat menjelang Lebaran. Akhirnya saya beli e-money baru yang memang disiapkan buat mudik besok, saldonya saya isi Rp500.000 supaya enggak perlu isi ulang pas mudik karena antrenya kalau mudik lama,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya