SOLOPOS.COM - Area Staging X-Ray di Gudang Ekspor Shopee, Cengkareng, Jakarta Barat. (Istimewa/Shopee Indonesia).

Solopos.com, SOLO — Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan meresmikan Gudang Ekspor Shopee terbaru yang berlokasi di Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (30/8/2023).

Gudang Ekspor ini hadir untuk memfasilitasi lebih banyak produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ekspor lewat Program Ekspor Shopee.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Saat ini sudah ada lebih dari 20 juta produk UMKM lokal tergabung dalam program ekspor lewat mekanisme lintas batas dan menembus ke kawasan Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin.

Program Ekspor Shopee sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mendukung UMKM lokal untuk berdaya saing global dan menjadi bagian dari rantai pasok global.

Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan apresiasi terhadap komitmen Shopee menciptakan UMKM berdaya saing global.

“Saya berterima kasih kepada Shopee atas perannya sebagai penyambung bagi Penjual. Melalui e-commerce seperti Shopee, Penjual dapat terhubung langsung kepada Pembeli. Shopee membantu UMKM kita agar punya akses pasar, tidak hanya kepada pembeli dari Jawa Barat, Solo dan Jakarta, tapi bayangkan saja, ini akses pasarnya sampai ke Malaysia sampai ke Thailand, dengan sistem e-commerce sekarang. Jadi inilah yang harus ditata agar e-commerce terus berkembang, bisa mendukung UMKM agar bisa ekspor. Kalau gudangnya tambah besar, untungnya tambah banyak, pegawainya tambah banyak, artinya kita sama-sama berhasil. Maka perlu kerja sama. Terima kasih sekali lagi saya ucapkan,” jelas Zulkifli dalam keterangan resmi Shopee Indonesia yang diterima Solopos.com, Rabu (30/8/2023).

Director and Country Head Sea Group Indonesia, Kiky Hapsari, menjelaskan jika Sea Group lewat Shopee Indonesia merasa bangga dapat berpartisipasi aktif sebagai enabler perkembangan bisnis UMKM lokal menjangkau pasar global.

Kiky mengungkapkan gudang ekspor tersebut merupakan infrastruktur penunjang dari program ekspor yang sudah dijalankan Shopee saat ini. Ia mengklaim program Ekspor Shopee mampu memudahkan UMKM ekspor ke Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin.

Program Ekspor Shopee memberikan kemudahan bagi UMKM lokal untuk melakukan ekspor.

Setelah mendapatkan pesanan dari pembeli di negara lain, pelaku UMKM hanya perlu mengirimkan produk mereka ke Gudang Ekspor Shopee karena proses dan operasional manajemen produk pengiriman akan dilakukan oleh Shopee ke negara tujuan ekspor.

Proses yang dilakukan dalam Gudang Ekspor Shopee meliputi Area Penerimaan Barang untuk Diekspor (Export Inbound Line, Inbound Area, X-Ray Area dan Label Area), Area Pengumpulan (Sorting Area, Bagging Area dan Staging Area Export), dan Area Pengiriman Barang untuk Diekspor (Export Outbound Line).

Shopee terus berusaha menghadirkan solusi lengkap dari hulu hingga hilir guna menciptakan UMKM lokal berdaya saing global.

Salah satu program yang meningkatkan visibilitas produk UMKM dan jumlah konversi penjualan adalah pemberian promo menarik bagi pembeli pada tanggal 17 setiap bulannya yang juga menampilkan produk-produk UMKM lokal di laman utama aplikasi Shopee melalui kanal Shopee Pilih Lokal.

“Kami berharap dengan kehadiran fasilitas baru ini dapat mempermudah lebih banyak UMKM lokal untuk bisa mengibarkan bendera Merah Putih di panggung dunia. Sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, kami ingin terus membawa yang terbaik dari Indonesia ke panggung dunia,” tutup Kiky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya