SOLOPOS.COM - Bisnis franchise Teh Poci bisa dimulai dengan modal terjangkau. (Istimewa/estehpoci.com)

Solopos.com, SOLO  — Meski sudah banyak tren minuman kekinian yang viral, tapi Teh Poci tetap eksis karena harganya cukup terjangkau dengan cita rasa orisinal dan khas. Lantas bagaimana cara dan berapa modal franchise Teh Poci? Simak ulasannya.

Minuman es teh memang sangat familier di masyarakat. Bahkan minuman ini tergolong minuman harian karena juga bisa dibuat di rumah.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Di Solo ini saja, banyak ditemui orang yang menjual minuman tersebut. Itu di luar rumah makan atau wedangan yang hampir semuanya menampilkan es teh di daftar menunya. Tren terbaru, saat ini bisnis outlet yang khusus menyajikan es teh  kian menjamur.  Kini banyak ditemui outlet-outlet atau lapak-lapak yang khusus menjual es teh. Tentunya dengan berbagai brand dan tampilan.

Bisnis minuman es teh digemari lantaran permintaan pasar atau pembeli yang hampir selalu ada. Mereka tak perlu bertanya-tanya lagi dan khawatir lidahnya tidak cocok dengan produk minuman satu ini. Bahkan minuman ini memiliki segmen yang sangat luas.

“Kalau pembeli, semua kalangan. Ada anak-anak, dewasa hingga orang tua,” kata salah satu pegawai di gerai salah satu merek es teh di sekitar Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Dion.

Salah satu merek yang eksis di bisnis ini adalah merek Teh Poci yang merupakan sebuah brand bisnis milik Rekso Group, di mana layanan kemitraan Teh Poci dikelola oleh PT Poci Kreasi Mandiri.

Melansir dari laman estehpoci.com, usaha Teh Poci didirikan sejak tahun 1940-an yang mengedepankan cita rasa teh poci asli Tegal dengan kualitas yang terjamin.

Teh Poci mengunggulkan rasa dan aroma khas teh dan berkesan tradisional. Produk ini juga masih beraroma original yakni aroma melati. Bahkan saat ini, di Tegal di mana tempat berdirinya pabrik terdapat perkebunan khusus bunga melati, yakni di daerah Suradadi dan Sidoharjo.

Lambat laun, perusahaan ini berevolusi dan melakukan banyak inovasi, yakni dengan menambah cita rasa lain selain bunga melati.

Meski, sudah banyak tren minuman kekinian yang viral, tapi Teh Poci tetap eksis karena harga produknya ramah di kantong semua kalangan. Ini membuat pasarnya semakin luas, sehingga franchise Teh Poci banyak dilirik oleh para pebisnis, termasuk pebisnis pemula.

Alasan lainnya, usaha franchise  teh disebut lebih praktis dan menguntungkan, karena tidak seperti minuman kekinian lain yang butuh banyak alat dan bahan sehingga agak merepotkan. Sedangkan, Teh Poci bisa dibuat dengan mudah karena sangat sederhana.

Artinya, dengan modal yang relatif murah, dan brand yang sudah terkenal di masyarakat, pastinya membuat bara pebisnis pemula tak perlu khawatir bisnis pertama ini gagal.

Biaya Franchise Terjangkau

Kebanyakan paket usaha franchise dibanderol dengan harga yang cukup mahal, namun, Teh Poci memberikan harga yang terjangkau oleh semua kalangan.

Hal ini menjadikan usaha Teh Poci bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan utama atau sampingan oleh banyak orang. Melansir dari laman resmi Facebook ‘Mitra Teh Poci’, per Agustus 2022, tidak ada syarat khusus untuk memulai franchise Teh Poci.

Namun, Anda perlu menyiapkan biaya investasi awal senilai Rp5 juta hingga Rp10 juta, sesuai dengan paket kemitraan yang dipilih. Di mana, ada tiga paket yang tersedia, mulai dari Paket Hemat, Paket Reguler dan Paket Besar.

Dalam ketiga paket ini, Anda akan mendapatkan booth (gerobak), meja counter, gelas plastik Teh Poci 12 oz dan 16 oz, kontainer es teh, termos, teko listrik, mesin seal, plastik seal, saringan, sendok besar, centong kayu, cooler box, sedotan dan seragam baju Teh Poci.

Tak hanya itu, Teh Poci pun akan menyediakan beberapa bahan baku, seperti teh varian rasa buah (apel, mangga, jambu, anggur, jeruk), teh vanilla dan teh melati.

Letak perbedaan antara satu paket dan paket yang lainnya adalah ukuran meja, booth, dan banyaknya peralatan yang digunakan. Semakin tinggi harga paket, maka semakin besar pula ukuran meja dan booth. Termasuk semakin banyak jumlah barang atau perlengkapannya.

Melansir dari Bisnis.com, Rabu (14/6/2023) ada dua cara yang bisa dilakukan oleh calon mitra yang ingin memulai bisnis franchise Teh Poci, berikut langkah untuk mendaftar franchise Teh Poci:

Pendaftaran melalui Instagram

1. Follow akun Instagram @estehpoci
2. Kirim DM (Direct Message) berisi info data diri dengan format nama, asal kota, dan nomor WhatsApp
3. Selanjutnya, tim sales akan menghubungi Anda melalui WhatsApp pada hari kerja (Senin – Sabtu pukul 08.00-17.00) maksimal 2×24 jam
4. Kemudian, tim es poci akan menindaklanjuti dengan melakukan survey
5. Setelah disetujui, Anda bisa melanjutkan proses kemitraan
6. Paket akan di kirim ke alamat tujuan setelah ada bukti pembayaran yang sah buat pelaporan ke manajer
7. Tim Teh Poci tidak menerima pembayaran di tempat/COD.
Alasannya, karena sering terjadi pemesan hilang kontak ketika paket terkirim dan itu menghambat proses beberapa pihak.
8. Pengiriman peralatan serta perlengkapan Es Teh Poci dan training (sesuai perjanjian dengan tim Teh Poci di wilayah)
9. Untuk pembayaran hanya ke rekening perusahaan atas nama PT. Poci Kreasi Mandiri, selain pembayaran ke rekening perusahaan itu, maka itu di luar tanggung jawab tim Teh Poci

Pendaftaran melalui Facebook

1. Akses laman Facebook ‘Mitra Teh Poci’
2. Hubungi nomor di Whatsapp 082310212287
3. Nantinya, tim Teh Poci akan melakukan tindak lanjut dan survei
4. Lalu, jika disetujui, maka Anda akan melanjutkan proses kemitraan
5. Paket akan di kirim ke alamat tujuan setelah ada bukti pembayaran yang sah buat pelaporan ke manajer
6. Tim Teh Poci tidak menerima pembayaran di tempat/COD. Alasannya, karena sering terjadi pemesan hilang kontak ketika paket terkirim dan itu menghambat proses beberapa pihak.
7. Pengiriman peralatan serta perlengkapan Es Teh Poci dan training (sesuai perjanjian dengan tim Teh Poci di wilayah)
8. Untuk Pembayaran hanya ke rekening perusahaan atas nama PT. Poci Kreasi Mandiri, selain pembayaran ke rekening perusahaan itu, maka itu di luar tanggung jawab tim Teh Poci

Sistem Kerja sama Franchise Teh Poci

Berdasarkan laman Facebook Teh Poci, disebutkan sistem kerja sama franchise ini hanya dengan pembelian paket di awal. Jadi, calon mitra tidak akan mendapat pembebanan biaya untuk daftar ulang.

Selanjutnya terkait royalti fee atau pembagian hasil, tim Teh Poci menjelaskan semua keuntungan 100% sepenuhnya adalah milik mitra. Nantinya, tim customer service pusat tim Teh Poci akan membantu mitra dalam pemesanan bahan baku.

Selanjutnya, mitra pun akan mendapatkan video tutorial pembutan tehnya. Hal lain, yakni soal kewajiban mitra, di mana mitra harus secara khusus melakukan pemesanan bahan baku dari tim Teh Poci.



Menariknya, tidak ada ketentuan/ nominal pembelian bahan baku bagi para mitra. Dokumen SOP ini akan Anda dapatkan saat membeli franchise minuman. Tata-cara berjualan ini akan membantu usaha Anda jadi lebih baik, sehingga ikuti dengan teliti agar kualitas minuman yang dijual juga terjaga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya