SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan e-commerce untuk mengirimkan hampers. (Istimewa/Tokopedia).

Solopos.com, SOLO – Dalam beberapa waktu terakhir kegiatan saling kirim hampers ataupun kado menjadi tren di masyarakat. Produk minuman dalam kemasan botol menjadi produk kategori kado yang paling dicari di lokapasar atau marketplace.

Hal tersebut berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com pada Jumat (23/6/2023) dari Tokopedia. Head of Logistics Tokopedia, Stephanie Octavia, menguraikan pihaknya terus berinovasi menghadirkan berbagai kemudahan bagi masyarakat dalam mengirimkan kado hingga hampers, salah satunya melalui fitur Bagikan Alamat.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Melalui fitur pelanggan dapat mengirimkan hadiah, hampers atau berbagai produk lainnya kepada teman, keluarga dan kerabat dengan lebih mudah dan simpel. Konsumen dapat meminta atau request ke teman untuk mengirimkan alamat atau dapat langsung mengirimkan alamat yang disimpan ke teman atau pun pengguna lain dengan mudah dan simpel.

Berdasarkan data internal Tokopedia mencatat jumlah pembeli yang menggunakan fitur ini mengalami kenaikan hampir 70% pada periode Mei 2023. Kenaikan tersebut dibandingkan rata-rata tiga bulan sebelumnya. Hal ini menunjukkan semakin banyak pembeli yang memanfaatkan kemudahan dalam mengakses fitur tersebut.

“Demi meningkatkan pengalaman berbelanja yang semakin mudah dan nyaman, Tokopedia turut menyediakan fitur kirim Sebagai Hadiah. Fitur ini memudahkan pengguna menambahkan kartu ucapan dan kemasan khusus, [bungkus kado, goodie bag dan sebagainya] pada produk yang dibeli untuk kerabat, keluarga, maupun pasangan sehingga produk akan terasa lebih istimewa,” ujar Stephanie.

Produk yang sudah diaktifkan fitur kirim Sebagai Hadiah dapat ditemukan melalui banner di halaman utama aplikasi Tokopedia, kolom pencarian, dan halaman kampanye. Lebih lanjut, Stephanie menguraikan data internal Tokopedia mencatat produk minum dalam botol, hampers dan parcel buah, mainan montessori, hadiah custom dan boneka karakter sebagai produk yang populer menggunakan fitur Kirimkan Sebagai Hadiah selama periode tersebut.

Selain itu, produk perlengkapan pesta dan craft serta makanan dan minuman tercatat sebagai kategori produk yang populer menggunakan keyword hampers dan kado dalam periode yang sama. Stephanie turut memaparkan beberapa wilayah yang kerap kali menggunakan fitur Bagikan Alamat pada periode yang sama. Di antaranya adalah Sumatra Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, serta Sulawesi Selatan.

Sedangkan untuk wilayah dengan pengiriman terjauh sepanjang periode yang sama mencakup pengiriman dari Kabupaten Bandung, Jawa Barat ke Kota Jayapura, Papua. “Kami berharap melalui berbagai fitur yang dihadirkan Tokopedia, masyarakat semakin mudah memenuhi kebutuhan termasuk mengirimkan kado, hadiah atau hampers kepada orang tersayang mencakup berbagai wilayah di Indonesia dengan lebih mudah dan cepat,” tutup Stephanie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya