SOLOPOS.COM - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Partai Gerindra. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, tercatat memiliki total harta kekayaan senilai Rp2,03 triliun berdasar Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Berikut adalah delapan bisnis yang menjadi sumber kekayaan dari Prabowo Subiato.

Prabowo Subianto resmi menjabat Menhan pada 23 Oktober 2019. Prabowo memperbarui LHKPN ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 31 Maret 2022 untuk periode 2021. Dari hasil laporan terakhirnya yang dilansir dari laman resmi KPK, Prabowo tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp2.032.478.722.760 atau Rp2,03 triliun.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Adapun deretan bisnis yang menjadi sumber kekayaan dari Prabowo Subianto antara lain adalah:

1. Nusantara Energy 

Dilansir dari laman resminya, Nei.co.id, Nusantara Energy Indonesia (NEI) didirikan pada 2012. Nusantara Energi Indonesia adalah perusahaan investasi yang berbasis di Jakarta. Portofolio NEI mencakup spektrum industri yang luas seperti layanan pertambangan, transportasi laut curah, konstruksi, energi terbarukan, dan pasokan tenaga kerja.

Baca Juga: Momentum Langka Megawati dan SBY Duduk Semeja, Ini yang Dibicarakan

Bisnis dari Prabowo Subianto ini merupakan holding company yang membawahi sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang berbeda-beda. Sejumlah perusahaan yang bernaung di bawah NEI antara lain Trimata Benua, Global Makara Teknik (GMT), Ombilin Fusi Nusantara (OFN), Energi Ombilin, Trans Energy Indonesia (TEI), Solusi Daya Indonesia (SDI) dan Ombilin Power.

2. PT Tusam Hutani Lestari

PT Tusan Hutani Lestari yang bergerak di bidang perkebunan disebut sebagai perusahaan pertama yang dimiliki Prabowo Subianto. Perseroan ini berlokasi di Provinsi Aceh. Areanya meliputi kawasan pegunungan Aceh Tengah.

3. PT Tanjung Redeb Hutani

Bisnis kedua yang dimiliki Prabowo Subianto adalah PT Tanjung Redeb Hutani yang berlokasi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Ini juga perusahaan yang bergerak di bidang perhutanan dan perkebunan. Perusahaan Tanjung Redeb Hutani disebut memiliki luas perkebunan sekitar 180.330 hektare.

4. PT Kertas Nusantara

PT Kertas Nusantara yang bergerak di bidang pengolahan kertas beralamat di Kalimantan Timur. Perusahaan yang berdiri pada lahan seluas 223.500 hektare ini awalnya milik pengusaha Bob Hasan. Prabowo Subianto kemudian membeli perseroan itu dan mengganti namanya menjadi PT Kertas Nusantara.

5. PT Belantara Pusaka

Berdiri pada lahan seluas 15.610 hektare, PT Belantara Pusaka melengkapi daftar bisnis Prabowo Subianto yang bergerak di bidang perkebunan. Perusahaan ini berlokasi di Kalimantan Timur.

Baca Juga: SMRC: Suara Golkar Meroket jika Mengusung Ganjar Pranowo

6. PT Kiani Hutani Lestari

PT Kiani Hutani Lestari yang berlokasi di Kalimantan Timur merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kehutanan dan perkebunan. Perusahaan perkebunan ini memiliki luas 53.083 hektare.

7. Nusantara Kaltim Coal

Bisnis lain yang digeluti Prabowo Subianto adalah Nusantara Kaltim Coal. Ini adalah anak perusahaan Nusantara Energy yang berdiri pada 2005. Perusahaan ini disebut memiliki hak konsesi meliputi area seluas 60.000 pertambangan batu bara di Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur.

8. PT Jaladri Swadesi Nusantara

PT Jaladri Swadesi Nusantara merupakan perusahaan milik Prabowo Subianto yang bergerak di bidang perseroan penangkapan ikan. Perusahaan ini berdiri pada September 2001. Perusahaan ini disebut memiliki sebuah armada laut senilai 10 juta dolar AS, The Purse Seiner, dengan 1.331 berat GT dan panjang kurang lebih 70 meter.

Demikian informasi terkait deretan bisnis yang digeluti Prabowo Subianto. Deretan bisnis itu menjadi sumber penghasilan dari politisi senior itu hingga harta kekayaannya dilaporkan mencapai Rp2,03 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya