SOLOPOS.COM - Direktur PKU Muhammadiyah Solo, Hardiatmo, ketika ditemui di kantornya, Jumat (17/11/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Solo merayakan Milad ke-96 dengan serangkaian kegiatan untuk internal dan masyarakat umum. Selain itu, menjelang satu abad, rumah sakit milik persyarikatan Muhammadiyah itu terus berbenah.

Direktur RS PKU Muhammadiyah Solo, Mardiatmo, mengatakan sebagai amal usaha milik salah satu persyarikatan Islam terbesar di Indonesia, pihaknya mengupayakan visi berkemajuan yang identik dengan Muhammadiyah juga diterapkan di rumah sakit. “Visi Muhammadiyah itu sendiri itu berkemajuan, nah dari visi itu kita harus lebih membumikan dengan menuju smart hospital atau rumah sakit yang smart,” kata dia kepada Solopos.com ketika ditemui di kantornya, Jumat (17/11/2023).

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Menurutnya untuk menuju dan mewujudkan smart hospital harus memperbaiki mutu pelayanan. Dia mengatakan paling tidak terdapat empat pelayanan yang selalu ditingkatkan yakni pelayanan medis, keperawatan, umum dan administrasi.

Untuk pelayanan medis dan keperawatan sudah memiliki standar yang tinggi. Hal itu terbukti dengan adanya akreditasi internasional yang diraih sejak 2020 lalu. “Artinya pelayanan perawatan dan medis kita sudah sesuai,” kata dia.

Sedangkan saat ini pelayanan umum dan administrasi menjadi prioritas utama untuk diperbaiki. Salah satu bentuk konkret pelayanannya seperti fasilitas parkir yang mudah dan pelayanan administrasi yang sederhana.

“Misal sekarang pasien bisa mendaftar dari rumah, bisa dengan pasien umum, asuransi, atau BPJS [Badan Penyelenggara Jaminan Sosial]. Jadi kita tidak membedakan antara pasien BPJS dan umum, semua dilayani sama,” kata dia. Selain itu, sebagai bentuk rasa syukur RS PKU Muhammadiyah yang sudah melayani masyarakat lebih dari sembilan dekade, pihaknya juga menyelenggarakan serangkaian acara sosial.

Ketua Panitia Milad PKU Muhammadiyah Solo Ke-96, Wahyuningtyas Rahayu, mengatakan puncak acara Milad bakal dilaksanakan pada Minggu (19/11/2023) dengan konsep Kampung PKU di Car Free Day (CFD) Slamet Riyadi Solo. Dia mengatakan dalam acara itu bakal ada 12 tenant yang diisi oleh dokter spesialis.

“Jadi nanti ada gratis konsultasi ke dokter spesialis kita, nanti ada penyakit dalam, bedah, anak, kebidanan dan kandungan, kulit, gigi dan mulut, jantung, paru, THT, mata, syaraf, dan umum,” kata dia.

Dia mengatakan seluruh masyarakat umum dan pengunjung CFD bisa hadir dan konsultasi gratis ke dokter spesialis. “Mumpung dokter spesialis pada turun ke lapangan,” kata dia.

Selain itu, terdapat acara lain seperti pemberian bantuan ke Panti Jompo Aisyiyah Sumber, Penyuluhan Kesehatan di beberapa ponpes area Solo dan sekitarnya yang telah terlaksana di bulan ini, dilaksanakannya donor darah pada Sabtu (18/11/2023) di RS PKU Muhammadiyah Solo. Lalu pada hari yang sama terdapat kunjungan ke panti asuhan Muhammadiyah bekerja sama dengan LazisMu KL PKU Solo.

Lalu pada Minggu (26/11/202) masih terdapat kegiatan Senam Asma Soloraya bekerja sama dengan Yayasan Asma Indonesia (YAI) di Taman Parkir PKU Muhammadiyah. Dilanjutkan pada Minggu (3/12/2023) pengajian akbar dalam rangka Milad Muhammadiyah ke-111 dan Milad RS PKU Muhammadiyah Solo ke-96 yang rencananya akan dihadiri oleh lebih dari 3000-an peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya