SOLOPOS.COM - Penyanyi Vina Panduwinata di hari terakhir perayaan Hari Batik Nasional bertajuk BNI Solo Batik Music Festival (SBMF) 2023, Senin (2/10/2023). (Solopos.com/ Gigih Windar Pratama).

Solopos.com, SOLO — Agenda perayaan Hari Batik Nasional bertajuk BNI Solo Batik Music Festival (SBMF) 2023 di Pamedan Pura Mangkunegaran ditutup meriah, Senin (2/10/2023).

Penonton yang hadir baik menuju booth usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ataupun yang menyaksikan penampilan guest star nampak penuh dan ramai.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Bertepatan dengan Hari Batik Nasional yang jatuh tepat hari ini, Senin, Pamedan Pura Mangkunegaran dipenuhi oleh pengunjung yang menggunakan batik. Bahkan, banyak dari mereka yang baru saja pulang dari kantor, langsung menuju Pura Mangkunegaran.

Pengunjung mulai ramai sejak pukul 18.30 WIB, dan langsung berdatangan menuju booth kuliner yang menyajikan makanan yang beragam, mulai dari leker, nasi tumpeng hingga takoyaki.

Vina Panduwinata
Kemeriahan hari terakhir perayaan Hari Batik Nasional bertajuk BNI Solo Batik Music Festival (SBMF) 2023, Senin (2/10/2023). (Solopos.com/ Gigih Windar Pratama).

Sembari menunggu penampilan dari musisi yang tampil malam itu, mereka makan di meja-meja yang tersedia di sekitar Pamedan Pura Mangkunegaran.

Musisi asal Solo, Genk Kobra langsung mencuri perhatian para pengunjung lewat tembang-tembang andalannnya seperti Ngayogjokarto, Ning Nong Ning Gung, hingga Sepur Kluthuk.

Menampilkan tembang Bahasa Jawa, para penonton langsung ikut bernyanyi lantang dan ikut bergoyang dengan irama dari Genk Kobra yang memang easy listening.

Selepas Genk Kobra, tampil musisi legendaris Indonesia, Vina Panduwinata yang tampil bersama F.I.E.R.Y dan Cadenza Orchestra.

Mengenakan blazer panjang batik berwarna hitam, dengan gambar pulau Indonesia di bagian belakang, Vina membawa penonton bernyanyi.

Menariknya, mereka yang ikut bernyanyi berusia jauh lebih muda dibandingkan lagu-lagu yang dibawakan seperti Di Dadaku Ada Kamu, Surat Cinta, Cinta, hingga September Ceria.

Idgitaf kemudian tampil tidak lama berselang, tampil anggun dengan batik berwarna biru dan hijau, berbalut blazer putih. Ia langsung mengajak penonton yang hadir langsung bernyanyi.

Energi Idgitaf di atas panggung juga sangat terasa, gerakannya lincah dan mengajak yang hadir ikut bergerak mengikuti irama.

Musisi bernama lengkap Brigitta Sriulina Beru Meliala ini tampil membawakan lagu-lagu andalannya seperti Terpikat Senyummu, Takut, Satu-satu hingga Sekuat Sesakit. Penonton yang hadir ikut terlarut bahkan seolah terseret tema lagu yang dibawakan.

Salah satu penonton yang hadir di hari terakhir BNI Solo Batik Music Festival 2023, Karoline Bella, 23, berharap acara ini bisa menjadi agenda rutin tiap tahun atau bahkan dua tahun sekali.

Menurutnya, sajian musisi yang ditampilkan berbeda dibandingkan festival musik lainnya.

“Saya suka bintang tamu yang datang hari ini, terutama Idgitaf karena berharap dia datang ke Solo dari tahun lalu. Ya semoga acaranya bisa digelar setahun sekali atau dua tahun sekali, dengan bintang tamu yang lebih keren dan konsep acara yang bisa lebih meriah,” ucapnya.

Harapan serupa juga dikatakan Anindya Kusumawardhani, 24. Acara BNI Solo Batik Music Festival 2023 menurutnya sangat sukses digelar. Terbukti dari banyaknya penonton di hari terakhir acara yang notabenenya adalah hari kerja.

“Acaranya sukses dan keren banget, padahal ini hari Senin, ya masih banyak yang dateng karena memang acaranya bagus dan dikemas menarik. Penampilan artisnya enggak mengecewakan, lokasinya juga enak dan nyaman karena enggak panas tapi juga enggak dingin. Tempatnya rapi dan juga bersih sepanjang acara,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya