SOLOPOS.COM - Pintu Gerbang Kedatangan Domestik di Bandara Adi Soemarmo yang berada di bawah naungan Angkasa Pura I, Senin (10/4/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo memastikan aktivitas erupsi Gunung Merapi yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir tidak berdampak pada aktivitas penerbangan di bandara tersebut, Kamis (1/2/2024).

Diketahui, aktivitas Gunung Merapi yang terjadi sejak, Minggu (21/1/2024), telah menimbulkan hujan abu di beberapa daerah sekitar gunung tersebut, seperti di Jogja, Magelang, Klaten, dan Boyolali.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Erick Rofiq Nurdin, mengatakan terkait hal itu Bandara Adi Soemarmo sebagai salah satu bandara yang dekat dengan kawasan Gunung Merapi senantiasa melakukan pemantauan aktivitas erupsi Merapi.

Pihak bandara juga setiap saat melakukan uji abu vulkanik di area bandara.

Dari hasil uji abu vulkanik tersebut dia menegaskan erupsi Merapi yang hingga saat ini masih terus berlangsung tidak berdampak pada operasional Bandara Adi Soemarmo. Disebutkan juga penerbangan di bandara itu tetap berjalan sesuai jadwal.

“Demi alasan keselamatan layanan penerbangan di Bandara Adi Soemarmo, kami secara berkala melakukan pengecekan uji abu vulkanik erupsi Merapi dengan menggunakan paper test, dan Alhamdulillah sampai dengan saat ini hasilnya negatif,” jelas Erick dalam rilis, Kamis (1/2/2024).

Erick menjelaskan secara garis besar paper test merupakan pengujian secara kasat mata untuk mengetahui ada tidaknya abu vulkanik melalui media kertas putih. Paper test di Bandara Adi Soemarmo dilaksanakan di area pendaratan pesawat.

Hal ini untuk memastikan tidak adanya partikel abu vulkanik yang dapat mengganggu pergerakan pesawat di udara.

Selain itu, pihaknya juga terus memantau perkembangan erupsi Gunung Merapi melalui Laporan Aktivitas Gunung Api yang diterbitkan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Kementerian ESDM secara berkala.

Menurutnya pihak bandara juga senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan berkomitmen memastikan keandalahan seluruh fasilitas di Bandar Udara Adi Soemarmo, sehingga keamanan, kenyamanan dan keselamatan para pengguna jasa senantiasa terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya