SOLOPOS.COM - Gubenur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo meninjau sejumlah stan UMKM dalam perayaan Hari UMKM Nasional 2023 di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, pada Sabtu (12/8/2023) malam. (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO — Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki bersama Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo meninjau tenant ribuan UMKM di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo pada Sabtu (12/8/2023) malam.

Hadir juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang tampak menemani mereka. Peninjauan stand UMKM tersebut selesai sekitar pukul 22.40 WIB. Para pelaku UMKM juga terlihat antusias dalam berinteraksi dan menjelaskan produknya.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Dalam kesempatan tersebut calon presiden (capres) yang diusung PDIP ini mengatakan bahwa produk yang dihadirkan berkualitas bagus. Bisa diartikan, lanjut Ganjar, bahwa UMKM di sana telah naik kelas.

Hal ini menunjukkan kurasi produk yang dilakukan cukup berhasil. Tinggal bagaimana mencarikan pasar lebih luas bagi pelaku UMKM tersebut, termasuk menyediakan beragam pelatihan digital.

Ganjar juga membeli sepatu seharga Rp350.000 buatan warga Semarang. Selain itu, Ganjar juga membeli batik, dan produk lainnya.

Saat disinggung mengenai belum adanya pertemuannya dengan Relawan Gibran, Ganjar menyebut dirinya berniat ingin bertemu. Namun harus dengan izin putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Oh ya ada ya, mau-mau [bertemu]. Ya belum [bertemu], kalau relawannya enggak mau ketemu gimana. [Agenda pertemuan] nanti izin Mas Gibran dulu,” kata Ganjar dalam kesempatan tersebut.

Sementara itu, dalam puncak perayaan Hari UMKM Nasional 2023, juga dilakukan pemberian penghargaan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden Jokowi yang disematkan oleh Menkop UKM. Penghargaan ini diberikan kepada tokoh yang memiliki jasa terhadap negara dalam pengembangan UMKM.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Wakil Gubernur D.I Yogyakarta Kanjeng, Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X, Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Iskandar, Bupati Kuningan, Acep Purnama, Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin, dan Ketua Koperasi Wanita Lingga Binangkit Kabupaten Garut, Siti Maryam.

Teten menjelaskan alasan Kota Solo dipilih sebagai tuan rumah puncak perayaan Hari UMKM Nasional tahun ini sebab hampir 100% ekonomi Kota Solo ditopang oleh UMKM.

“Saya kira banyak produk dari Solo yang sangat baik. Dan kami hadirkan bukan hanya pelakunya tapi juga hadirkan ekosistem kelembagaan, pembayaran platform digital,” pungkas Teten.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya