SOLOPOS.COM - Ilustrasi penjual beras. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan hilirisasi pertanian akan memberi dampak positif bagi kesejahteraan petani. Hal ini juga merupakan langkah krusial yang harus dilakukan karena akan menekan impor.

“Hilirisasi di bidang pertanian menjadi langkah krusial dalam meningkatkan nilai tambah produk, menekan impor, serta membuka peluang ekonomi baru bagi petani dan industri terkait,” kata Amran usai melakukan panen jagung bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kelurahan Brang Biji, Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kamis (2/5/2024).

Promosi Telin & BW Digital Berkolaborasi Percepat Konektivitas di Wilayah RI-Australia

Mentan Amran menyampaikan hilirisasi akan memberi dampak positif bagi kesejahteraan petani. Langkah itu diharapkan dapat mengurangi fluktuasi harga yang sering menjadi masalah di sektor pertanian, khususnya saat musim panen raya tiba.

Menurutnya, hilirisasi juga merupakan langkah strategis yang harus dipercepat, terutama untuk komoditas seperti jagung yang memiliki potensi besar dalam mendukung perekonomian nasional.

“Kuncinya semua harus terlibat dan sinergi, kami optimis, jika semua bergerak, ini bisa kita lakukan secara maksimal,” kata Mentan Amran dalam keterangan di Jakarta.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan panen raya jagung secara simbolis di lahan pertanian di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Presiden Jokowi menekankan pentingnya hilirisasi sebagai langkah strategis agar harga jagung ditingkat petani lebih stabil.

Hal ini menyusul banyaknya petani yang mengeluh harga jagung anjlok saat Presiden Jokowi dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meninjau panen raya jagung di Kabupaten Sumbawa. Di sana, Presiden Jokowi mendapat informasi harga jagung turun hingga menyentuh angka Rp4.200 per kilogram.

Jokowi mengungkapkan bahwa hilirisasi, atau peningkatan nilai tambah melalui pengolahan lebih lanjut, adalah kunci untuk memastikan harga jagung tetap stabil dan menguntungkan bagi petani.

Kepala Negara juga mendorong agar memperbanyak inisiatif hilirisasi di sektor pertanian. Misalnya dengan mengolah jagung menjadi berbagai produk turunan, tidak hanya memperluas pasar, upaya ini juga dipastikan memberi nilai tambah yang lebih besar untuk petani.

“Inilah yang tadi saya sampaikan dengan Pak Menteri Pertanian, dengan Pak Menteri Perdagangan memang industrinya itu harus mendekati lahan lahan jagung yang ada, sehingga bisa menjadi pakan ternak, bisa menjadi minyak goreng jagung, ini yang namanya hilirisasi” ungkap Presiden Jokowi sebagaimana dilansir Antara.

Upaya hilirisasi dengan mendekatkan industri kepada sentra-sentra produksi jagung misalnya, kata Presiden Jokowi bisa menjadi solusi untuk menekan biaya transportasi yang cukup tinggi di Indonesia.

“Memang ini yang akan terus kita dorong sehingga harga itu bisa lebih stabil kalau ada industri harga akan lebih stabil, tapi kalau jauh, dari sini harus dibawa ke Jawa ya memang cost-nya memakan banyak di-transport,” terang Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya