SOLOPOS.COM - Coach DSC Season 14, Founder PT Sari Kreasi Boga Tbk, Nilam Sari (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Ide-ide kreatif dan inovatif anak muda akan menjadi motor penggerak ekonomi bangsa. Salah satu perwujudan ide kreatif dan inovatif tersebut terlihat pada 29.780 pendaftar ajang dan ekosistem kewirausahaan Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14 yang meningkat 420% sejak 10 tahun lalu.

Ketua Dewan Komisioner DSC, Surjanto Yasaputera mengatakan, pada 2023 kenaikan jumlah peserta mencapai 26% menjadi 29.780 peserta dari tahun 2022 yang lalu mencapai 23.567 peserta.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

“Dari Sabang sampai Merauke dijelajahi melalui roadshow DSC ke 34 kota di Indonesia. Upaya ini sukses besar dengan berhasil menjaring partisipasi sebanyak 29.780 peserta, membuktikan antusiasme dan potensi kewirausahaan yang luar biasa di Tanah Air,” ujar Surjanto dalam keterangan keterangan tertulis.

Upaya yang dilakukan oleh DSC saat ini telah menjadi sebuah gerakan (movement) kewirausahaan yang solid dengan ekosistem lengkap.

“Dalam menilai seorang entrepreneur, DSC mempunyai prinsip 3P yakni paham, piawai, persona dengan kolaborasi berbagai pihak yang bertujuan sama dalam pengembangan dan pertumbuhan kewirausahaan di Indonesia. Kemudian DSC juga mengadopsi 5P yaitu profit, people, planet, prosperity, peace, dan partnership sebagai nilai-nilai keberlanjutan dalam perjalanannya menjadi SDGs center dalam mengatasi tantangan sosial, ekonomi, dan lingkungan melalui solusi yang inovatif dan berkelanjutan,” papar Surjanto.

Selama empat bulan sejak Mei hingga September, DSC melakukan roadshow ke-34 kota di Indonesia. Tiga besar bisnis yang mendaftar adalah makanan dan minuman kemasan sebesar 6.763 atau 38,5%, kemudian kategori makanan dan minuman restoran sebesar 1.605 atau 9,1%, lalu industri kreatif – pakaian jadi sebesar 1.249 atau 7,1%.

Selama masa roadshow ini terlihat bahwa 62,3% pendaftar berusia 18-45 tahun atau usia produktif yang menunjukkan minat anak muda untuk menjadi seorang entrepreneur.

Di antara para peserta yang mendaftar tersebut, sebanyak 66,7% mendaftarkan bisnisnya yang saat ini sudah berjalan, dan 33,3% mendaftarkan ide bisnisnya.

Coach DSC Season 14 yang juga Founder PT Sari Kreasi Boga Tbk, Nilam Sari menyambut baik antusiasme para pendaftar tersebut. Sebagai seorang womenpreneur, Nilam mendorong agar semua calon entrepreneur tidak takut untuk memulai bisnisnya. Menurutnya semua orang bisa mempunyai usaha, tak terkecuali seorang wanita.

“Persentase pendaftar wanita pada 2023 ini sudah hampir sama dengan laki-laki yaitu 49%. Membuktikan bahwa gender saat ini tidak menjadi hambatan bagi siapapun untuk berbisnis,” ujarnya.

Kolaborasi dan Ekosistem

Guest Coach DSC Season 14, Co-Founder Mbloc Space, Handoko Hendroyono mengatakan pentingnya kolaborasi dengan pihak terkait seperti pemerintah, swasta, akademisi, media, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat membantu eksistensi para entrepreneur.

Upaya yang dilakukan oleh DSC ini juga mendorong para UMKM untuk naik kelas. Mengutip data dari dari Kementerian Koperasi dan UKM dan Asosiasi UMKM Indonesia, usaha menengah di Indonesia baru sekitar 60.700 dari total 64,2 juta UMKM. Dengan semakin banyak UMKM yang berhasil dan naik kelas menjadi Usaha Kecil Menengah (UKM), cita-cita Indonesia menjadi negara maju akan segera terwujud.

“Produk Indonesia yang mempunyai potensi besar dari berbagai daerah akan mempunyai taring di pasar global dan berkontribusi pada ekspor Indonesia,” tuturnya.

Setelah proses kurasi, DSC Season 14 akan mengumumkan Top 1.000 challengers yang dapat melaju ke tahap selanjutnya. Mereka juga akan lebih dekat meraih hibah modal usaha total Rp2,5 miliar, pendampingan berkelanjutan dari coach bisnis profesional, serta bergabung dalam jejaring wirausaha Diplomat Entrepreneur Network (DEN).

Update tentang DSC Season 14 bisa diikuti di lini masa media sosial Instagram@diplomatsukses, FacebookWismilak Diplomat, Twitter@diplomat_sukses, dan situs www.diplomatsukses.com.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya