SOLOPOS.COM - Salah satu gambaran interior kereta wisata (Istimewa/kaiwisata.id)

Solopos.com, SOLO – Mungkin Anda ingin melakukan perjalanan atau liburan dengan sensasi berbeda menggunakan kereta api (KA) wisata, namun cek dulu harga sewanya.

PT Kereta Api Pariwisata adalah anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama dengan PT Kereta Commuter Indonesia, PT Railink, PT Reska Multi Usaha, PT kereta Api Properti Management, dan PT Kereta Api Logistik.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Didirikan pada 2009, PT Kereta Api Pariwisata diakui sebagai salah satu pelopor pariwisata berbasis kereta api di Indonesia.

Produk jasa/layanan yang ditawarkan meliputi paket-paket wisata menggunakan kereta api sebagai transportasi utama didukung dengan angkutan lanjutan, serta layanan penunjangnya seperti ticketing domestik dan internasional, membuat paket wisata baik bagi individu maupun kelompok, akomodasi, pengurusan dokumen perjalanan  seperti paspor, visa, asuransi, dan lain-lain.

Mengutp dari kawisata.id dan sumber-sumber lain, Senin (4/9/2023) ada beragam tipe dan harga sewa KA Wisata yang ditawarkan PT Kereta Api Pariwisata.

KA Wisata ini bisa digunakan wisatawan yang ingin menikmati layanan seperti hotel berbintang lima saat menaiki kereta api. Gerbong KA Wisata ini biasanya dirangkaikan pada KA regular, seperti Argo Bromo, Argo Parahyangan, Argo Lawu, Dwipangga, Argo Muria, Argo Gede, Bima, dan Sembrani. Berikut sejumlah tipe KA Wisata:

1.Kereta Wisata Bali.

KA Wisata ini sesuai namanya interiornya bernuansa Bali. Didesain secara cantik dan apik dengan bubuhan ukiran serta lukisan yang bernuansakan Pulau Dewata. Kpaasitas, 20 tempat duduk, ruang utama, mini Bar, VVIP Room, karaoke, toilet ekslusif.

2. Kereta Wisata Imperial

KA Wisata ini memiliki tempat duduk yang dapat direbahkan hingga 135 derajat (reclining seat), sandaran kepala (head rest) dan sandaran kaki (leg rest) fleksibel serta power soket. Kapasitas 20 tempat duduk, mini bar, karaoke, TV layar lebar (Big Screen), bagasi 20 kg, hingga toilet eksklusif

3. Kereta Wisata Nusantara

KA Wisata tipe ini memiliki desain interior dan segala pernak-perniknya yang menggambarkan seni dan keindahan dari berbagai pelosok pulau di nusantara. Kapasitas 19 tempat duduk, balkon, ruang utama dengan karaoke, mini bar, kamar tidur (kapasitas 2 orang dewasa) dan toilet eksklusif.

4. Kereta Wisata Jawa

Selain pernak-pernik nuansa Jawa, ruang utama dilengkapi dengan karaoke, tersedia ruang serbaguna untuk tempat meeting atau meja makan keluarga. Dilengkapi kamar tidur kapasitas 2 orang dewasa, kapasitas 20 tempat duduk, dan ruang bagasi.

5. Kereta Wisata Priority

KA Wisata ini memiliki kapasita 30 tempat duduk dengan LCD TV layar sentuh pada tiap kursi. Ada power socket di sebelah kursi dan lampu baca pada atap kursi. Kenyamanan kursi ergonomis dan ruang kaki yang lapang. Penumpang juga bisa juga ngobrol santai di ruang mini bar.

6. Kereta wisata Toraja

Seperti halnya KA Wisata Bali, fasilitas yang diberikan di Kereta Wisata Toraja tak jauh berbeda. Hanya lebih menonjolkan sisi kekayaan budaya Toraja, dan terdapat beberapa jenis ukiran dan lukisan khas.

7. Kereta Wisata Sumatera

KA wisata ini menonjolkan seni dan keindahan budaya Sumatera, Kapasitan 22 tempat duduk, ruang utama yang dilengkapi dengan karaoke, ruang privat untuk menonton film, mini bar bersebelahan dengan ruang serba guna.

Lantas berapa harga sewa kereta wisata?

Harga sewa kereta wisata cukup beragam tergantung tipe dan rutenya. Berikut gambaran harga sewa kereta wisata untuk sejumlah rute tertentu:

Jakarta-Cirebon

Kereta Wisata Priority: Rp28 juta
Kereta Wisata Non Priority: Rp26,5 juta

Jakarta-Semarang

Kereta Wisata Priority: Rp33,5 juta
Kereta Wisata Non Priority: Rp32 juta

Jakarta-Yogyakarta

Kereta Wisata Priority: Rp35 juta
Kereta Wisata Non Priority: Rp33,5 juta

Jakarta-Surabaya

Kereta Wisata Priority: Rp39,5 juta
Kereta Wisata Non Priority: Rp 37 juta

Jakarta-Malang



Kereta Wisata Priority: Rp43 juta
Kereta Wisata Non Priority: Rp42 juta

Untuk penyewaan satu gerbong kereta wisata dengan biaya tersebut, bisa diisi paling sedikit satu orang hingga batas maksimal kursi sesuai tipe kereta.

Sementara bagi Anda yang ingin melakukan pemesanan, Kereta Wisata Priority bisa dibeli melalui aplikasi KAI Access. Sementara, penyewaan satu gerbong harus dipesan langsung melalui konter KAI Wisata yang ada di Jakarta, Bandung, Surabaya, atau melalui media sosial KAI Wisata.

Itulah itulah tentang harga sewa kereta wisata yang Anda jadikan pilihan untuk melakukan perjalanan atau liburan, biar serasa sultan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya