SOLOPOS.COM - PT PLN (Persero) menyerahkan penghargaan bagi pemenang PLN Journalist Award 2022 bertema Transisi Energi Dorong Pemanfaatan Energi Ramah Lingkungan di PLN Kantor Pusat, Jakarta, Selasa (20/6/2023). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — PT PLN (Persero) menyerahkan penghargaan bagi pemenang PLN Journalist Award 2022 bertema Transisi Energi Dorong Pemanfaatan Energi Ramah Lingkungan.

Sebanyak 24 karya jurnalistik terbaik terpilih dari total 1.003 karya yang ikut serta dalam ajang tersebut.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Tampil sebagai pemenang dari Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta (DIY) adalah Siti Masudah Isnawati dari Suara Merdeka yang menyabet juara 1 Feature Media Online terbaik dan Nurhadi Sucahyo dari VOA Indonesia yang meraih juara 3 Hard News Media Online terbaik.

Penghargaan diserahkan langsung Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo kepada para pemenang di PLN Kantor Pusat, Jakarta, Selasa (20/6/2023).

Darmawan mengatakan, apresiasi ini merupakan bukti kekompakan, kebersamaan, dan semangat kekeluargaan yang dibangun antara PLN dan insan jurnalis di seluruh Indonesia.

Menurutnya, selama ini kolaborasi PLN dan awak media terus berjalan, juga banyak membantu perseroan dalam menyampaikan informasi, memberikan edukasi, meluruskan fakta–fakta dalam menyampaikan segala hal terkait ketenagalistrikan pada masyarakat Indonesia.

“Saya begitu mengapresiasi adanya komunikasi antara insan pers dengan PLN. Dengan adanya kolaborasi ini, informasi terkait kerja keras yang dilakukan PLN bisa diterima masyarakat,” ucap Darmawan dalam keterangan tertulisnya.

Darmawan menambahkan, dulu, hubungan PLN dengan insan pers masih bersifat satu arah, pasif dan kaku. Namun, dengan perubahan cara pandang proses komunikasi yang dilakukan PLN, terbangun silaturahmi yang kuat dengan jurnalis, serta terjalin hubungan yang bersifat dua arah, interaktif dan cair.

“Sebelumnya, isu PLN kebanyakan terkait mati lampu, rugi, dan layanan lambat. Banyak informasi positif tenggelam, tak tersampaikan. Kini, melalui kolaborasi yang apik, berbagai informasi positif bermunculan, tersampaikan dengan lugas. Jendela media dipenuhi update informasi mulai dari program transformasi, capaian korporasi, transisi energi, hingga upaya PLN melistriki daerah terpencil,” tutur Darmawan.

Hal ini juga terbukti dengan meningkatnya karya yang mengikuti PLN Journalist Award dari tahun ke tahun. Pada tahun 2020, total karya yang ikut serta hanya 406 karya, meningkat menjadi 1.003 karya pada 2022.

PLN Journalist Award 2022, melibatkan dewan juri yang berkompeten di bidangnya, yakni Direktur Pemberitaan Tempo Budi Setyarso, Direktur Pemberitaan Metro TV Arief Suditomo, Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho, Pemimpin Redaksi CNN Indonesia Titin Rosmasari, Fotografer Senior Oscar Motuloh, dan Chief Photographer at Associated Press Jakarta Bureau Dita Alangkara.

Perwakilan Dewan Juri PLN Journalist Award 2022, Titin Rosmasari mengatakan komitmen PLN untuk melibatkan dan mengikutsertakan juga mengajak kolaborasi media mainstream merupakan sebuah langkah yang penting.

“Saya memberikan highlight kepada PLN. Dengan banyaknya content creator dan lainnya, media mainstream masih relevan menjadi rekan kolaborasi bagi PLN,” Jelas Titin.

Dia juga memberikan apresiasi kepada seluruh insan media atas ketertarikan untuk mengikuti kompetisi dengan tema yang sedang menjadi program PLN.

“Tema yang dibahas memang tema yang menjadi isu yang saat ini sangat penting untuk disosialisasikan. Bagaimana media itu yang meresonansi dan menarasikan kampanye PLN tentu menjadi nilai yang penting, karena apapun kebijakan PLN kalau sebelumnya dengan bahasa yang tidak mudah dipahami masyarakat itu juga tidak produktif. Semoga event ini dapat terus diadakan dengan lebih baik lagi,” ujar Titin.

Turut hadir dalam event tersebut, M. Soffin Hadi, General Manager PLN UID Jawa Tengah dan DIY.

“Selamat kepada Siti Masudah Isnawati, Nurhadi Sucahyo, serta seluruh pemenang dan partisipan PLN Journalist Award. Prestasi ini merupakan bukti komitmen dan dedikasi mereka dalam menyampaikan informasi mengenai transisi energi dan pemanfaatan energi ramah lingkungan. Kami bangga dapat bekerja sama dengan insan jurnalis yang membantu PLN dalam menyampaikan pesan-pesan penting kepada masyarakat. Semoga kolaborasi ini terus berlanjut dan semakin menghasilkan karya-karya jurnalistik yang bermanfaat,” ujar Soffin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya