SOLOPOS.COM - Kepala Terminal Tirtonadi, Bandiyono, di tengah-tengah Kegiatan Jumat Bersih Terminal Tipe A Tirtonadi, Jumat (15/9/2023). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama).

Solopos.com, SOLO — Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Jawa Tengah mengadakan kegiatan Jumat Bersih Terminal Tipe A Tirtonadi, Jumat (15/9/2023).

Kegiatan Jumat Bersih bertajuk Gatotkaca Kembar Resik-resik Tirtonadi ini menghadirkan dua unit mobil penyemprot air dari Dinas Pemadam Kebakaran Solo.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono, saat dijumpai di sela-sela acara, Jumat (15/9/2023), mengatakan kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap pekan.

Namun, kali ini lebih spesial karena bertepatan dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional. “Kegiatan Jumat Bersih ini sebenarnya rutin kita laksanakan. Tetapi, memang kali ini cukup spesial lantaran kita laksanakan untuk peringatan Hari Perhubungan Nasional,” ujarnya.

Fokus kegiatan tersebut, kata Bandiyono, berupa pembersihan shelter dan pengendapan bus sisi timur.

Ia mengatakan, pengendapan sisi timur banyak terdapat tumpahan minyak oli, dan solar, sehingga perlu disemprot dengan air bertekanan tinggi untuk membersihkannya.

Selain itu, kegiatan juga bertujuan untuk menghilangkan kesan jorok pada Terminal. “Karenanya kami kerja sama dengan Dinas Damkar Kota Surakarta, karena bekas minyak dan solar ini kan bandel banget, meskipun disikat, harus disemprot dengan air, yang tekanannya besar,” imbuh Bandiyono.

Selain Damkar, pihak Terminal Tirtonadi juga menghadirkan dua tokoh pewayangan yakni Gatotkaca Kembar. Bandiyono berharap seluruh peserta menjiwai filosofi Gatotkaca, yakni kuat dan bersemangat.

“Gatotkaca Kembar ini kami hadirkan bukan sebagai pemanis, melainkan kita memberikan sentuhan budaya karena lokus kita ada di Kota Solo, dan kita berharap semua peserta menjiwai tokoh Gatotkaca yang tangkas, kuat, dan bertanggungjawab, sesuai dengan lima citra perhubungan, sebagai pedoman semua insan Perhubungan di Indonesia,” Kata dia.

Dalam kegiatan ini, mereka melibatkan ratusan orang. Baik dari Karyawan Terminal dan anggota komunitas yang ada di Terminal Tirtonadi ikut ambil bagian dalam pelaksanaan Jumat bersih.

Mereka membersihkan bagian pintu timur tempat bus biasa berhenti untuk beristirahat selama dua jam, mulai pukul 09.00-11.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya