SOLOPOS.COM - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan pemaparan saat acara Partner Summit di Hotel JW Marriot, Jakarta, Selasa (26/9/2023). (Istimewa).

Solopos.com, SOLO – Gurita bisnis Erick Thohir menjadi sorotan seusai namanya masuk dalam daftar calon wakil presiden yang akan mendampingi calon presiden (Capres) Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 mendatang.

Sebagai Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) 2023-2027. Erick Thohir masuk dalam peta persaingan petinggi badan sepak bola nasional tersebut menggantikan Mochamad Iriawan (Iwan Bule) yang menjabat untuk periode 2019-2023.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Erick Thohir sendiri merupakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pengusaha di berbagai sektor industri yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia olahraga Indonesia hingga internasional. Dalam bidang olahraga, ia diketahui memiliki saham di sejumlah klub dari basket hingga sepak bola.

Mengutip dari IDXChannel dan sumber lainnya, Jumat (20/10/2023), ada gurita bisnis Erick Thohir yang menjadi sumber kekayaannya.

Erick Thohir merupakan salah satu menteri yang juga aktif berkecimpung dalam dunia bisnis. Tidak mengherankan jika kekayaannya melimpah ruah. Berdasarkan data LHKPN KPK 31 Maret 2022, kekayaan Erick Thohir tercatat mencapai Rp2.319.242.458.655 (Rp2,3 triliun). Kekayaan tersebut diperolehnya dari pekerjaannya sebagai Menteri BUMN dan sejumlah gurita bisnis yang dijalankannya.

Beberapa gurita bisnis Erick Thohir antara lain sebagai berikut:

1. Klub Olahraga

Lahir di keluarga pebisnis membuat Erick Thohir memiliki jiwa bisnis yang mumpuni. Salah satu bisnis yang dijalankannya bergerak di sektor olahraga. Ia mengawali kiprahnya di dunia olahraga ini dengan menggeluti basket. Ia pun sempat dipercaya menjadi Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) 2004-2006.

SeIa pun sempat dipercaya memegang jabatan bergengsi sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) selama tiga periode dengan jabatan terakhirnya pada 2014-2019.

Pengalamannya di bidang olahraga ini juga membuatnya melebarkan sayap bisnisnya dengan berinvestasi di sektor ini. Erick Thohir diketahui memiliki saham di klub NBA yakni Philadelphia 76ers. Ia juga sempat memiliki saham di klub internasional Inter Milan dan D.C United. Meski demikian, saham di kedua klub tersebut akhirnya dijual.

Seusai melepaskan sahamnya di kedua klub bola tersebut, Erick Thohir kembali membeli saham klub sepak bola Oxford United pada November 2018. Ia mengakuisisi 51 persen saham klub bola tersebut. Di liga Indonesia, Erick juga memiliki saham klub sepak bola Persis Solo bersama Kaesang Pangarep.

2. Perusahaan Media

Gurita bisnis Erick Thohir juga bergerak di bidang media. Ia adalah pendiri dari Mahaka Group yang bergerak di bidang media cetak, media online, televisi, dan radio. Mahaka Group ini juga memiliki lini bisnis bisnis advertising yang menyediakan jasa layanan periklanan.

Mahaka Group juga menaungi perusahaan media PT Republika Media Mandiri yang memproduksi sejumlah media cetak dan online seperti harian Republika dan Republika Online. Selain itu, ia juga memiliki 5-% saham dari salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia yakni JAK TV.

3. Bisnis Kuliner

Perusahaan keluarga Erick Thohir yang berada di bawah naungan PT Trinugraha Thohir (TNT) juga memiliki lini bisnis di bidang kuliner. Beberapa restoran yang berada di bawah kepemilikan keluarga Erick Thohir ini antara lain restoran Hanamasa, Pronto Restaurant, dan Yakun Kaya Toast.

4. Event Organizer

Mahaka Group milik Erick Thohir berhasil mengakuisisi 80 persen saham Alive! Indonesia. Perusahaan ini merupakan perusahaan layanan brand activation, creative agency, dan event organizer. Perusahaan ini diketahui telah menangani beberapa event besar di Indonesia.

Itulah sejumla hgurita bisnis Erick Thohir yang berhasil membuatnya kaya raya. Dengan deretan bisnis yang dimilikinya itu, Erick Thohir berhasil memiliki kekayaan mencapai Rp2,3 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya