SOLOPOS.COM - Gaji Satpam di Indonesia bervariasi tergantung tempatnya bekerja. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO – Mungkin ada yang ingin tahu berapa kira-kira gaji Satpam di Indonesia saat ini. Satuan pengamanan atau Satpam adalah seseorang yang bekerja untuk menjaga keamanan suatu wilayah umum atau tempat publik.

Kalian dapat menjumpainya di pusat perbelanjaan, bank, tempat pelayanan umum bahkan kalian dapat menemuinya pada kompleks perumahan.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Sebelum mengulas gaji Satpam di Indonesia, kita simak dulu tugas-tugasnya. Salah satu tugas satpam adalah membantu polisi dalam menjaga keamanan serta ketertiban di masyarakat, khususnya di perusahaan atau tempatnya bekerja.

Bahkan hal tersebut tertulis dalam Undang Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia pada Pasal 3 disebutkan bahwa satpam sebagai satuan pengaman swakarsa yang juga mengemban fungsi kepolisian dimasyarakat atau tempatnya bertugas.

Satpam juga bertugas untuk menjaga ketertiban dari berbagai masalah yang terjadi, contohnya seperti perkelahian, pencurian, kecelakaan dan kejahatan lainnya yang menimbulkan kegaduhan dan dapat mengganggu pelanggan yang ada di lingkungan perusahaan tempat bekerja.

Dia juga harus bersikap waspada tentang hal-hal yang mencurigakan untuk kemudian dilakukan pengecekan ulang dan observasi untuk menanggulangi terjadinya kejahatan. Jika bertugas di bank, Satpam punya tugas menjaga mobil pengangkut uang tunai pada saat pengisian ulang mesin ATM jika satpam tersebut bertugas di bank.

Satpam juga memiliki standar kualifikasi yang dibedakan dengan sertifikat keamanan yang dimiliki. Paling atas adalah sertifikat Gada Utama lalu Gada Madya dan di bawahnya Gada Pratama. Sebagai contoh untuk satpam di bagian manajer akan membutuhkan Sertifikat Gada Utama. Jika tidak memiliki sertifikat tersebut, akan diposisikan di bagian pelaksana, koordinator, hingga penyelia.

Untuk sistem perpangkatan satpam diatur dengan Peraturan Polisi Nomor 4 Tahun 2020 Pasal 22 tentang Kepangkatan Satpam.

Nah, dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/3/2023), gaji satpam rata-rata berkisar antara Rp1.996.994 sampai Rp4.630.591 per bulan. Berikut ini kisaran nominal gaji satpam di Indonesia sesuai dengan tempatnya bekerja:

Gaji Satpam di pusat perbelanjaan: Rp3.500.000 hingga Rp5.500.000
Gaji Satpam di perumahan: Rp1.700.000 hingga Rp3.500.000
Gaji Satpam Instansi Pemerintah: Rp2.177.000 hingga Rp5.344.000

Gaji Satpam di Bank

Untuk gaji satpam bank di Indonesia cukup bervariatif : Untuk perincianya sebagai berikut :
Gaj Satpam Bank BNI: Rp2,7 juta/ bulan
Gaji Satpam Bank BRI: Rp3 juta/bulan
Gaji Satpam Bank Mandiri: Rp2 juta/bulan
Gaji Satpam ank BCA Rp2,7 Juta/bulan

Namun kisaran gaji tersebut masih ditambah dengan beberapa tunjangan yang diberikan. Tunjangan tersebut terdiri dari tunjangan kedudukan, Tunjangan Hari Raya (THR), tunjangan pembimbingan dan bonus performa.

Besaran nominal tunjangan yang diberikan disamakan dengan kedudukan, lama ia bekerja serta tergantung peraturan masing masing perusahaan dan aturan dari dinas ketenagakerjaan. Itulah ulasan gambaran gaji Satpam ddi Indonesia yang berlaku saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya