SOLOPOS.COM - Gaji pilot Susi Air kabarnya cukup besar tak kalah dibandingkan dengan maskapai lain di Tanah Air. (Bisnis)

Solopos.com, SOLO  — Mungkin banyak yang penasaran besaran gaji pilot termasuk pilot Susi Air. Pilot merupakan salah satu profesi yang banyak diminati.

Banyak para generasi muda yang memiliki cita-cita sebagai pengemudi pesawat karena seragamnya mentereng, bisa keliling dunia, dan  gajinya yang dinilai besar.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Sebelum mengulas soal gaji pilot Susi Air, sebagai informasi di Indonesia, gaji pilot per bulan berbeda-beda. Perbedaan tersebut bisa tergantung pada jenjang karier atau tergantung dari maskapainya. Mengutip idxchannel, Kamis (16/2/2023) berdasarkan jenjang karier berikut gambaran gaji pilot Indonesia.

1. Second officer

Second officer atau SO merupakan jenjang karier untuk pilot yang baru lulus sekolah pilot. Umumnya, pilot yang menjabat sebagai SO baru boleh menerbangkan pesawat kecil saja dan harus didampingi kapten. Pilot yang menempati posisi ini memiliki gaji sekitar Rp15 juta-Rp20 juta.

2. First officer Jenjang karier selanjutnya yaitu fist officer atau FO. Seorang pilot yang menduduki posisi ini bertugas menerbangkan pesawat bersama supervisi dari kapten atau komandan penerbangan. Gaji pilot pesawat yang menduduki posisi ini sekitar Rp30 juta-Rp40 juta.

3. Kapten atau komandan

Seorang pilot yang berada di posisi kapten memiliki tugas mengawasi co-pilot atau FO dalam menerbangkan pesawat dan bertanggung jawab atas segala hal yang terjadi ketika penerbangan berlangsung. Gaji pilot yang berperan sebagai kapten sangat tinggi, bahkan bisa lebih dari Rp40 juta.

Gaji Pilot Sejumlah Maskapai

Sementara itu, jika dilihat dari maskapainya, berikut gaji pilot sejumlah maskapai di Indonesia termasuk gaji pilot Susi Air seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Gaji Pilot Garuda Indonesia

Mengutip idxchannel, pada  2018 lalu, Garuda Indonesia diketahui menginformasikan penghasilan total pilot pemula mencapai Rp 60 juta. Penghasilan tersebut akan terus meningkat sesuai jam terbangnya. Bahkan, pilot Garuda yang sudah senior bisa mendapatkan penghasilan hingga Rp 100 juta-Rp150 juta.

2. Gaji Pilot Lion Air

Lion Air merupakan salah satu maskapai yang ada di Indonesia. Pilot Lion Air mendapatan gaji sekitar Rp45 juta per bulan. Akan tetapi, gaji tersebut sangat bergantung pada kinerja dari yang bersangkutan.

3. Gaji Pilot Sriwijaya

Gaji pilot maskapai Sriwijaya kurang lebih Rp50 juta ke atas. Selain gaji, pilot Sriwijaya juga mendapatkan sejumlah fasilitas menarik.

4. Gaji Pilot Susi Air

Kabarnya pilot yang bekerja di maskapai milik mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ini juga tak kalah besar.

Melansir idxchannel, Susi Air merupakan maskapai penerbangan Indonesia yang dioperasikan oleh PT ASI Pudjiastuti Aviation dengan penerbangan berjadwal dan charter.

Melansir dari berbagai sumber, gaji karyawan Susi Air berkisar mulai dari Rp5 juta hingga Rp50 juta. Seperti maskapai lain, gaji pilot Susi Air juga tergantung jam terbang dan jabatan.

Itulah penjelasan gambaran gaji pilot Susi Air dan maskapai-maskapai lain di Tanah Air.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya