SOLOPOS.COM - Ilustrasi karyawan (freepik)

Solopos.com, SOLO – Tidak dapat dimungkiri bahwa kedisiplinan adalah salah satu faktor yang penting dalam suatu organisasi. Dikatakan penting, sebab disiplin akan mempengaruhi kinerja pegawai dalam organisasi.

Semakin tinggi disiplin pegawai, semakin tinggi prestasi kerja yang dapat dicapai. Dengan kata lain, disiplin merupakan cerminan tanggung jawab seseorang dalam melakukan tugas-tugas yang diberikan untuk mendorong gairah dan semangat kerja seseorang.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Disiplin karyawan dapat dilihat dari manajemen personalia karyawan di kantor, seperti datang teratur dan tepat waktu, penyelesaian pekerjaan yang baik, penggunaan sarana kantor yang efektif dan efisien.

Sementara itu, tanpa adanya dorongan atau pun aturan yang tegas pada perusahaan, kedisiplinan karyawan akan menjadi setengah hati. Oleh karena itu beberapa hal yang dikemukakan oleh Gouzalo Saydam dapat menjadi pedoman untuk menegakan kedisiplinan di organisasi antara lain:

  • Besar kecilnya pemberian kompensasi
  • Ada tidaknya keteladanan pimpinan dalam perusahaan
  • Ada tidaknya aturan pasti yang dapat dijadikan pegangan
  • Keberanian pimpinan dalam mengambil tindakan
  • Ada tidaknya pengawasan pimpinan
  • Ada tidaknya perhatian kepada pada karyawan
  • Diciptakan kebiasaan-kebiasaan yang mendukung tegaknya disiplin

Baca Juga: Mengenal Aplikasi Penjualan Barang: Pengertian, Macam-Macam dan Manfaatnya

Dari berbagai macam faktor tersebut, satu hal yang paling penting dalam penegakan disiplin adalah sejauh mana manajemen, pimpinan ataupun owner dalam menjalankan aturan-aturan yang berlaku. Haruslah terdapat ketegasan dalam menjalankan aturan beserta reward dan punishment.
Wajar bila rasa humanisme pimpinan akan sangat mempengaruhi pemberian sanksi terhadap bawahannya, namun jika ingin total menjalankan aturan sisi humanisme haruslah dibuang jauh.

Berangkat dari kedisiplinan tersebut, Talenta by Mekari hadir yang akurat dan menunjang pengelolaan karyawan. Dalam Talenta kami menjalankan asas keterbukaan, selain akurasi kehadiran yang kami pertahankan, para karyawan juga mendapatkan informasi yang lengkap mengenai kehadirannya.

Talenta adalah aplikasi absensi online berbasis web sebagai solusi bagi perusahaan Anda pada era teknologi masa kini. Berbekal dengan teknologi cloud computing, GPS dan face recognition, Talenta dapat digunakan juga dalam aplikasi mobile untuk memudahkan karyawan melakukan presensi dan manajemen untuk mengelola data kehadiran karyawan.

Sebagai absensi online berbasis web, Talenta merekam, mengelola dan menampilkan data absensi pegawai secara online dengan tepat dan akurat. Dengan demikian, transparansi kehadiran dan kedisiplinan pun bukan menjadi hal sulit lagi bagi karyawan dan perusahaan.
Adapun berbagai kelebihan dari aplikasi absensi online berbasis web dari Talenta, yakni sebagai berikut:

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Mengenai Aplikasi Marketing, Fitur, dan Ragam Manfaatnya

1. Fitur yang Lengkap

Keunggulan dari Talenta by Mekari ini salah satunya ialah fitur yang sangat berguna bagi pihak perusahaan maupun karyawan seperti fitur pinjaman tunai, halaman rekrutmen , halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari, berikut ini penjelasan singkat mengenai fitur-fiturnya:

• Fitur Payroll

Fitur ini berfungsi untuk membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawannya secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll akan jadi lebih efektif dan efisien bila tidak harus dilakukan di kantor, melainkan bisa di mana saja.

• Fitur Performance Management

Membantu perusahaan dalam melakukan evaluasi karyawan berbasis KPI secara lebih objektif

• Fitur Absensi Mobile

Seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan di mana saja. Fitur ini juga dapat memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu sehingga bisa berjalan dengan optimal.

• Fitur Database Karyawan

Fitur ini dapat membantu pihak HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan.

2. Kostumisasi yang Mudah

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri. Jika menggunakan Talenta by Mekari, Anda bisa membuat rumus cuti atau denda maupun hal lain yang berkaitan tentang SDM perusahaan.

3. Tim Support yang Responsif

Pihak CS dari Talenta by Mekari akan selalu aktif untuk melayani pertanyaan, keluhan, maupun kendala dari client saat menggunakannya.

Apalagi saat kondisi sekarang ini di mana perusahaan sudah menerapkan kebijakan WFH atau remote working, sehingga dengan menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Baca Juga:Apa Saja Manfaat dan Pentingnya HRIS ESS Bagi Perusahaan? Berikut Ulasannya

Menentukan Sistem Kehadiran yang Andal

Walaupun Anda pekerja dengan gaji tetap dan bukan dengan upah per pekerjaan. Kenapa sebaiknya seperti itu?. Banyak dari teman kita yang memposting di sosmed tentang kegiatan workout mereka.

Seberapa jauh mereka berlari, bersepeda atau berjalan. Ataupun seberapa besar beban angkatan, banyak repetisi dan tipe gerakan ketika mereka di gym.

Apa sebenarnya yang mereka miliki di sana? Mereka semua yang memposting atau mencatat data workout masing-masing, mereka sangat bersemangat untuk melacak kemajuan mereka sendiri, mulai dari jarak tempuh, kecepatan, detak jantung, repetisi, peningkatan beban dan tidak lupa pula foto selfie setiap kegiatan.

Lalu yang menjadi hasil dari melakukan setiap pelacakan adalah mereka mendapatkan data jumlah dan statistik kegiatan. Tidak masalah apakah teman Anda seorang atlet atau hanya penghobi olahraga akhir pekan. Pelacakan data memungkinkan mereka untuk melihat capaian tertentu yang telah mereka tetapkan, dan melihat kebelakang perkembangan yang telah mereka jalani.

Lalu Mengapa Karyawan Perlu Melakukan Absensi Online?

Mungkin tantangan terbesar dari seorang pimpinan perusahaan adalah meyakinkan karyawan dengan gaji tetap untuk melakukan absensi online. Banyak orang merasa keberatan untuk melakukan kegiatan di awal dan akhir jam kerja ini. Apalagi dengan sistem kartu kehadiran yang tidak dapat mengungkapkan apapun selain tanggal, jam masuk dan pulang.

Namun bagaimana bila pekerja harus bekerja lebih dari 40 jam dalam seminggu. Bagaimana bila 20 jam kerja adalah dikerjakan di luar area kantor. Lalu kita menjadi bertanya bagaimana perekaman waktu kerja dan kehadiran dapat memberikan data yang baik untuk memperjelas tentang bagaimana waktu dihabiskan. Dan tentunya ini sangat berhubungan dengan pemberian kompensasi.

Baca Juga: Elon Musk Larang Karyawan Twitter WFH dan Wajib Bekerja 40 Jam per Pekan

1. Karyawan dapat Meminta Pertanggungjawaban atas Permintaan Performa Kerja yang Tidak Realistis

Ketika perekaman waktu kehadiran dan kerja dilakukan, maka baik karyawan maupun perusahaan sama-sama memiliki wawasan tentang hal ini. Apabila karyawan diminta untuk memberikan performa yang baik sesuai target yang diharapkan namun pada akhirnya menyebabkan banyak terjadi overtime/lembur, maka ini menjadi indikasi baik bagi perusahaan bahwa karyawan memang butuh bantuan untuk menyelesaikan tugasnya.

Di suatu sisi ketika karyawan mengejar performanya sehingga banyak terjadi overtime/lembur namun disisi lain perusahaan tetap meminta karyawan untuk hadir dengan jam kerja yang sama, tentu ini menjadi sangat tidak nyaman bagi karyawan tersebut.

Di sinilah menjadi lebih terang ketika kedua belah pihak memegang bukti konkret rekaman waktu dan kehadiran. Perusahaan bisa lebih nyaman dalam memberikan kompensasi dan karyawan pun nyaman mengajukan permintaan kompensasi fleksibilitas jam kerja atau pengurangan target kerja.

2. Ulasan Data yang Lebih Baik dan Dapat Dipertanggung Jawabkan

Ketika perusahaan mengevaluasi kinerja karyawannya setiap triwulan atau tahunan untuk acuan kenaikan gaji karyawan, akan menjadi cukup bukti yang valid, misalnya dengan lembar absensi yang terisi penuh pantas karyawan tersebut untuk menerima itu.

Pentingnya Batasan Jam Kerja

Peraturan perundangan di Indonesia tentang ketenagakerjaan tentunya telah memberikan batasan jelas tentang pemberlakuan jam kerja dan bagaimana hubungan antara perusahaan dengan karyawannya. Baik dalam upah, cuti, jam kerja dan lain-lain.

1. Bila Semua Karyawan Melakukan Absensi Online, Perusahaan Menjadi Lebih Terlindungi

Ini tentunya semua masalah bukti bagaimana perusahaan memperlakukan karyawannya. Anggap saja apabila ada keluhan dari karyawan yang merasa diperas tenaganya untuk bekerja melewati batas jam kerja yang ditetapkan, maka hal pertama yang perlu ditunjukkan adalah bukti konkret tentang hal itu dari kedua belah pihak. Tentu ini menuntut perusahaan untuk menjaga data perekaman waktu & kehadiran karyawannya dengan baik.

Walaupun mungkin tidak terjadi atau jarang terjadi, namun pilihan untuk menyimpan data kehadiran karyawan selama 1-2 tahun perlu diperhatikan bila terjadi hal seperti itu atau perusahaan menjadi sorotan akan hal semacam itu.



2. Perekaman Waktu & Kehadiran Baik untuk Produktivitas

Seperti yang telah tersampaikan pada konten blog kami sebelum-sebelumnya, tentang bagaimana pengaruh presensi terhadap produktivitas karyawan. Memang tidak dapat digeneralisir bahwa setiap orang membutuhkan aturan waktu untuk menjaga mereka tetap fokus.

Namun banyak penelitian yang membuktikan hal ini dibutuhkan dan mampu mendongkrak produktivitas.
Memang terkadang menjadi miskonsepsi ketika orang-orang berpendapat hanya pekerja berbasis waktu sajalah yang perlu melakukan perekaman data kehadiran. Namun dewasa ini mengetahui dengan pasti bagaimana karyawan bergaji tetap menghabiskan waktu kerjanya juga menjadi hal penting.

Namun sekali hal ini dilakukan dan semua karyawan dalam perusahaan melakukan perekaman data kehadiran. Informasi penting dengan sendirinya muncul dari data-data tersebut, dan perusahaan memperoleh manfaat darinya.

Baca Juga: Mengenal Software Mesin Absensi untuk Kelola Kehadiran Lebih Mudah dan Praktis

Kelebihan Aplikasi Online Berbasis Web Online

Jika dibandingkan dengan sistem manual, e-absensi lebih menguntungkan perusahaan karena memiliki kelebihan berikut:

1. Minim Kecurangan

Kini telah tersedia aplikasi online berbasis web menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS) dan biometrik sehingga dapat memverifikasi kehadiran karyawan di suatu secara real–time.

Foto wajah yang telah tertangkap oleh kamera handphone akan dicocokkan dengan data karyawan yang tersimpan di sistem. Sedangkan informasi posisi karyawan akan muncul sesuai dengan titik keberadaan yang terlacak oleh GPS.

Dengan sistem absensi online berbasis web, karyawan atau siapa pun tidak mungkin melakukan manipulasi atau mengubah data absensi, karena data digital atau absensi online tersebut dienkripsi dan tersimpan aman di server penyedia aplikasi.

2. Membuat Karyawan Lebih Produktif

Dengan aplikasi absensi online berbasis web, karyawan yang bekerja mobile bisa menghemat banyak waktu tanpa perlu datang ke kantor hanya untuk absen lalu kembali lagi ke tempat mereka bertugas.



Sehingga, daripada membuang waktu di jalan, karyawan bisa lebih produktif dengan fokus di tempat mereka bekerja dan mencatatkan kehadiran lewat aplikasi.

3. Lebih Efisien dari Segi Biaya

Absensi online tidak membutuhkan perangkat fisik mesin absensi dan pemasangan sistem seperti fingerprint, sehingga akan menghemat pengeluaran perusahaan dalam hal instalasi dan biaya perawatan (maintenance).

Misalnya, perusahaan mempekerjakan sales di banyak supermarket atau department store, maka kamu tidak perlu membeli dan memasang mesin pencatat kehadiran di setiap tempat mereka bekerja.

Dengan absensi online, kamu cukup mendaftar, mengunduh aplikasi, dan menggunakannya lewat smartphone berbasis OS Android atau iOS. Karyawanmu bisa melaporkan kehadirannya dengan swafoto di telepon genggam mereka yang sudah terpasang aplikasi dan telah terdaftar di sistem.

4. Memudahkan Analisa Data Kehadiran

Absensi online berbasis web memberikan informasi kehadiran karyawan real-time. Sambil meeting di kantor, kamu bisa mengetahui saat itu juga karyawan yang tidak masuk hari ini. Bahkan, saat kamu bertugas di luar kantor, kamu bisa memantau siapa dan berapa orang yang pagi ini datang terlambat.

Dengan sistem absensi online berbasis web, kamu tidak butuh lagi rekap absensi periodik saat membutuhkan data kehadiran karyawan. Informasi real-time sangat berguna jika kamu ingin menganalisa data absensi untuk mengambil keputusan yang sifatnya mendesak.

Empat kelebihan aplikasi absensi online berbasis web di atas bisa kamu temukan di aplikasi Talenta. Aplikasi ini memiliki banyak fitur keren yang memudahkan kamu memantau absensi karyawan di berbagai tempat tanpa repot dan bisa dilakukan kapan saja!





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya