SOLOPOS.COM - PT Prodia Widyahusada Tbk  memperoleh pendapatan sebesar Rp517,8 miliar kendati masih sedikit terkoreksi dibandingkan dengan Kuartal I tahun lalu. (Istimewa/Prodia).

Solopos.com, SOLO — Memasuki akhir Kuartal I 2023, PT Prodia Widyahusada Tbk (dengan kode saham: PRDA) mencatatkan kinerja keuangan positif dengan perolehan laba bersih sebesar Rp71,4 miliar.

Perseroan memperoleh pendapatan sebesar Rp517,8 miliar kendati masih sedikit terkoreksi dibandingkan dengan Kuartal I tahun lalu.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Kas dan setara Kas Perseroan naik 69,4% menjadi Rp856,9 miliar dibandingkan dengan posisi di tahun lalu sehingga diharapkan dapat menjadi modal Perseroan untuk menggenjot kinerja di kuartal selanjutnya.

Direktur Utama Prodia, Dewi Muliaty, mengatakan kinerja Perseroan di Kuartal I 2023 masih menunjukkan tingkat resiliensi yang baik, meskipun masih terdapat tantangan normalisasi.

“Kuartal I 2023 dapat dilewati dengan baik, yang dibuktikan dari posisi keuangan Perseroan yang masih kuat dan solid untuk terus berkembang dan menumbuhkan bisnisnya. Meskipun demikian, momentum bulan Ramadhan dan Hari RayaIdul Fitri menjadi tantangan tersendiri bagi bisnis laboratorium, dimana biasanya pada momen tersebut banyak pelanggan yang menunda pemeriksaan,” ujar Dewi.

Perseroan melihat kinerja Kuartal 1 ini ditunjang dari pendapatan segmen B2B (Business to Business) serta digital channel Prodia.

Kenaikan pendapatan dari rujukan eksternal untuk pemeriksaan preventif seperti rujukan rumah sakit, asuransi, dan BPJS juga cukup tinggi diatas 16% yoy (year on year).

Adapun, kontraksi pada segmen B2C (Business to Customer) diperkirakan akan mereda pada kuartal berikutnya seiring dengan berakhirnya Ramadhan diikuti dengan tunjangan promosi-promosi menarik bertepatan dengan HUT-50 Prodia.

Di sisi lain, layanan Home Service Prodia semakin positif dengan kontribusi sebesar hampir 11% dari pendapatan.

Permintaan pelayanan melalui digital channel Prodia juga naik hampir 40% yoy (year on year) sehingga berkontribusi 16,8% terhadap total pendapatan Perseroan.

Dengan demikian, Perseroan optimistis dapat mengejar pertumbuhan kinerja yang lebih baik di kuartal berikutnya.

Direktur Keuangan Prodia, Liana Kuswandi, mengatakan Prodia optimis dapat bertumbuh dengan adaptasi teknologi dan inovasi dunia laboratorium medis, sehingga Prodia tetap dapat menunjukkan kinerja yang positif dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan.

“Fondasi keuangan Perseroan masih dalamkeadaan baik dan sehat. Ke depannya, kami optimistis lini bisnis Prodia dapat berkembang dan bertumbuhdengan sejumlah inovasi yang ditawarkan dan diimplementasikan, serta adaptasi terhadap pemanfaatan teknologi terbaru laboratorium medis dan dinamika industri layanan kesehatan di Indonesia. Sejalan denganhal tersebut, Prodia akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan,” kata dia.

Kontribusi positif ini didukung dari komitmen Prodia dalam menciptakan excellent customer journey denganmeningkatkan kualitas layanan pemeriksaan, menghadirkan berbagai inovasi dan teknologi pemeriksaanlaboratorium bermutu tinggi, serta memperkuat fondasi bisnis perseroan melalui kerja sama dan kemitraan strategis dalam mengoptimalkan kelengkapan ekosistem digital kesehatan Indonesia.

Dalam mewujudkan excellent customer journey, Prodia mengoptimalkan upaya transformasi digital gunamenjangkau para pelanggan dengan pemanfaatan teknologi dan communication channel yang terkini dan teranyar.

Digitalisasi layanan telah dimanifestasikan Prodia melalui sejumlah digital channel seperti Prodia Home Service, Prodia Mobile for Doctor, Contact Center Prodia, termasuk Personal Virtual Assistance Tanya Prodia (TANIA).

Selain pengembangan digital channel, Prodia juga aktif menjangkau para pelanggan melalui kanal media sosial seperti Instagram, Facebook Messenger, Youtube, Tiktok, LINE, Whatsapp, dan Telegram.

Inisiatif ini menjadi salah satu solusi Prodia untuk dapat memberikan pelayananterpadu yang efisien, serta dapat mempermudah menjangkau pelanggan secara real-time kapanpun dan dimanapun.

Selain itu, pengembangan ekosistem berbasis kesehatan yakni U by Prodia, milik anak usaha Prodia (PT Prodia Digital Indonesia) juga diharapkan membawa dampak positif bagi Perseroan.

Tentang PT Prodia

Widyahusada Tbk. Laboratorium klinik Prodia didirikan kali pertama di Solo pada 7 Mei 1973 oleh beberapa orang idealis berlatar belakang pendidikanfarmasi.

Sejak awal, Dr. Andi Widjaja, MBA beserta seluruh pendiri lainnya tetap menjaga komitmen untuk mempersembahkan hasil pemeriksaan terbaik dengan layanan sepenuh hati.

Seluruh cabang Prodia telah mendapatkan akreditasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Salah satunya dari College of American Pathologist (CAP), sebuah Lembaga profesi bidang laboratorium kesehatan di Amerika Serikat yang mendapatkan pengakuaninternasional – selama 10 tahun berturut-turut.

Dengan Akreditasi CAP ini, kualitas standar suatu Laboratorium klinik dinilai berdasarkanacuan Internasional, karenanya hasil Prodia dapat dipergunakan tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di mancanegara.



Sehingga kualitas hasil tes dari laboratorium Prodia sejajar dengan laboratorium internasional.

Pada 7 Desember 2016, Bursa Efek Indonesia (BEI) meresmikan pencatatan saham perdana Prodia sebagai emiten ke-15 di tahun 2016, dengan kode saham “PRDA”.

Dalam aksi korporasi itu, Prodia telah menawarkan saham perdana sebanyak 187,5 juta lembar saham. Dengan demikian, dana yang diraih dari penawaran umum perdana saham (IPO) perseroan mencapai sebesar Rp1,22 triliun.

Hingga 31 Maret 2023, Prodia telah mengoperasikan jejaring layanan sebanyak 285 outlet, di 77 kota dan 34 provinsi dan di seluruh Indonesia.

Beberapa di antaranya merupakan Prodia Health Care (PHC) yakni layanan wellness clinic yang berbasis personalized medicineserta specialty clinics yang terdiri atas Prodia Children’s Health Centre (PCHC), Prodia Women’s Health Centre (PWHC), dan Prodia Senior Health Centre (PSHC).

Prodia telah meluncurkan Kontak Prodia di antaranya call centre 1500-830 dan personal assistant virtual berbasis online Tanya Prodia (TANIA) yang dapat diakses melalui Whatsapp 08551500830, Telegram @prodia.id, Facebook Messenger @prodia.id, dan Web Widget
Prodia www.prodia.co.id.

Layanan Prodia juga dapat dijangkau melalui Aplikasi U by Prodia yang dapat diunduh melalui App Store &PlayStore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya