SOLOPOS.COM - Jika ingin membeli HP tapi gajian belum cair, fitur paylater ini bisa dijadikan jalan keluar untuk memenuhinya.(Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Menawarkan kemudahan dan layanan yang praktis ketika berbelanja online, paylater menjadi salah satu opsi pembayaran yang saat ini pasti tersedia di hampir semua platform e-commerce dalam negeri. Bayangkan saja, dengan paylater, kamu bisa dengan bebas berbelanja memenuhi kebutuhan dan membayar tagihannya di lain waktu.

Meski begitu, tidak sedikit orang yang berargumen jika layanan ini tak sebaiknya digunakan secara berlebihan, termasuk membeli gadget seperti smartphone tanpa tujuan yang jelas. Tapi, bagaimana jika pembelian HP baru dengan metode pembayaran paylater ini ternyata mampu memberikan banyak keuntungan yang sayang jika sampai dilewatkan?

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Lantas, apa saja sih manfaat yang bisa didapatkan ketika membeli smartphone menggunakan fitur paylater? Nah, untuk menghilangkan rasa keraguanmu, simak 6 keuntungan beli HP baru dengan fitur paylater bagi kondisi keuangan berikut ini.

1. Proses Praktis dan Mudah

Keunggulan pertama dari paylater adalah proses pengajuannya yang begitu mudah dan praktis. Bagaimana tidak, untuk bisa menggunakan layanan ini, kamu hanya perlu mengisi data diri dan melakukan verifikasi dengan foto wajah serta KTP. Cukup dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa mendapatkan layanan pinjaman dengan plafon jutaan rupiah.

Hal ini tentu jauh berbeda dengan layanan pinjaman di bank ataupun kartu kredit yang membutuhkan banyak proses verifikasi yang rumit dan memakan waktu. Karena itu, jika ingin membeli HP tapi gajian belum cair, fitur paylater ini bisa dijadikan jalan keluar untuk memenuhinya.

2. Lebih Cepat Dapatkan HP Incaran

Dengan proses pengajuan yang praktis dan mudah, keinginan mendapatkan HP incaran dengan paylater tentu bisa terwujud lebih cepat. Apalagi jika kondisi smartphone milikmu saat ini sudah lemot dan tidak nyaman digunakan padahal untuk kebutuhan kerja, cara ini bisa menjadi alternatif membeli HP sekarang juga.

Daripada harus menabung dulu selama beberapa bulan dan berisiko menghambat produktivitas, membeli HP dengan paylater tentu merupakan langkah yang lebih bijak untuk diambil. Yang terpenting, sesuaikan harga HP yang dibeli dengan kemampuan bayar dan pastikan jika cicilannya nanti tak sampai membebani finansial.

3. Variasi Tenor yang Beragam

Bagi kamu yang masih awam dengan dunia kredit, istilah tenor mengacu pada jangka waktu pelunasan layanan kredit yang disepakati ketika proses pengajuan. Pada layanan paylater, nasabah bisa mengajukan pinjaman dengan tenor mulai dari 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, bahkan 24 bulan pada sejumlah layanan.

Variasi tenor yang beragam tersebut mampu memudahkanmu menyesuaikan besaran cicilan dengan kemampuan bayar. Semakin lama tenor yang dipilih, nilai angsuran akan menjadi jauh lebih terjangkau. Walaupun begitu, tetap perhatikan besaran bunga karena semakin lama durasi cicilan, tingkat bunga yang dibebankan akan menjadi lebih tinggi.

4. Banyak Potensi Promo Menguntungkan

Keuntungan lainnya dengan menggunakan fitur paylater untuk membeli HP adalah banyaknya peluang promo menarik yang bisa didapatkan. Di tengah ketatnya persaingan industri paylater, tidak sedikit layanan yang menawarkan promo menggiurkan guna menarik minat konsumen.

Misalnya, penggunaan paylater bisa memudahkanmu membeli HP tanpa uang muka, mendapat diskon atau cashback, hingga diskon bunga pada beberapa bulan pertama cicilan. Tentunya, untuk memaksimalkan peluang keuntungan dari promo tersebut, jangan ragu membandingkan layanan paylater dari sejumlah perusahaan pembiayaan berbeda agar mendapatkan layanan yang terbaik.

5. Banyak Opsi Layanan Paylater dengan Beragam Keunggulan

Seperti yang telah disinggung sedikit sebelumnya, ada banyak perusahaan pembiayaan yang menawarkan fitur paylater di hampir semua platform e-commerce di Indonesia. Masing-masing layanan pun menawarkan beragam keunggulan tersendiri guna menarik minat konsumen.
Yang perlu digarisbawahi ketika memilih layanan paylater, pastikan dulu legalitas dan kredibilitas perusahaan pembiayaannya dengan mengecek status terdaftarnya di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari risiko terjebak layanan ilegal yang membahayakan kondisi keuangan.

6. Sarana Lebih Mudah Atur Uang

Keuntungan yang terakhir, fitur paylater ini juga bisa menjadi sarana untuk memudahkanmu mengatur keuangan ketika membeli barang yang mahal seperti HP. Alih-alih menghabiskan tabungan untuk memenuhi kebutuhan ini, kamu bisa mencicil pengeluaran dengan mencicil tagihan paylater setiap bulan.

Idealnya, usahakan untuk menjaga beban cicilan dari segala tagihan kredit agar tak lebih dari 30 persen penghasilan bulanan. Misalnya, dengan gaji 5 juta per bulan, pastikan jika tanggungan kredit tak lebih dari 1,5 juta. Dengan begitu, dijamin kondisi keuanganmu akan tetap aman memenuhi segala kebutuhan pokok tiap bulan, termasuk membayar cicilan paylater untuk membeli HP, dan tetap memiliki tabungan.

Jangan Lupa Pentingnya Memilih Layanan Paylater yang Legal dan Terpercaya

Itulah 6 keuntungan membeli HP dengan fitur paylater. Terlepas dari layanan yang memudahkan dan membantu kelola keuangan tersebut, tetap utamakan pentingnya memilih fitur paylater yang legal dan terpercaya. Dengan begitu, barulah kamu bisa mendapatkan sederet manfaat dan keuntungan yang telah disebutkan di atas dengan lebih optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya